Mengatasi Wastafel yang Mampet dengan Soda Api

Anda pasti merasa pusing bukan kepalang saat saluran pembuangan pada wastafel mengalami mampet. Bagaimana bisa wastafel tersebut digunakan lagi kalau saluran pembuangannya saja tersumbat? Akibatnya yaitu air yang jatuh di bak wastafel sama sekali tidak surut. Bak wastafel ini tetap dipenuhi oleh air. Anda harus mengatasinya segera supaya wastafel tersebut dapat dipakai kembali seperti sedia kala. Bagaimana caranya?

Mayoritas orang akan membongkar saluran pembuangan wastafel untuk membersihkan semua kotoran yang menyumbat. Setelah pipa saluran berhasil dilepaskan dari tempatnya, mulailah pekerjaan mengeluarkan kotoran-kotoran ini dilakukan. Beberapa orang ada pula yang harus mengganti pipa yang kondisinya sudah rusak. Memang benar kalau cara ini bisa membuat pipa pembuangan menjadi lancar kembali. Tetapi sangat merepotkan.

Kalau ada solusi yang lebih mudah, mengapa Anda menggunakan cara yang susah? Sebenarnya masalah mampetnya wastafel bisa diselesaikan dengan gampang sekali kok. Rahasianya adalah Anda harus menggunakan soda api. Soda api atau Natrium hidroksida (NaOH) merupakan basa logam kaustik yang mampu membentuk larutan alkali yang kuat saat dilarutkan ke dalam air. Nah, larutan inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi wastafel yang mampet.

mengatasi-wastafel-yang-mampet.jpg

Alat dan Bahan :

  • Soda api
  • Air
  • Gayung

Langkah-langkah :

  1. Anda siapkan soda api yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat.
  2. Taburkan 1 sendok makan bubuk soda api ke dalam saluran pipa pembuangan wastafel.
  3. Tuangkan air sebanyak setengah gayung pada saluran pembuangan wastafel tadi.
  4. Seketika akan terjadi reaksi kimia menghasilkan larutan alkali yang ditandai munculnya suara letupan-letupan kecil.
  5. Biarkan larutan alkali ini bekerja dengan mengikis semua kotoran yang menyumbat pipa saluran pembuangan wastafel.
  6. Ulangi proses di atas setiap 3 jam sampai saluran wastafel menjadi benar-benar lancar kembali.

Anda bisa membeli soda api ini di toko bangunan terdekat sebab soda api memang sering kali dipakai untuk mengupas lapisan cat lama pada saat pekerja hendak mengecat dinding rumah. Kebanyakan zat ini dijual dalam bentuk serbuk putih, namun tidak menutup kemungkinan ada pula yang bentuknya padat, pelet, atau serpihan. Hati-hati saat menggunakan soda api supaya tidak mengenai kulit secara langsung karena dapat menyebabkan kulit rusak, melepuh, serta mengalami iritasi.