Warna
Jul11

5 Trik Memilih Warna Cat Tembok untuk Hari Lebaran

Butuh tips memilih warna cat tembok untuk Hari Lebaran yang menarik? Tidak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk saling bersilaturahmi ke sanak-saudara dan handai-tulan di hari yang istimewa ini.

Untuk menyambut para tamu yang akan berkunjung ke rumah, ada baiknya anda mempersiapkan dekorasinya semenarik mungkin. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengecat dinding menggunakan warna yang tepat. Pesona warna mampu menciptakan nuansa tempat tinggal yang baru dengan begitu kuat.

tips-memilih-warna-cat-dinding-untuk-hari-lebaran.jpg

Ruang Tamu Berwarna Hijau

Kebanyakan orang memilih warna putih, krem, hijau muda, dan biru muda untuk dindingi rumahnya. Beberapa juga lebih tertarik menggunakan warna-warni pastel yang bernuansa lembut, sederhana, dan tidak mencolok. Namun jika anda ingin bermain dengan warna cat tembok yang lainnya, pelajari kiat-kiat di bawah ini :

1. Ketahui Tata Pewarnaan

Saat ini, ada banyak sekali warna-warna dari cat dinding yang beredar di pasaran. Tidak hanya warna primer, tetapi warna sekunder dan warna tertier pun sudah tersedia. Hal ini tentu sangat menguntungkan anda dalam mengkombinasikan warna-warni tersebut. Ketahui sistem tata pewarnaan, karakteristik setiap warna, dan arti dari masing-masing warna cat tembok.

2. Perbanyak Referensi Warna

Sangat disarankan bagi anda untuk memperbanyak referensi desain tentang penggunaan warna cat tembok. Cobalah membaca variasi ide-ide yang diuraikan di majalah, galeri, atau tabloid. Jangan lupa perhatikan juga gambar-gambar yang dilampirkan. Amati, tiru, lalu modifikasi inspirasi-inspirasi suatu desain sehingga terlihat lebih baik.

3. Fokus Pada Fungsi Utama Ruangan

Ruangan-ruangan di rumah memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri. Ruang tamu misalnya yang berguna untuk menyambut tamu mempunyai peranan yang berbeda dengan dapur sebagai tempat memasak. Nah, warna yang dipakai seyogyanya sanggup memperkuat fungsi dan karakter ruang tersebut. Contohnya dapur yang berwarna putih akan menimbulkan kesan interior yang lebih bersih.

4. Pilih Warna Netral untuk Ruang Multifungsi

Karena setiap orang mempunyai kesukaan yang berbeda-beda, maka sangat tidak disarankan mengaplikasikan warna favorit di ruangan yang publik seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Bila tidak cocok, dikhawatirkan penghuni rumah yang kurang menyukai warna tersebut akan menjauhi ruang-ruang publik dan enggan berkumpul bersama. Oleh sebab itu, pilihlah warna netral seperti putih, cokelat, krem, atau hitam.

5. Terapkan Warna yang Monokromatik

Warna monokromatik adalah solusi warna yang indah, tidak monoton, dan disukai oleh semua orang. Warna ini dibuat dengan memilih satu warna utama yang kemudian dipadukan dengan warna-warni turunannya di seluruh sudut ruangan. Agar lebih mudah dan tepat, pemilihan kombinasi warna monokromatik bisa dilakukan dengan mencobanya terlebih dahulu menggunakan aplikasi atau software desain rumah.