Warna
Jul27

7 Tips Memilih Produk Cat Berkualitas

produk-cat-berkualitas.jpg

Ada banyak tips memilih cat berkualitas yang harus Anda ketahui saat ini. Penggunaan cat pada suatu dekorasi mampu mempercantik tampilannya. Hal ini tidak terlepas dari pilihan warnanya yang sangat beranekaragam, sehingga mempermudah kita dalam mengkreasikannya. Sebagai contoh jenis warna merah, kita bisa mendapatkan warna merah gelap, merah hati, merah menyala, merah muda, merah kebiruan, merah kekuningan, dan sebagainya.

Secara umum, suatu produk cat warna bisa dikatakan bagus jika mengandung minimal empat fungsi. Di antaranya adalah daya tutup, daya sebar, aman bagi kesehatan, dan mudah dalam pemakaiannya. Semakin tinggi kualitas cat biasanya harganya pun akan lebih mahal karena komposisi zat yang digunakan juga lebih banyak. Selain itu, cat seperti ini juga mempunyai fungsi tambahan seperti mampu menutupi retak dinding, tahan terhadap cuaca, mengandung tambahan pengharum, mudah dibersihkan, dan tidak cepat memudar.

Akan tetapi dibalik kesemuanya itu, ternyata beberapa cat juga memiliki efek negatif. Terutama pada produk cat yang dibuat menggunakan bahan-bahan beracun dan mengandung kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang tinggi. Penggunaan produk cat seperti ini bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Di bawah ini beberapa cara memilih cat dilihat dari kualitasnya :

1. Memakai Indera Sentuh Jari

Pertama-tama celupkan jari tangan ke dalam cairan cat yang kental, kemudian angkat. Gosokkan jari yang terkena cat ini dengan jari yang lainnya. Rasakan teksturnya. Apabila cat terasa lembut dan tidak lengket, berarti cat tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

2. Cat Tidak Mengandung Timbal dan Merkuri

Timbal pada cat berada di pigmen warna sehingga memungkinkan cat mampu menghasilkan warna-warna yang cerah. Sedangkan merkuri berfungsi sebagai zat anti-jamur. Bahaya yang ditimbulkan oleh kedua zat ini hampir mirip seperti bahaya seseorang yang bekerja di area pertambangan. Anda bisa merasa pusing, mual, bahkan mampu merusak fungsi ginjal apabila terus menghirup bau yang ditimbulkannya.

3. Hindari Cat yang Mengandung ppAC

Kandungan ppAC pada suatu cat berguna untuk sebagai daya rekat. Namun, kualitas yang dimiliki oleh ppAC tidak sebagus perekat cat lainnya. Akibatnya cat mudah mengelupas terutama jika terkena air. Selain itu, jika terkena sentuhan juga akan meninggalkan bekas.

4. Terdapat Green Label Pada Kemasannya

Green label merupakan sertifikat internasional sebagai penanda suatu produk ramah lingkungan. Label ini biasanya terdapat di kemasan kaleng dan mudah ditemukan. Green label menjamin bahan-bahan cat aman bagi seluruh penghuni rumah.

5. Pilih Cat yang Mengandung Pure Elastomeryc Polymer Acrylic

Karena mengandung zat akrilik, membuat produk cat ini memiliki gloss tinggi dan biasa dipakai pada interior dan eksterior rumah. Kandungan zat ini juga membuat cat memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat seperti ini cocok digunakan pada permukaan beton, hardboard, plesteran, tripleks, batako, dan asbes.

6. Pilih Cat Eksterior yang Mengandung UV Protection

Kondisi eksterior yang ekstrim membuat cat cepat memudar. Di sinilah fungsi zat pelindung dari sinar ultraviolet yang mampu melindungi warna dari sinar matahari langsung dan air hujan.

7. Cat Tahan Noda dan Mudah Dibersihkan

Pastikan Anda membeli cat yang menjamin kualitasnya tahan terhadap noda dan minyak. Cat seperti ini cocok digunakan untuk rumah yang ada anak kecil ataupun hewan peliharaan. Selain itu, cat yang mudah dibersihkan juga akan memudahkan Anda dalam merawatnya.