Arti Warna Cat Tembok Menurut Fengshui

Di dalam ilmu fengshui, setiap warna mempunyai arti yang sangat kuat. Warna mampu menjadi media bagi seseorang dalam menyampaikan perasaannya. Berhati-hatilah dalam memilih warna, sebab warna mampu mengubah energi rumah secara cepat yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi energi anda. Rumah, dalam fengshui, dapat dikatakan sebagai penghubung antara pikiran batin dengan kondisi fisik anda. Oleh karenanya, dari sebuah rumah, kita bisa tahu bagaimana karakter pemiliknya dan ingin menjadi apa dia di masa depan nanti.

Di bawah ini merupakan arti warna-warna cat tembok yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia :

Putih

Putih mengandung arti bersih, jelas, apa adanya, suci, murni, terbuka, dan penuh harapan. Pada ilmu fengshui, warna ini mewakili unsur logam. Oleh karenanya, putih cocok digunakan di kamar anak-anak dan ruangan yang terbuka. Selain itu, efek bersih dan suci dari warna ini membuatnya cocok diaplikasikan di dinding kamar mandi.

Biru

Secara fengshui, biru berarti tenang, santai, lembut, dan damai. Warna ini juga mengandung makna kepercayaan dan keamanan yang begitu dalam. Sementara itu, unsur fengshui yang diwakili oleh warna ini adalah air. Biru berguna untuk memunculkan kesan ruangan yang dipenuhi oleh kemakmuran, kesejahteraan, keterampilan, dan pengetahuan. Sedangkan, ruangan yang paling ideal untuk warna biru adalah kamar mandi.

Merah

Warna merah menunjukkan keaktifan, kekuatan, gairah, dan penuh energi. Pada fengshui, unsur api merupakan perwakilan dari merah. Ruangan yang paling pas untuk diwarnai dengan merah adalah ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Warna ini juga sangat ampuh untuk menciptakan suasana kamar tidur yang romantis. Setiap ruangan yang dicat dengan warna ini memiliki kesan kemakmuran, cinta, dan ketenaran.

fengshui-warna-cat.jpg

Pink

Siapapun tahu kalau pink sangat identik dengan cinta dan kasih sayang. Pink merupakan lambang dari ketenangan dan ketentraman. Karena merupakan turunan dari merah, pink juga masuk ke dalam unsur api. Warna ini cocok untuk menciptakan suatu kesan yang berhubungan dengan relasi antar-penghuni suatu ruangan. Kamar tidur adalah ruangan yang paling tepat untuk warna pink.

Jingga

Sifat fleksibelitas yang dimiliki oleh warna jingga memang sangat kuat. Warna ini juga lebih ramah jika dibandingkan dengan merah. Oleh karena itu, jingga cocok dilukiskan di interior rumah. Gunakan warna ini untuk menciptakan kesan yang berhubungan dengan reputasi, kemakmuran, dan relasi. Hampir seluruh interior bisa menggunakan warna ini, mulai dari kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan ruang makan. Sama seperti merah, jingga juga merupakan perwakilan dari unsur api.

Cokelat

Di fengshui, cokelat masuk ke dalam unsur bumi dan kayu. Cokelat melambangkan tanah yang bersifat stabil, dapat dipercaya, nyaman, dan penuh kasih sayang. Efek yang ditimbulkan dari warna ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang ingin tampil kreatif dan penuh pengetahuan. Sementara itu, ruangan yang paling ideal untuk warna ini adalah ruang tamu.

Kuning

Dapur, ruang tamu, dan ruang makan langsung terlihat ceria jika memakai kuning. Apabila anda ingin memakainya di kamar tidur, pilihlah warna kuning yang pucat. Kuning mempunyai sifat semangat yang menggebu-gebu, hangat, dan gembira. Karena merupakan turunan dari merah, kuning juga mewakili unsur api. Kuning dipercaya mampu mendatangkan kemakmuran dan rejeki yang melimpah.

Abu-abu

Abu-abu merupakan warna netral yang mampu menciptakan ketenangan dan kekuatan. Namun, di sisi lain, warna ini cenderung membosankan dan terlihat gersang. Abu-abu mewakili unsur logam di dalam fengshui. Warna ini berguna untuk menumbuhkan kreativitas pada anak-anak dan membantu orang tetap merasa tenang di sekitarnya. Abu-abu paling cocok digunakan sebagai warna aksesoris ruangan.

Hijau

Hijau merupakan warna yang menyenangkan. Warna ini terlihat sangat segar, santai, tenang, dan penuh kedamaian. Hijau merupakan perwakilan dari unsur kayu. Warna ini sangat pas digunakan untuk menciptakan efek ruangan yang sehat. Untuk ruangan yang paling cocok dengan hijau adalah kamar mandi.

Hitam

Hitam merupakan warna yang misterius dan berkuasa. Selain itu, hitam juga terlihat canggih, kokoh, dan modern. Pada fengshui, hitam masuk ke dalam elemen-elemen di unsur air. Warna ini paling pas digunakan sebagai aksen suatu desain ruangan.

Ungu

Ungu mengandung nilai keanggunan, bangsawan, dan kemewahan. Penggunaan warna ini akan terlihat semakin hidup manakala dipadukan dengan warna lainnya. Di dalam fengshui, ungu dipercaya mampu menghadirkan kemakmuran. Adapun warna ini paling cocok digunakan di kamar tidur.