Tips Memilih Wallpaper Ruang Keluarga yang Pas

Wallpaper sering kali menjadi pilihan alternatif untuk menata ruang keluarga. Wallpaper akan membuat desain ruang keluarga jauh lebih menarik asalkan dipilih dengan tepat. Yap, proses pemilihan wallpaper ini harus dilakukan secara matang. Wallpaper tersebut mesti sanggup mendukung desain ruangan yang ingin diciptakan. Jangan sampai deh ruang keluarga tampak menarik di satu sisi, tetapi di sisi lain suasananya kacau balau.

Di sinilah pentingnya proses pemilihan wallpaper secara bijaksana. Anda harus memilih-milih wallpaper tersebut sesuai dengan konsep awal. Apalagi untuk ruang keluarga, di mana ruangan ini notabene digunakan sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Anda harus menata ruang keluarga sebaik-baiknya agar menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul. Ruangan yang bisa menyatukan seisi rumah dengan sempurna.

memilih-wallpaper-ruang-keluarga.jpg

Dalam memilih wallpaper untuk ruang keluarga, Anda tentu harus memulainya dari penentuan konsep ruangan yang ingin diciptakan. Anda ingin ruang keluarga yang seperti apa? Apakah Anda lebih suka ruang keluarga yang bergaya modern, tradisional, klasik, minimalis, industrial, atau ruangan ala Eropa, Amerika, atau Asia? Anda harus menentukan konsep ini secara jelas dan gamblang. Sebab inilah yang menjadi acuan langkah berikutnya.

Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda gunakan saat memilih wallpaper ruang keluarga.

  1. Motif

Wallpaper mempunyai motif berupa suatu gambar. Motif inilah yang akan menjadi elemen pemberi nuansa ke dalam ruangan. Wajib hukumnya memilih wallpaper yang memiliki motif/corak sesuai konsep awal yang ingin Anda ciptakan. Misalnya saja Anda ingin membuat ruang keluarga yang bergaya modern, maka motif-motif abstrak atau pemandangan khas perkotaan bisa menjadi pilihannya.

  1. Bahan

Kenyataannya wallpaper dinding tidak hanya terbuat dari bahan kertas. Masih banyak bahan baku lain yang kerap digunakan untuk membuat wallpaper. Di antaranya yaitu vinyl, textile, dan foil. Sebisa mungkin Anda memilih wallpaper yang dibuat dari bahan yang awet, mudah dibersihkan, dan memiliki daya serap yang tinggi terhadap kondisi kelembaban. Anda akan lebih mudah merawatnya.

  1. Warna

Ada kalanya Anda perlu mengesampingkan ide desain yang telah direncanakan terutama jika ruangan yang tersedia tak mendukung ide tersebut. Kasus ini umumnya terjadi ketika Anda mendesain ruang keluarga yang berukuran kecil. Luas ruangan yang terbatas membuat Anda tidak bisa leluasa dalam bermain pewarnaannya. Sebaiknya pilih wallpaper yang berwarna cerah untuk mengimbangi cahaya di dalam ruangan.

  1. Kesan

Ada baiknya Anda memilih wallpaper yang mampu memberikan kesan menghangatkan untuk ruang keluarga. Kesan semacam ini akan membuat suasana ruangan terasa lebih nyaman, enak dipakai berkumpul, serta terasa mendalam. Semua anggota keluarga akan merasa nyaman berkumpul di ruangan tersebut secara bersama-sama. Anda juga perlu mempertimbangkan wallpaper yang dapat memberikan manfaat positif dari motif yang ditampilkannya.

  1. Aman

Ingat bahwa ruang keluarga adalah ruangan publik yang bakal ditempati oleh semua anggota keluarga di momen-momen tertentu. Kakek, nenek, bapak, ibu, kakak, adik, semuanya akan berkumpul di sini. Jadi Anda tidak boleh egois saat menatanya. Anda perlu mempertimbangkan selera penghuni rumah yang lain serta keamanannya. Pastikan kalau wallpaper yang dipasang tak menampilkan gambar yang kurang pantas untuk dilihat.