Solusi
Apr3

Tanda-tanda Ada Rayap di Rumah Kita

Apakah tanda-tanda ada rayap di rumah? Rayap selalu mengintai rumah kita dan barang-barang yang ada di dalamnya. Serangan rayap ini umumnya tidak bisa terlihat secara langsung. Hingga pada akhirnya kita menyadari kalau rumah telah terserang oleh rayap melalui dampak-dampak yang ditimbulkannya. Perlu Anda ketahui, rayap termasuk serangga yang mempunyai daya tahan yang tidak terlalu baik. Rayap hanya bisa bertahan hidup di lingkungan yang lembab, gelap, dan terlindungi.

Padahal serangan rayap seharusnya ditangani sesegera mungkin. Sebab apabila serangannya sudah lama dan cukup parah, kita akan sulit mengatasinya. Rayap dengan rakus akan merusak perabotan kayu Anda untuk mendapatkan makanannya. Mula-mula serangannya memang berfokus pada permukaan benda sehingga langsung terdeteksi bila Anda melihatnya. Tetapi selanjutnya rayap akan masuk ke dalam kayu guna menggerogotinya dari bagian dalam. Hal ini yang membuat serangan rayap pada akhirnya sukar diketahui.

tanda-tanda-ada-rayap.jpg

Memang benar kalau rayap-rayap suka sekali memakan kayu untuk mencari selulosa sebagai makanannya. Selain perabotan atau furniture, rayap juga doyan produk yang diolah memakai bahan baku berupa kayu. Misalnya seperti kertas, kardus, particle board, tripleks, dan lain-lain. Serangan rayap dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal. Bahkan lemari kayu yang sebelumnya tampak sangat kuat dan kokoh pun seketika berubah menjadi keropos, rusak, dan gampang rubuh setelah terserang oleh rayap.

Ada baiknya Anda melakukan upaya penanggulangan sedini mungkin begitu menyadari adanya serangan rayap melalui tanda-tanda yang muncul. Nah, berikut ini merupakan tanda-tanda dari serangan rayap di rumah Anda!

  1. Ada Laron di Rumah

Tahukah Anda, laron sebenarnya merupakan bentuk metamorfosis dari rayap. Ketika masih dalam bentuk larva, tubuhnya berupa rayap. Kemudian setelah dewasa serta akan melakukan perkawinan, rayap akan menumbuhkan sayap lalu berubah menjadi laron. Laron lantas terbang keluar dari sarangnya untuk mencari pasangannya. Apabila di musim penghujan khususnya beberapa kali muncul laron di lingkungan rumah Anda, berarti ada sarang rayap di salah satu sudutnya.

  1. Kayu Terdengar Berongga

Zaman sekarang rayap lebih senang membuat sarang di dalam kayu daripada di bawah permukaan tanah. Selain merasa lebih aman, rayap pun bisa mendapat makanannya secara langsung. Rayap biasanya memakan kayu dari bagian dalam terlebih dahulu. Akibatnya kayu menjadi berongga di penampang dalamnya. Kayu solid yang berongga hampir selalu dapat dipastikan telah terserang rayap. Kayu ini akan terdengar tipis, kopong, pelan, suaranya bergema, dan nadanya lebih rendah jika diketuk beberapa kali.

  1. Pintu/Jendela Terasa Ketat

Serangan rayap pada pintu dan jendela mengakibatkan dimensinya berubah. Mungkin saja ketika pembuatannya ukuran pintu/jendela tersebut sudah benar-benar pas. Tapi karena terserang rayap, ukuran pintu/jendela ini pun berubah menjadi semakin besar. Hal ini terjadi lantaran rayap menghasilkan kotoran untuk membangun kerajaannya di dalam kayu. Dampaknya ialah ukuran kayu membengkak bertambah besar sehingga kayu dan pintu terasa ketat dan sulit dibuka tutup.

  1. Ada Terowongan di Kayu

Rayap sama seperti semut pada saat membuat rumahnya. Rumah rayap ini berbentuk terowongan-terowongan yang rumit sekali mirip labirin. Dari luar memang Anda tidak bisa melihat ada tidaknya terowongan di dalam kayu. Oleh sebab itu, Anda perlu sedikit merusak perabotan kayu guna mengetahuinya. Pakailah pisau untuk membelah kayu yang diduga telah terserang rayap tadi. Seharusnya kayu tersebut mudah dibelah karena sudah keropos. Jika ada semacam terowongan di dalamnya, pasti ada rayap.

  1. Tumpukan Kotoran di Bawah

Rayap selalu membuat terowongan sebagai alur aksesnya. Terowongan ini menjadi pelindung bagi rayap agar terhindar dari sengatan matahari langsung serta pantauan predator yang dapat membunuhnya. Tahukah Anda, terowongan rayap terbuat dari kotorannya yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk terowongan yang bisa membuatnya aman. Di mana ada tumpukan kotoran rayap berbentuk terowongan ini, maka di situ pasti terdapat rayap.

  1. Permukaan Kayu Mengembung

Produsen perabotan dan kerajinan dari kayu selalu berusaha membuat produknya sebagus mungkin. Mereka terus berupaya untuk membuat permukaan perabotan dan kerajinan kayu ini benar-benar rata. Sebab produk yang memiliki permukaan rata maka kualitasnya akan semakin lebih baik. Apabila furniture Anda yang tadinya rata, kemudian tiba-tiba ada salah satu bagian yang bergelombang atau mengembung, kemungkinannya ada rayap di dalam furniture yang sedang membangun jalur keluar.