7 Tips Memilih Produk Cat Tembok yang Kualitasnya Bagus

Penggunaan cat tembok pada suatu desain rumah memang terbukti mampu mempercantik tampilannya secara efektif. Hal ini tak terlepas dari peran warna tersebut yang  sanggup menciptakan kesan tertentu. Setiap warna yang Anda terapkan ke permukaan tembok akan membuat tembok tersebut mempunyai penampilan yang khusus. Untungnya sekarang sudah tersedia banyak sekali pilihan warna cat tembok yang memudahkan kita dalam berkreasi. Contohnya saja warna merah yang terbagi atas merah gelap, merah hati, merah menyala, merah muda, merah kebiruan, merah kekuningan, dan sebagainya.

Suatu produk cat dapat dikatakan berkualitas bagus jika mengandung minimal 4 fungsi atau kegunaan. Di antaranya daya tutup, daya sebar, aman bagi kesehatan, dan mudah dalam pemakaiannya. Semakin tinggi kualitas suatu produk cat, maka biasanya harganya pun akan semakin mahal karena komposisi zat-zat yang digunakan untuk memproduksi cat tersebut juga lebih banyak. Selain itu, cat seperti ini juga umumnya mempunyai fungsi tambahan seperti mampu menutupi keretakan di dinding, tahan terhadap cuaca, mengandung tambahan pengharum, mudah dibersihkan, serta tidak cepat memudar.

Namun di balik semuanya itu, ternyata beberapa produk cat juga mempunyai efek negatif loh. Terutama pada produk-produk cat yang dibuat menggunakan bahan-bahan beracun serta mengandung kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang cukup tinggi. Penggunaan produk cat yang seperti ini terbukti secara imiah dapat meninmbulkan gangguan kesehatan, terutama pada manusia. Jadi Anda harus teliti, cermat, dan hati-hati dalam memilih cat tembok. Jangan sampai deh rumah Anda menjadi tempat tinggal yang berbahaya akibat kesalahan Anda dalam memilih produk cat yang tepat.

Kami mempunyai kiat-kiat yang bisa Anda coba sendiri dalam memilih cat tembok supaya Anda berhasil menemukan produk cat yang berkualitas tinggi. Bagaimanakah caranya? Silakan ikuti 7 tips berguna di bawah ini ya!

Tes Langsung Kualitas Cat Menggunakan Jari Tangan

Siapa sangka kalau kita ternyata juga bisa mengetes kualitas cat dinding Cuma menggunakan jari tangan loh. Namun Anda harus mau jari tangan tersebut menjadi kotor karena mesti mencelupkannya ke dalam cairan cat secara langsung. Anda dapat langsung mulai saja mencelupkan jari tangan ke dalam cairan cat yang masih kental tersebut. Tahanlah beberapa saat, kemudian angkat jari tangan Anda. Lalu gosokkan jari tangan Anda yang sudah terkena cat dengan jari tangan yang lainnya. Rasakan teksturnya. Apabila cat terasa lembut dan tidak lengket berarti cat tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

Pilih Cat yang Tidak Mengandung Timbal dan Merkuri

Kandungan timbal pada cat umumnya berada di dalam pigmen warnanya sehingga memungkinkan cat tersebut mampu menghasilkan warna-warna yang cerah. Sedangkan merkuri berfungsi sebagai zat anti-jamur. Walaupun mempunyai manfaat yang baik, sayangnya timbal dan merkuri sama-sama berbahaya bagi kesehatan. Bahkan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kedua zat ini hampir mirip seperti bahaya seseorang yang bekerja di area pertambangan. Anda bisa merasa pusing, mual, bahkan mampu merusak fungsi ginjal apabila terus menghirup bau yang ditimbulkannya.

Hindari Memilih Cat Tembok yang Mengandung ppAC

Beberapa produk cat juga kerap menggunakan bahan ppAC. Kandungan ppAC pada cat tersebut berguna sebagai daya perekat. Berkat adanya ppAC, cat tembok mampu menempel dengan kuat di permukaan dinding. Sayangnya daya rekat dan kualitas yang dimiliki oleh ppAC ini tidak sebagus bahan perekat cat yang lainnya. Akibatnya cat dengan kandungan ppAC biasanya lebih mudah mengelupas, terutama jika terkena air secara terus-menerus. Hal ini membuat cat dinding tersebut tidak awet karena cepat luntur dan mengelupas. Selain itu, cat ini juga akan meninggalkan bekas kalau terkena sentuhan tangan.

Usahakan Pilih Cat dengan Green Label Pada Kemasannya

Green label merupakan sertifikat internasional sebagai penanda bahwa suatu produk memang bersifat ramah terhadap lingkungan. Dinamakan ramah lingkungan sebab produk cat tersebut benar-benar aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih cat yang telah dilengkapi dengan Green label. Label ini biasanya terdapat di bagian kemasan kaleng sehingga mudah ditemukan. Green label adalah jaminan mutu dan kualitas produk cat bahwa bahan-bahan penyusunnya aman bagi kesehatan seluruh penghuni rumah.

Pilih Cat yang Mengandung Pure Elastomeryc Polymer Acrylic

Ciri-ciri cat tembok yang kualitasnya bagus selanjutnya adalah cat yang mengandung Pure Elastomeryc Polymer Acrylic. Ini merupakan cat yang memiliki kandungan zat akrilik khusus. Karena mengandung zat akrilik, produk cat tersebut pun mempunyai tingkat glossy yang tinggi. Cat ini bisa Anda gunakan untuk menghiasi lingkungan interior dan eksterior rumah. Kandungan zat ini juga mampu membuat cat dinding memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat dengan tipe ini cocok Anda gunakan pada permukaan beton, hardboard, plesteran, tripleks, batako, dan asbes.

Pilihlah Cat Eksterior yang Memiliki Kandungan UV Protection

Kondisi eksterior yang ekstem menyebabkan lapisan cat tembok biasanya lebih cepat memudar. Oleh karena itu, Anda membutuhkan produk cat khusus untuk lingkungan eksterior. Anda tidak bisa memakai cat interior untuk keperluan mengecat dinding eksterior. Jika Anda memaksakannya, pasti cat tersebut akan mengelupas dalam tempo yang relatif cepat. Inilah yang menjadi manfaat utama dari zat pelindung pada cat eksterior. Zat tersebut mampu menghalau sinar ultraviolet sehingga melindungi warna cat dari sinar matahari langsung dan air hujan. Hasilnya, cat pun akan terjaga keindahannya.

Anda Sebaiknya Memilih Cat Tahan Noda dan Mudah Dibersihkan

Pastikan Anda membeli cat yang dapat memberikan jaminan terhadap mutu dan kualitasnya, terutama daya tahan cat tersebut terhadap noda dan minyak. Cat seperti ini cocok sekali digunakan untuk rumah Anda, khususnya jika ada anak kecil ataupun hewan peliharaan di dalam rumah. Dengan kemampuannya ini, cat akan mudah dibersihkan dari debu, kotoran, serta noda membandel. Tentunya cat yang mudah dibersihkan juga akan mempermudah pekerjaan Anda dalam merawat dinding. Anda bisa menjaga daya tarik dan keindahan dinding tersebut cukup dengan mengelap permukaannya saja.