Warna
May23

7 Tips Memilih Warna Cat Interior Rumah

tips-memilih-warna-cat-interior.jpg

Banyak orang yang mengaku kesulitan saat memilih warna cat interior rumah. Meskipun banyak tips-tips yang sudah ditebar, namun kenyataannya untuk menentukan warna interior lebih susah dibandingkan dengan eksterioroya. Apakah Anda juga mengalami kendala seperti ini?

Dalam pemilihan warna interior, setidaknya ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. Selain warna yang dipilih harus sesuai dengan tema ruangan, Anda juga dituntut untuk menciptakan warna interior yang harmonis antar ruang satu dengan yang lainnya. Di bawah ini sejumlah tips yang bisa dicoba dalam memilih warna interior rumah idaman:

1. Menentukan tema ruangan

Setiap warna memiliki kesan masing-masing. Misalnya warna orange yang menunjukkan keceriaan, hijau alami dan natural, biru untuk tempat tak terbatas, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, dalam memilih warna interior, Anda bisa menyesuaikan warna yang akan dipakai dengan tema dan suasana apa yang ingin Anda ciptakan. Misalnya untuk kamar anak Anda bisa menggunakan kombinasi warna hijau dan biru.

2. Mainkan warna

Apabila Anda menginginkan suasana interior yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk menggunakan lebih dari satu warna untuk suatu ruangan. Perpaduan warna yang cantik akan memberikan kesan unik. Gunakan warna-warna yang harmonis semisal ungu dan pink atau kuning dan jingga. Hindari penggunaan dua warna yang tidak bisa menyatu.

3. Kunjungi tempat unik

Untuk pemilihan warna yang memukau, Anda bisa mencari referensi dengan mengunjungi langsung tempat-tempat menarik di kota Anda. Biasanya tempat-tempat seperti ini memakai jasa interior termasuk dalam pemilihan warna catnya. Anda bisa mendapatkan pengalaman yang banyak dari tempat-tempat ini.

4. Pemilihan warna netral

Memakai warna putih memang minim resiko. Tetapi sebaiknya Anda menempatkan warna ini sesuai fungsi dan kesan yang ditimbulkannya. Warna netral, seperti krem, putih, dan hitam sangat cocok digunakan untuk ruangan yang mempunyai banyak fungsi. Misalnya untuk ruang tamu, Anda bisa menggunakan warna netral ini begitu saja atau dipadukan dengan warna lainnya.

5. Warna monokromik

Warna monokromik adalah penggunaan kombinasi warna yang meniru warna pelangi. Misalnya merah dengan jingga, jingga dengan kuning, kuning dengan hijau, dan seterusnya. Selain Anda mendapatkan perpaduan warna yang serasi, penggunaan warna monokromik juga dinilai lebih aman.

6. Buat sketsa

Cobalah untuk melukis bagian-bagian interior rumah Anda di atas kertas atau melalui komputer. Setelah itu berikan warna-warna yang menarik. Jangan lupa untuk memberikan variasi warna yang pas.

7. Pilih warna favorit

Apabila Anda belum menemukan warna yang cocok setelah mencoba tips di atas, tidak ada salahnya Anda memilih warna favorit. Pemilihan warna favorit akan memberikan kenyamanan lebih banyak kepada penghuni rumah. Selain itu, warna favorit juga bisa menceritakan lebih dalam mengenai kepribadian Anda.

Tags: cat interior warna

Related Posts