Warna
May23

7 Tips Memilih Warna Rumah Minimalis

tips-memilih-warna-rumah.jpg

Rumah minimalis seperti menjadi sebuah tren pada masyarakat perkotaan di Indonesia. Kesederhanaan dan kerapian yang dimilikinya, dinilai menjadi salah satu daya tarik dari desain ini. Ditambah, rumah bergaya minimalis juga terlihat lebih unik karena kreasi dan permainan warnanya dilakukan di seluruh bagian rumah.

Dalam memilih warna untuk rumah minimalis sebaiknya diperhatikan kesesuaian warna dan pemilihan jenis warna yang tepat. Mainkan seluruh sudut rumah Anda dengan warna-warna yang harmonis. Mulai dari daerah taman hingga interior di dalam rumah. Berikut ini tips memilih warna rumah yang cantik :

1. Dinding rumah

Memilih gaya minimalis untuk warna dinding rumah dibutuhkan kejelian tingkat tinggi. Sebab, dinding rumah memiliki daerah yang perlu disentuh agar suasana menjadi hidup. Usahakan untuk memilih warna-warna cerah dan memadukannya secara harmonis. Anda juga bisa menggunakan dua warna yang saling kontras agar menimbulkan kesan saling bertabrakan.

2. Teras rumah

Untuk bagian teras rumah, warna yang dipakai adalah yang bisa menimbulkan kesan bersinar. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa bebatuan alam di bagian dinding atau sekitar lantai. Pilih bebatuan berbentuk pipih yang bisa menimbulkan efek berat.

3. Kusen

Kusen pintu dan jendela perlu juga diperhatikan penggunaan warnanya. Untuk kusen yang terbuat dari kayu, sebaiknya yang memiliki desain simple dan tidak terlalu banyak ukiran di sana. Gunakan kusen dari alumunium untuk desain kusen minimalis yang sempurna.

4. Hiasan dinding

Meskipun bertema minimalis, jangan biarkan bagian dinding rumah terlihat kosong. Untuk hiasan yang tepat, Anda bisa memajang lukisan di sana. Perhatikan aliran lukisan yang digunakan serta bingkai sederhana dari lukisan tersebut. Rumah minimalis sangat cocok dengan lukisan beraliran abstrak.

5. Dapur

Usahakan untuk mengetahui warna favorit istri Anda untuk diterapkan di ruang dapur. Selain itu, gunakan warna fresh dan mampu membangkitkan selera makan. Warna yang ideal untuk ruangan dapur seperti oranye, kuning, hijau, merah, serta turunan dari masing-masing warna ini. Jangan lupa untuk memperhatikan keserasian warna dapur dengan ruangan di sekitarnya.

6. Ruang keluarga

Warna favorit keluarga sangat sesuai digunakan di ruangan ini. Gunakan warna yang mampu memberikan kenyamanan dan tidak menyengat mata. Selain itu, penggunaan warna pada furnitur yang melengkapi juga perlu disesuaikan.

7. Lantai

Untuk memilih lantai yang sesuai dengan desain minimalis, Anda bisa menggunakan keramik, marmer, ataupun lantai kayu. Pilihlah jenis lantai yang berwarna gelap agar tercipta keserasian antar seluruh sudut rumah. Sebagai pemanis, Anda bisa menggunakan karpet bergaya simpel.