Mengatasi Kolam Renang Berkabut dan Berwarna Putih

Saat ini Anda mungkin sedang bingung sendiri karena kolam renang di rumah airnya berwarna putih? Apa penyebabnya? Bagaimana pula cara mengatasinya? Sebenarnya air yang tiba-tiba berubah warna menjadi keputih-putihan ini menandakan kalau adanya masalah di dalamnya. Ini merupakan salah satu ciri-ciri air yang berkabut. Air kolam yang berisi air yang berkabut tentu tidak layak digunakan untuk berenang.

Kita semua tentu maunya hanya berenang di kolam renang yang airnya bersih dan jernih. Lagi pula siapa sih yang mau berenang di air yang warnanya keputih-putihan? Pasti Anda pun tidak mau. Selain jorok, kolam renang dengan air yang berkabut pasti menyimpan banyak kuman dan bakteri. Bukan tidak mungkin Anda akan terserang penyakit kulit setelah berenang di sana. Itu sebabnya, sebagai pengelola, Anda wajib mengatasi masalah ini.

air-di-kolam-renang-berkabut.jpg

PENYEBAB

Pada dasarnya, warna air di kolam renang menjadi berkabut akibat tingkat keasaman (pH) air terlalu tinggi, sedangkan kadar klorin terlarut di air terlalu rendah. Jadi sebenarnya masalah air yang berkabut ini tidak disebabkan oleh kotoran yang terlarut di air. Kecuali apabila warnanya berubah menjadi sangat putih, ada kemungkinan air tersebut sudah tercemar kotoran. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan serangkaian pemeriksaan.

Anda bisa menggunakan Test Kit untuk mengecek pH air dan kadar klorin di dalam air. Alat ini bisa Anda beli di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Sebelum digunakan untuk memeriksa kualitas air di kolam renang, Anda perlu membuat kondisinya steril terlebih dahulu. Setelah itu, ambil air dari bagian dasar kolam renang. Tuangkan air ini ke tabung tes kit hingga mencapai batas maksimal.

Anda juga memerlukan cairan Phenol Red Indicator untuk mengetahui tingkat keasaman air serta Oto Indicator untuk mengecek kadar klorin terlarut di dalam air. Tambahkan 5 tetes Phenol Red Indicator pada tabung test kit untuk pemeriksaan pH air. Kemudian tambahkan pula 5 tetes Oto Indicator pada tabung test kit untuk pengecekan kadar klorin. Tutuplah kedua tabung ini dengan rapat. Lalu kocoklah agar bahan-bahan di dalamnya tercampur rata.

Tunggu beberapa saat sampai kondisi air di tabung test kit menjadi stabil kembali. Setelah itu, perhatikan warna air di dalam kedua tabung test kit tersebut. Bandingkan warna air di tabung pertama dengan warna standar pembanding pH. Tingkat pH air yang ideal untuk kolam renang berkisar antara 7,2-7,6. Lalu bandingkan pula warna air di tabung kedua dengan warna standar pembanding klorin. Kadar klorin yang ideal untuk air di kolam renang yaitu 1,0-1,5.

SOLUSI

Upaya mengatasi air kolam renang yang berkabut dapat dilakukan dengan membersihkannya terlebih dahulu. Mulailah dengan menyedot partikel-partikel kotoran yang ada di dalam air menggunakan vacuum cleaner khusus. Lakukan pembersihan secara total ke seluruh bagian kolam renang. Jangan biarkan ada sebutir debu pun yang mengendap di dasar kolam renang. Gerakkan vacuum cleaner ini secara merata dari bagian kolam renang yang satu ke bagian lainnya.

Setelah kondisi air di dalam kolam renang sudah bersih, upaya selanjutnya ialah menjernihkan warna airnya. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan bahan kimia tertentu untuk melakukan tugas ini. Kami sarankan pakailah kaporit 90% (granular) atau kaporit tablet. Anda cukup menyebarkan granular ini ke seluruh bagian kolam renang secara acak. Untuk satu kolam renang biasanya membutuhkan 1/2 kg granular saja. Terlalu banyak memberikan bahan kimia ini akan menyebabkan warna air justru berubah menjadi kekuning-kuningan.

Selain granular, Anda juga bisa memakai kaporit tablet untuk mengatasi air di kolam renang yang berwarna keputih-putihan. Biasanya hanya dibutuhkan 2-3 keping kaporit tablet untuk mengatasi 1 kolam renang yang airnya bermasalah. Pastikan Anda memberikan bahan kimia ini dalam dosis yang tepat. Karena jika pemberiannya dilakukan secara berlebihan, dampaknya bisa sama seperti masalah di atas. Air di kolam malah akan menjadi berwarna kuning kalau Anda memberikan kaporit tablet yang terlalu banyak.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan asam klorida (HCl). HCl terbukti ampuh mengatasi air yang warnanya berkabut atau keputih-putihan. Namun Anda harus berhati-hati pada saat menggunakan bahan kimia ini, mengingat HCl termasuk air keras. Anda wajib mengenakan masker dan sarung tangan ketika menuangkannya ke kolam renang karena bahan kimia ini bisa menyebabkan kulit Anda melepuh. Segera basuh kulit Anda apabila terkena HCl.

Setelah Anda memberikan kaporit 90% atau kaporit tablet ke dalam kolam renang, Anda perlu menyalakan sistem filtrasi pada kolam tersebut minimal selama 8 jam. Tujuannya yaitu untuk mengaduk air di kolam renang. Harapannya adalah bahan-bahan kimia yang sudah ditaburkan ke kolam renang akan lebih cepat terlarut di dalam air sehingga efeknya pun dapat dirasakan lebih cepat. Seharusnya masalah di kolam renang Anda akan teratasi setelah melakukan tindakan-tindakan di atas. Jadi, selamat mencoba ya!