Warna
May18

5 Kiat Memilih Warna Tiang Teras Berdesain Minimalis

Memilih warna tiang teras minimalis tidak segampang menentukan warna bagian-bagian rumah lainnya. Sebab, di teras rumah anda berhubungan langsung dengan bidang luas yang disebut eksterior. Cat yang digunakan untuk mewarnai tiang harus mampu bertindak sebagai penyatu antara interior dan eksterior.

tips-memilih-warna-tiang-teras-rumah.jpg

Teras

Seperti yang sudah pernah kami bahas di sini, ada tiga warna dasar yang dapat dipakai untuk menciptakan desain minimalis yaitu hitam, putih, dan kelabu. Dalam penerapannya untuk tiang, anda bisa mengaplikasikan warna ini secara sendiri atau mencampurkannya dengan warna-warni yang lain. Gunakan ide-ide berikut untuk menemukan warna tiang yang tepat!

Ide 1 : Pemandangan Alam

Apabila di depan rumah anda terdapat pemandangan yang sangat indah, manfaatkanlah pemandangan tersebut untuk meningkatkan nilai estetika rumah. Biarkan warna tiang menjadi bingkai yang manis dari pemandangan alam ini. Cat berwarna putih bekerja baik dalam menonjolkan pemandangan di luar ruangan. Di sisi lain, hindari memakai kelir hitam atau kelabu karena akan menghalanginya.

Ide 2 : Lokasi

Seyogyanya, pertimbangkan lokasi rumah anda dalam memilih warna tiang. Sebagai contoh jika anda tinggal di daerah pesisir pantai, tidak ada salahnya mengecat tiang dengan nuansa yang senada, yaitu kombinasi putih, biru, atau cokelat. Putih sebagai simbol langit, biru sebagai simbol laut, dan cokelat sebagai simbol pepohonan. Pilih warna cokelat yang berjenis gelap, karena cokelat muda akan kelihatan kusam, kotor, dan kurang menarik. Teknik pewarnaan semacam ini akan membuat nuansa teras lebih sederhana serasa di luar ruangan.

Ide 3 : Kesukaan

Warna kesukaan adalah warna yang paling tepat untuk mempercantik tampilan tiang. Bayangkan setiap hari anda bakal disapa oleh tiang yang memang benar-benar terlihat manis. Anda bebas menentukan warna apa yang diinginkan mulai dari ungu, pink, kuning, jingga, sampai hijau pekat. Kuncinya, pastikan dinding teras sudah diwarnai dengan hitam, putih, atau kelabu. Sehingga keberadaan teras yang berwarna cerah dapat berfungsi sebagai aksen.

Ide 4 : Kokoh

Jika anda ingin penampilan tiang terlihat kokoh layaknya besi, cukup warnai dengan hitam atau putih. Yap, kedua warna ini identik sekali dengan material besi. Sehingga benda apapun yang dihiasinya akan selalu tampak kuat dan kokoh. Tiang berkelir hitam dan putih paling cocok diterapkan di rumah yang mengusung konsep hunian modern dan canggih berpadu dengan keminimalisan.

Ide 5 : Survei

Apabila anda masih bingung menentukan warna tiang yang tepat, cobalah melakukan survei di lingkungan sekitar. Biasanya warna tertentu cocok untuk daerah dengan suasana tertentu. Catat warna apa saja yang digunakan tetangga-tetangga sekitar untuk menghiasi tiang rumahnya. Pilih setidaknya tiga warna yang memiliki pesona paling indah, lalu tentukan satu warna yang dapat diaplikasikan pada teras rumah anda.