Tutorial
Jan25

Tools Dasar yang Ada di Google Sketch Up

Apakah Anda baru belajar menggunakan Google Sketch Up? Jika benar, Anda harus mengetahui fungsi-fungsi tools dasar yang ada di dalam perangkat lunak ini terlebih dahulu. Proses pembuatan desain rumah bisa dilakukan menggunakan komputer. Salah satu software yang bisa Anda pakai untuk keperluan pekerjaan tersebut adalah Google Sketch Up. Ini merupakan software gratis buatan Google yang bisa Anda gunakan untuk menggambar desain rumah.

Anda bisa melakukan download Google Sketch Up secara gratis melalui link berikut ini https://www.sketchup.com/download. Selanjutnya akan tampil halaman baru yang berisi tentang pilihan versi Google Sketch Up dan sistem operasi yang didukungnya. Silakan Anda bisa memilih Google Sketch Up versi terbaru sesuai sistem operasi yang digunakan oleh komputer Anda. Kemudian klik tombol download untuk mengunduhnya. Setelah itu, lakukan proses instalasi dengan mengeklik file master yang sudah didownload tadi.

tools-google-sketch-up.jpg

Google Sketch Up memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan software-software desain rumah yang lain. Software ini 100% bersifat gratis sehingga Anda bisa menggunakannya secara cuma-cuma. Tools yang dimiliki oleh software ini terbilang sederhana, tetapi semuanya penting dan dapat digunakan dengan baik. Anda bisa membuat desain rumah yang simpel hingga paling rumit menggunakan software yang satu ini. Keunggulan lainnya yakni Google Sketch Up sangat ringan dan mudah dimengerti.

Anda perlu mengenal macam-macam tools dasar yang dimiliki oleh Google Sketch Up terlebih dahulu.

SELECT

Select berguna untuk memilih objek gambar kerja yang selanjutnya akan dimodifikasi menggunakan alat atau perintah yang lain.

ERASER

Eraser berfungsi menghapus, memperhalus, atau melembutkan objek gambar kerja yang ada di dalam model. Anda bisa mengaktifkan fungsi Eraser secara cepat dengan menekan tombol E di keyboard.

LINES

Lines memiliki kegunaan untuk menggambar garis. Ada dua jenis garis yang bisa digambar di sini yaitu garis berbentuk lurus dan garis yang bentuknya bebas. Silakan tekan tombol L di keyboard untuk mengaktifkan fungsi Lines dengan cepat.

ARC

Fungsi dari Arc yaitu membuat garis lengkung, baik yang terdiri dari 2 titik, 3 titik, sampai tak terhingga. Shortcut untuk mengaktifkan fungsi Arc adalah tombol A di keyboard.

SHAPES

Anda bisa menggunakan Shapes untuk menggambar persegi panjang, persegi panjang dengan sudut sembarang, lingkaran, dan segi enam. Tekan R untuk mengaktifkan fungsi Rectangle lebih cepat. Sedangkan untuk mengaktifkan fungsi Circle, Anda bisa menekan tombol C.

PUSH/PULL

Push/Pull memiliki fungsi untuk menekan atau menarik suatu bentuk. Fungsi ini bisa Anda aktifkan untuk membuat objek yang berjenis 3 dimensi. Anda bisa mengaktifkan Push/Pull secara cepat dengan cara menekan tombol P di keyboard.

OFFSET

Offset berguna untuk membuat gambar bayangan dari suatu objek. Objek gambar bayangan yang dihasilkan nantinya memiliki perbandingan yang sama persis dengan objek aslinya. Silakan tekan tombol O untuk mengaktifkan fungsi Offset secara cepat.

MOVE

Move berfungsi untuk memindahkan, menggeser, menyalin, atau mengatur posisi suatu objek. Fungsi Move bisa diaktifkan lebih cepat dengan menekan tombol M di keyboard.

ROTATE

Kegunaan dari Rotate yaitu untuk memutar arah hadap objek gambar. Anda bisa mengaktifkannya lebih cepat dengan menekan tombol R.

SCALE

Fungsi Scale untuk mengatur kembali perbandingan ukuran dari objek-objek gambar kerja yang terpilih. Tools ini sangat membantu Anda memperbaiki kesalahan pengukuran. Tekan tombol S untuk menyalakan fungsi Scale dengan cepat.

TAPE

Layaknya meteran, Tape berguna untuk mengukur jarak, mengetahui ukuran objek, atau membuat titik-titik bantu sebelum menggambar objek. Tape bisa dinyalakan dengan menekan tombol T di keyboard.

TEXT

Text memiliki fungsi untuk memberikan tulisan pada gambar kerja. Tulisan yang dimaksud di sini umumnya berupa keterangan gambar kerja. Contohnya seperti ukuran, besar sudut, nama struktur, jenis material, dan lain-lain.

PAINT BUCKET

Paint Bucket berfungsi untuk memberikan warna atau material tertentu ke dalam gambar kerja. Gambar yang telah diwarnai tentu tampak lebih indah, lebih nyata, dan lebih mudah dimengerti oleh pekerja lainnya. Tombol shortcut untuk Paint Bucket ialah P.

ORBIT

Orbit berguna untuk memutar arah pandangan kita terhadap objek di gambar kerja. Dengan mengaktifkan tools ini, kita bisa melihat objek dari arah depan, belakang, atas, bawah, atau samping kanan dan kiri. Tekan O untuk menyalakan fungsi Orbit lebih cepat.

PAN

Pan mempunyai kegunaan untuk menggeser pandangan layar monitor terhadap gambar kerja secara vertikal atau horizontal. Anda bisa mengaktifkan fungsi Pan secara cepat dengan menekan tombol H di keyboard.

ZOOM

Anda pasti sudah tahu kalau Zoom berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tangkapan kamera yang tampil di layar monitor. Anda perlu mengaktifkan fitur ini pada saat membuat detail yang lebih spesifik di gambar kerja.