Penyebab Kamar Panas dan Cara Mendinginkannya

Kamar ibaratnya rumah kecil bagi penghuninya. Di dalam kamar, privasi kita sungguh terjaga. Kita bisa melakukan apa saja yang dimau saat berada di dalam kamar. Oleh karena itu, kamar pun dibuat sesuai dengan keinginan pemiliknya. Ada yang menginginkan desain kamar yang bergaya modern, minimalis, romantis, klasik, sampai gothic. Hal ini sah-sah saja. Bagaimana pun kamar merupakan ruangan yang paling pribadi di rumah kita.

Desain boleh berbeda. Tetapi semua orang pasti mengharapkan kamar tidur yang sama yaitu kamar tidur yang nyaman. Kamar tersebut terasa nyaman sehingga membuat kita merasa betah saat tinggal di dalamnya. Kita bisa berlama-lama berada di kamar yang nyaman. Tetapi masalah sirkulasi udara kerap mengakibatkan suasana rumah menjadi tidak nyaman. Udara yang pengap membuat suhu udara di dalam kamar menjadi begitu panas.

agar-kamar-tidak-panas.jpg

Kamar tidur yang sehat seyogianya memungkinkan udara bisa bergerak dengan lancar. Udara tersebut dapat memasuki kamar tidur melalui lubang-lubang ventilasi udara untuk menggantikan udara kotor di dalamnya. Manfaatnya yaitu kualitas udara di dalam kamar pun akan terjaga dengan baik. Kamar menjadi terasa sejuk dan tidak pengap lagi. Wangi udara alami memenuhi seisi kamar dan membuat suasananya terasa begitu menyegarkan.

Penyebab lain rumah terasa panas yaitu pemilihan material atap yang salah. Penggunaan atap yang salah mengakibatkan panas dari sinar matahari akan terserap secara maksimal oleh atap tersebut. Alhasil atap pun menjadi panas. Suhu panas ini kemudian akan diteruskan ke area bawahnya. Hal inilah yang mengakibatkan kamar Anda menjadi panas. Sebisa mungkin hindari pemakaian atap yang berbahan logam untuk pembangunan rumah tinggal.

Untuk mencegah supaya kamar tidur tidak panas, Anda juga harus memperhatikan ketinggian plafon. Usahakan jarak antara plafon dengan lantai kamar cukup jauh. Kamar tidur dengan plafon yang tinggi membuat jumlah udara di dalamnya menjadi lebih banyak sehingga kamar pun terasa lebih sejuk. Kondisi ini berbeda dengan kamar yang mempunyai plafon rendah. Suasana di dalam kamar tersebut pasti akan terasa gerah dan panas.

Jika kondisi di kamar Anda begitu panas, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai solusi di bawah ini!

Pasanglah Kipas Angin atau AC

Solusi yang paling mudah untuk mengatasi kamar tidur yang panas yaitu memasang perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin. Contohnya yaitu kipas angin, exhausted fan, AC, dan Air Cooler. Keempat alat elektronik ini bisa Anda pasang di salah sudut kamar. Saat Anda merasakan ruangan begitu panas, Anda cukup menyalakan saja perangkat tersebut. Dijamin suhu udara di kamar panas akan berangsur-angsur turun dan suasananya menjadi dingin.

Bersihkan Kotoran di Kamar

Tanpa Anda sadari sampah yang menumpuk di kamar akan membuat suasananya terasa tidak nyaman. Apalagi jika lubang ventilasi udara tertutupi oleh kotoran, aliran udara pun menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan kamar Anda panas. Oleh sebab itu, Anda harus rajin membersihkan kamar tidur. Buanglah sampah yang ada di kamar. Bersihkan dinding dan plafon dari sarang laba-laba. Atur semua benda di kamar agar tersusun rapi. Lalu pel lantai kamar tersebut sampai bersih.

Bukalah Jendela Kamar Anda

Beruntung jika kamar Anda sudah dilengkapi dengan jendela yang cukup besar. Masalah ini bisa diatasi secara mudah cukup dengan membuka jendela ruangannya. Bukalah jendela kamar sampai penuh. Biarkan udara segar dari luar memasuki kamar Anda dan menggantikan udara pengap yang ada di dalam ruangan. Kamar memang harus diberi jendela. Apabila tidak memungkinkan dibuat jendela pada dinding, Anda bisa membuatnya di bagian atap.

Masukkan Tumbuh-tumbuhan

Panasnya udara di kamar juga bisa disebabkan karena udara pengap yang minim kandungan oksigen. Solusinya Anda bisa memasukkan tumbuh-tumbuhan ke dalam kamar supaya ruangan dipenuhi dengan oksigen. Di sini Anda sebaiknya memilih tanaman khusus yang memang bisa dipelihara di lingkungan indoor seperti tanaman jenis sukulen dan kaktus. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa memasukkan bunga potong dan menggantinya secara rutin.

Pajanglah Ornamen dari Air

Udara yang terasa panas di kamar tidur juga dapat disebabkan oleh minimnya kandungan uap air di dalamnya. Tingkat kelembaban udara rendah sekali. Maka tak heran kalau Anda merasa gerah ketika berada di dalam kamar tidur. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa memasang air cooler yang akan meningkatkan kelembaban udara di kamar. Selain itu, Anda juga dapat memajang ornamen yang berisi air. Contohnya seperti vas bunga gantung yang bisa diisi air, akuarium, atau nampan berisi air yang dipenuhi potongan kelopak bunga.

Ganti Warna Cat Dinding

Tanpa Anda sadari warna cat dinding kamar tidur Anda akan berpengaruh terhadap suasana di dalamnya. Kamar yang berwarna gelap akan terasa lebih panas karena warna gelap lebih mudah menyerap energi panas. Kalau Anda menginginkan ruangan yang terasa nyaman, segar, dan tidak panas, maka catlah dinding kamar Anda menggunakan warna-warna yang cerah. Contohnya yaitu putih, biru langit, krem, cyan, pink pastel, dan lain-lain.