Warna
Jun2

5 Tips Memilih Warna Cat Dinding Rumah

tips-memilih-warna-cat-dinding.jpg

Memilih warna cat dinding rumah memang gampang-gampang susah. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menentukan warna apa yang akan digunakan. Terlebih pada pemilihan kualitas cat yang terbaik. Jangan sampai dinding yang sudah sesuai dengan keinginan Anda, hancur begitu cepat karena warnanya mengelupas.

Tujuan penggunaan cat di bagian dinding adalah agar suasana rumah menjadi lebih hidup. Warna cat juga akan menggambarkan bagaimana kepribadian orang yang tinggal di dalamnya. Selain itu, cat juga berfungsi untuk menjaga ketahanan dinding. Inilah 5 tips yang bisa Anda coba dalam menentukan warna apa yang dipakai untuk cat dinding di area rumah Anda:

1. Bermain warna

Berani dalam memainkan warga terang, gelap, putih, hitam di area rumah Anda. Cobalah untuk memadukannya hingga muncul paduan warna yang selaras dan identik dengan kepribadian Anda. Selingi dengan motif garis dan polkadot untuk menjadikannya lebih hidup.

2. Perhatikan langit-langit rumah

Langit-langit rumah merupakan bagian yang sering terlupakan saat mengecat rumah. Sejumlah orang cenderung memberikannya warna putih agar lebih simple. Padahal ada berbagai warna yang bisa membuat langit-langit menjadi hidup. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna gelap akan membuat rumah Anda terkesan pendek, sedangkan pemilihan warna terang akan membuat suasana rumah mungil menjadi lebih luas dan tanpa batas.

3. Warna bisa mempengaruhi perasaan

Disadari atau tidak, warna bisa mempengaruhi mood setiap orang. Warna tertentu bisa berimbas timbulnya perasaan tertentu. Sebagai contoh warna palet hijau dan biru bisa menghasilkan perasaan santai. Sedangkan warna jingga bisa memberikan kesan ceria.

4. Jangan selalu putih

Warna putih merupakan warna netral yang serasi dipadukan dengan warna apa saja. Namun cobalah untuk terlepas dari zona aman warna putih ini. Terlalu banyak menggunakan warna putih bisa mengakibatkan suasana rumah Anda bisa menjadi cepat bosan.

5. Jangan mengikuti tren warna

Memilih warna cat yang sedang ngetren memang cenderung lebih bagus di hasilnya. Namun ada kalanya Anda kurang nyaman dengan pilihan warna yang sedang tren ini. Oleh sebab itulah, pilihlah warna sesuai dengan karakter Anda, dan aplikasikan warna yang sedang tren pada bagian ruangan tertentu yang sering dipakai, seperti bantal hias dan hiasan meja.