Warna
Aug14

Bagaimana Cara Memilih Warna Interior Rumah?

Bagaimana cara memilih warna interior rumah? Mengganti warna dinding merupakan cara tercepat dan termurah untuk mengubah suasana interior rumah anda. Dari fakta ini maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa warna berpengaruh besar terhadap suasana yang akan dimiliki ruangan tersebut. Salah memilih harmonisasi warna, maka interior pun akan terlihat kacau.

cara-memilih-warna-interior-rumah.jpg

tips-memilih-warna-interior-rumah.jpg

panduan-memilih-warna-interior-rumah.jpg

Jika anda kesulitan dalam menentukan warna, cobalah langkah-langkah dari Arafuru berikut ini :

  1. Langkah awal ini bertujuan untuk mencari tahu nada di interior yang anda miliki. Nada merupakan semua warna yang terlihat di depan warna dominan. Warna lantai, kusen jendela, dan furnitur, kesemuanya memiliki nada tersendiri. Catat warna-warna nada yang didapat karena ini akan berguna untuk langkah berikutnya.
  2. Seperti yang pernah kami uraikan di sini, lakukanlah permainan warna secerdas mungkin. Cukup gunakan satu sampai dua warna untuk membuat seluruh rumah tampak hebat dan hindari mengecat berwarna-warni. Warna favorit tidak selamanya cocok untuk dinding interior. Namun warna ini tetap bisa anda gunakan dalam pemilihan furnitur, bantal, karpet, tirai, karya seni, dan benda-benda dekoratif lainnya untuk menghindari kebosanan.
  3. Saat menentukan warna cat dinding, kuncinya adalah hati-hati. Gunakan salah satu prinsip desain di mana warna hangat cocok digunakan pada interior berukuran besar untuk menciptakan suasana yang lebih elegan. Sedangkan pada ruangan sempit, pergunakanlah warna-warna dingin yang mampu mengubah kesan ruangan tersebut menjadi tampak luas dari ukuran sebenarnya.
  4. Sebagai pelengkap interior, tentu kita perlu menghadirkan furnitur dan aksesoris. Lemari, rak buku, kursi, dan perabotan lainnya sebaiknya dipadukan secara harmonis dengan warna dinding. Anda dapat memilih warna yang lebih gelap atau lebih terang untuk membuat keberadaan furnitur dan aksesoris tersebut terlihat lebih jelas.
  5. Salah satu ruangan di mana anda bebas berekspresi menentukan warna yang anda sukai adalah kamar tidur. Di ruangan ini, anda leluasa dalam memainkan imajinasi warna anda. Akan tetapi, lebih baik jika anda telah memiliki konsep desain yang tersusun rapi.