Arti Warna Cat Dinding Pada Kamar Tidur Anak

Saat memilih warna cat dinding pada kamar tidur anak, biasanya kita hanya menggunakan warna yang terlihat menarik dan disukai anak. Tapi tahukah anda bahwa setiap warna memiliki pengaruh tersendiri bagi buah hati anda. Nah, agar anda dapat menemukan warna yang terbaik buat si kecil, pelajari beberapa arti warna cat dinding berikut ini :

Warna Merah

Merah merupakan salah satu warna yang tidak disarankan untuk kamar tidur anak. Alasannya karena warna ini bersifat agresif, tidak fokus, dan seringkali menyebabkan pusing. Akan tetapi, hal ini hanya terjadi jika anda memakai merah sebagai dominasi ruangan. Sebaliknya, jika dimanfaatkan sebagai warna aksen, merah mampu meningkatkan energi dan kemampuan atletis anak.

Warna Oranye

Hangat dan nyaman adalah suasana yang mampu diciptakan oleh warna oranye. Bahkan, warna jingga ini mampu menstimulasi anak agar dapat berpikir kreatif, serta mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya. Namun terlalu banyak memakai warna oranye juga kurang bagus karena menyebabkan mata mudah lelah sehingga waktu belajar pun lebih cepat bosan.

Warna Pink

Pink adalah warna yang sangat identik dengan anak perempuan. Warna ini bersifat feminin, santai, menenangkan, dan meningkatkan kepedulian. Akan tetapi pink juga memiliki sisi negatif yaitu menyebabkan kecemasan pada anak serta membuat sikapnya manja. Jadi, hindari mewarnai seluruh dinding kamar tidur dengan warna pink.

Warna Kuning

Kuning bersifat ceria dan enerjik yang mampu menjadikan kamar tidur anak anda tampak cerah penuh cahaya. Warna ini juga memiliki arti kebahagiaan yang abadi. Kesan yang ditimbulkan warna kuning ini dipengaruhi langsung oleh jenisnya. Sebagai contoh, kuning tebal mampu merangsang konsentrasi anak sedangkan kuning cerah menstimulasi memori otaknya.

Warna Biru

Pengaruh yang ditimbulkan biru adalah kebalikan dari merah, yaitu mengurangi kecemasan dan agresifitas, menenangkan, serta menurunkan tekanan darah. Warna biru ini merupakan pilihan terbaik untuk kamar tidur anak yang berada di perkotaan, karena suasananya terasa dingin. Hindari menggunakan warna biru kusam karena nuansanya akan terlihat sedih dan muram.

Warna Ungu

Warna ungu merupakan simbol dari kemewahan, keagungan, kebijaksanaan, dan spiritualitas. Jenis warna ungu yang paling tepat untuk diaplikasikan pada kamar anak adalah ungu pastel. Warna ini terlihat tebal dengan pengaruh yang kuat. Sebaliknya, hindari menciptakan suasana dramatis dengan memadukan ungu dan hitam.

Warna Abu-abu

Meskipun abu-abu dapat dianggap sebagai warna yang suram, tapi di sisi lain juga mampu membangkitkan emosi orang yang melihatnya. Warna ini paling pas untuk menciptakan suasana yang kamar minimalis yang santai di mana anak bisa menghayati kehidupannya lebih mendalam. Karena efeknya yang begitu sepi, seringkali penggunaan abu-abu dikombinasikan bersama dengan warna cerah.

Warna Cokelat

Bersahaja, hangat, dan akrab adalah kesan yang ditimbulkan warna cokelat. Tetapi, cokelat juga bisa melahirkan kesan yang membosankan. Itu sebabnya cobalah memakai cokelat yang berjenis beige dan gelap guna menghasilkan ruangan yang menyenangkan.

Warna Hitam

Kamar tidur anak jarang yang menggunakan warna hitam. Ini karena kesan yang ditimbulkan warna hitam sangat kuat dan begitu mendominasi. Efek buruknya, hitam dapat menyebabkan ruangan nampak redup dan kurang bertenaga. Namun jika digunakan dalam porsi yang pas, hitam akan menciptakan ruangan yang modern.

Warna Putih

Selain kebijaksanaan dan kesucian, putih juga mampu menghasilkan suasana yang tenang dan santai. Putih mencerminkan kamar yang modern dan penuh pertimbangan. Gunakan putih ini sebagai aksen warna cat tembok aksen agar kamar tidur lebih terbuka.

Warna Hijau

Hijau erat kaitannya dengan lingkungan alam serta melambangkan kesejahteraan dan kesehatan. Warna ini dapat menghasilkan lingkungan yang tenang dan meningkatkan konsentrasi anak. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa pengaruh hijau dapat melatih anak dalam kemampuan membaca dan menulisnya. Oleh karena itu, hijau merupakan pilihan warna terbaik agar anak bisa belajar dengan nyaman di kamar tidurnya.