Warna
Mar18

3 Trik Mengecat Rumah agar Berkesan Luas

Bagaimana trik mengecat rumah agar berkesan luas? Seperti yang sering kami katakan sebelumnya bahwa unsur warna memegang pengaruh besar bagi desain interior. Secara teknis, warna pada dinding akan memberikan kesan paling kuat dan mendalam terhadap suasana yang akan tercipta di suatu rumah.

Salah satu manfaat pengaplikasian warna yang tepat adalah untuk menciptakan interior yang terasa lebih lapang. Dengan mengambil inspirasi dari pemanfaatan cat dinding, area yang sempit dapat berkesan lebih luas dari sebelumnya. Perbedaan kekuatan setiap warna bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan nuansa dinamis, serta menghasilkan efek tiga dimensi untuk ilusi ruang tampak lebih luas.

cat-dinding.jpg

Ruang Tamu yang Sempit

Ada 3 trik sederhana untuk menerapkan warna cat dinding, sehingga dapat berkesan luas. Apa saja?

1. Tingkatkan Jumlah Sumber Cahaya

Ingat aturan desain, semakin banyak jumlah cahaya di suatu ruangan maka suasananya akan semakin luas. Apabila interior terlihat gelap dan sempit, aplikasikan cat dengan warna yang terang di sekitar jendela. Menerapkan warna senada yang lebih terang memungkinkan penampilan jendela akan tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Dengan kata lain, makin banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah, ruangan tersebut akan terasa lebih lapang.

2. Buatlah Plafon Tampak Lebih Tinggi

Untuk menciptakan ilusi langit-langit yang terasa lebih tinggi, cobalah mengecat ruangan memakai warna turunan dengan desain interior. Contohnya yaitu pilihlah lantai dengan warna paling gelap, dipadukan dengan dinding berwarna netral, dan untuk plafon diwarnai dengan cat paling cerah.

3. Manfaatkan Area Tak Terlihat

Munculkan sudut-sudut yang tidak terlihat dengan menempatkan fokus ruangan pada area tersebut. Aplikasikan cat dinding dengan nuansa warna berbeda untuk menciptakan kesan unik di interior rumah. Bahkan sudut yang selama ini luput dari perhatian dekorasi anda bisa menjadi suatu dinding inspirasi. Cukup dengan menerapkan teknik pengecatan sederhana, lalu percantik dengan hiasan dinding yang menarik.

Kini, saatnya mencoba!