Warna
Sep23

3 Cara Mengecat Kayu dengan Gaya Vintage

Bagaimana cara mengecat kayu dengan gaya vintage? Kayu dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture dan bangunan. Agar tampilannya lebih menarik, kayu pun perlu diberikan finishing tertentu. Kebanyakan orang memilih mewarnai kayu menggunakan cat. Sementara beberapa orang lainnya lebih suka menghiasi kayu memakai pelitur atau pernis supaya serat-serat kayu kelihatan menonjol.

Saat ini, tren gaya vintage pada tempat tinggal kembali populer. Gaya ini pada dasarnya lebih mengedepankan tampilan yang tua dan usang. Barang-barang yang semula tampak tidak terlalu menarik, seperti sampah, sudah tidak terpakai lagi, atau berantakan diolah sedemikian rupa menjadi elemen utamanya. Hal ini membuat penampilan desain bergaya vintage sangat berbeda, tidak biasa, dan tidak membosankan.

cara-mewarnai-kayu-vintage.jpg

Anda yang mungkin sedang tertarik dengan konsep hunian bergaya vintage ini serta ingin mencoba mengaplikasikannya di rumah, tidak ada salahnya kalau memulai dari sesuatu yang sederhana terlebih dahulu. Contohnya yaitu mengecat salah satu furniture kayu dengan gaya ala vintage. Sebenarnya gampang kok untuk mengubah tampilan perabotan kayu milik Anda menjadi berpenampilan vintage.

Di bawah ini merupakan tiga teknik dasar pengecatan untuk menghasilkan tampilan vintage!

Teknik 1. Pudarkan Warna Cat Menggunakan Cuka

Furniture yang bergaya vintage mempunyai tampilan desain cat yang belang-belang. Lapisan cat yang menutupi permukaannya sama sekali tidak rata. Ada bagian yang dicat sempurna, ada pula bagian-bagian tertentu yang lapisan catnya sudah memudar atau mengelupas. Anda bisa mempersingkat timbulnya efek tersebut hanya dengan mengandalkan cuka. Setelah kayu dicat dan dibiarkan mengering selama 24 jam, keesokan harinya Anda bisa mengoleskan cuka ke beberapa bagian kayu secara acak. Semakin banyak jumlah cuka yang digunakan, semakin pudar pula warna yang akan dihasilkannya.

Teknik 2. Buat Tekstur yang Beda Memakai Vaselin

Anda yang kebetulan senang merawat kulit menggunakan vaselin gel, kini dapat memanfaatkannya untuk membuat tampilan vintage pada furniture kayu. Vaselin terbukti bisa memunculkan tekstur yang timbul pada permukaan kayu yang dikenainya. Mulailah dengan mengecat kayu sebanyak dua lapisan terlebih dahulu. Setelah cat tersebut sudah mengering sempurna, silakan Anda bisa mengoleskan vaselin ke bagian-bagian kayu yang tampilannya ingin dibuat vintage. Misalnya di bagian sudut, pinggir, tengah, pegangan, engsel, dan lain-lain. Kemudian cat kembali khusus pada permukaan kayu yang telah diberikan vaselin menggunakan warna yang berbeda. Langkah terakhir adalah merapikannya memakai ampelas.

Teknik 3. Munculkan Karat dengan Kawat Baja

Semakin bertambah usia furniture kayu biasanya akan muncul karat di beberapa bagiannya, baik ditimbulkan oleh engsel maupun handle. Jika mau, Anda bisa memuncukan efek karat tersebut menggunakan langkah-langkah yang sangat sederhana. Siapkan kawat baja dan cuka secukupnya. Rendamlah kawat baja tadi ke dalam cuka selama 7-10 hari. Cairan hasil rendamannya inilah yang nantinya bakal kita gunakan untuk mewarnai kayu. Aplikasikan cairan tersebut memakai kuas sebanyak beberapa kali sampai timbul efek berkarat yang sesuai dengan keinginan Anda.