Solusi
Mar28

Trik-trik Mengatasi Kayu yang Dimakan Rayap

Bagaimana cara mengatasi kayu yang dimakan rayap? Sebagai pemilik rumah, Anda harus bersiap-siap karena pasti akan mengalami masalah yang sangat banyak terkait dengan hunian Anda tersebut dan seluruh perabotan di dalamnya. Salah satunya yang sering menjadi momok ialah serangan rayap. Rayap merupakan serangga yang terkenal sekali suka menggerogoti kayu. Tak tanggung-tanggung bahkan serangan rayap ini mampu mengubah kayu yang kokoh sekalipun menjadi keropos dan hancur tak tersisa setelah dimakan olehnya.

Anda yang notabene senang mengoleksi furniture berbahan dasar kayu tentu sudah merasa benci terhadap rayap. Hal tersebut dikarenakan serangan serangga yang berukuran kecil ini akan mengakibatkan masalah yang sangat besar. Anda harus melakukan pencegahan sebelum serangan rayap itu datang. Tapi bila serangan rayap sudah terlanjur terjadi, Anda tidak boleh berdiam diri dan harus segera mengambil tindakan. Usirlah rayap-rayap tersebut sesegera mungkin supaya kerusakan pada furniture kayu Anda tidak semakin menjadi parah.

mengatasi-kayu-dimakan-rayap.jpg

Serangan rayap pada dasarnya bisa diatasi dengan tuntas asalkan Anda tahu triknya. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengapa sih rayap selalu menyerang kayu? Tidak lain untuk mendapatkan sumber makanannya yang berupa selulosa. Rayap-rayap ini akan terus menggerogoti kayu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tetapi serangan rayap hanya akan terjadi di tempat yang kondisinya lembab dan cenderung gelas. Sebab sebenarnya rayap termasuk serangga yang sangat lemah dan tidak tahan cuaca ekstrem.

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan guna mengatasi serangan rayap pada kayu, antara lain :

Membuat Jebakan dari Kardus

Anda perlu mencari tahu terlebih dulu lokasi persis sarang rayap berada. Kemudian ambil beberapa lembar kardus bekas, lalu basahi dengan air secukupnya. Letakkan lembaran-lembaran kardus ini secara bertumpuk di dekat sarang rayap. Setelah 3-5 hari, kami jamin rayap pasti akan berpindah ke tumpukan kardus yang lembab karena menemukan banyak makanannya yaitu selulosa. Setelah itu, Anda tinggal membuang kardus berisi kawanan rayap tersebut jauh-jauh dari lokasi rumah.

Jemur di Bawah Terik Matahari

Rayap sangat benci dengan tempat yang kondisinya kering dan panas. Bahkan mereka tidak bisa bertahan hidup di tempat yang seperti ini. Jadi Anda bisa mengeluarkan semua furniture yang diduga terserang rayap ke tempat terbuka untuk dijemur di bawah terik matahari langsung. Panas matahari seketika akan membuat rayap-rayap ini berlarian hingga mati. Anda harus rutin menjemur furniture kayu ini setidaknya 3 hari secara berturut-turut sehingga rayap-rayap yang telah bersarang di furniture bisa keluar semuanya.

Setel Suhu AC yang Sangat Dingin

Rayap tidak bisa hidup di tempat yang memiliki suhu yang ekstrem. Jika Anda merasa kesulitan kalau harus menjemur furniture, Anda bisa memakai alternatif lain yaitu memakai AC untuk mendinginkan suhu ruangan. Cobalah setelah AC pada suhu yang serendah mungkin, lalu biarkan ruangan tetap tertutup untuk sementara waktu. Kami jamin dalam waktu 8-10 jam kemudian semua rayap yang ada di furniture Anda sudah mati. Anda juga bisa menggunakan freezer bila kayu yang dirusaki rayap ukurannya cukup kecil.

Suntikkan Racun Pembasmi Rayap

Kini ada banyak sekali jenis racun pembasmi rayap yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi serangan rayap pada furniture kayu. Salah satunya adalah racun yang berbentuk suntikan atau injeksi. Untuk menggunakan racun ini, Anda cukup menyuntikkannya ke pori-pori kayu hingga bagian jarumnya masuk. Setidaknya dalam kurun waktu minimal 24 jam, rayap-rayap tadi pun akan berlarian kabur menjauhi karena menyadari kalau di dalam kayu ini sudah terkandung racun yang bisa membuatnya mati.