Warna
Apr4

7 Trik Memilih Warna Cat Rumah dan Memadukannya

Warna cat rumah yang dipakai akan berpengaruh besar terhadap suasana seisi rumah yang ditimbulkannya. Masing-masing warna mampu menciptakan kesan tertentu yang berbeda satu sama lain. Sebagai contoh, warna hijau akan memberikan kesan asri, merah muda untuk efek feminin, dan putih yang bisa membuat ruangan bertambah lapang.

warna-cat-rumah.jpg

Interior Rumah Berwarna Kuning

Di bawah ini langkah-langkah tepat dalam memilih warna cat rumah dan mengkombinasikannya :

  1. Tentukan tema desain interior rumah, lalu terapkan dengan tetap memegang konsepnya. Pemilihan model tema yang kuat bakal mempermudah proses pemilihan warna cat yang sesuai. Contohnya, aplikasikan kombinasi biru dan putih untuk menciptakan nuansa pantai atau kombinasi pink dan hijau untuk kamar tidur bergaya feminin.
  2. Cobalah pelajari karakteristik dari masing-masing warna. Bagaimana sifat warna tersebut dan apa pula kesan yang akan dihasilkannya nanti? Dapatkan lebih banyak rekomendasi paduan warna-warni yang harmonis. Salah satunya, anda bisa menyimak artikel-artikel kami di kategori warna.
  3. Penggunaan warna sebaiknya tidak menyimpang dari fungsi awal sebuah ruangan, melainkan harus mampu mendukung kegunaan utama ruangan tersebut. Sebab pada dasarnya warna dipakai untuk memperkuat eksistensi suatu ruangan. Misalnya untuk membuat dapur tampak bersih dan higienis, anda bisa menerapkan warna putih.
  4. Tidak ada yang salah ketika anda meniru teknik pewarnaan yang dilakukan orang lain. Malahan hal ini justru akan memudahkan anda dalam mendapatkan pengolahan warna yang lebih baik. Apalagi jika anda meniru tempat-tempat yang memang didesain oleh desainer interior ternama, di mana pewarnaannya selalu mengedepankan skill yang tinggi dengan berbagai variasi ide.
  5. Untuk ruangan yang bersifat multifungsi, manfaatkan lah warna-warni yang berjenis netral. Sebut saja warna putih, hitam, cokelat, dan krem. Keempat warna ini terlihat nyaman di mata sekaligus mudah dipadupadankan dengan warna-warni yang lain.
  6. Teknik pewarnaan monokromatik juga memudahkan anda dalam mencampurkan warna tanpa takut terlihat monoton. Anda hanya perlu menentukan warna dasar, lalu mengembangkan warna turunan dari warna dasar tadi. Kuaskan warna-warna ini mulai dari dinding sampai perabotan yang melengkapi ruangannya.
  7. Sebelum menerapkan cat ke permukaan dinding, anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu di selembar kertas. Gambarlah denah rumah anda, lalu hiasi dengan warna yang kira-kira tampak menarik dan sesuai karakter penghuni rumah. Biarkan daya imajinasi anda berkeliaraan. Terakhir, pola pewarnaan yang sudah dipakai di kertas tadi bisa diaplikasikan pada dinding rumah.