Memilih Wallpaper Kamar Tidur dengan 5 Tips Ini

Setiap orang tentunya menginginkan kamar tidur yang nyaman. Sebuah kamar tidur yang benar-benar sesuai impiannya selama ini. Lantas berbagai cara pun dilakukan untuk membuat kamar tidur tersebut mempunyai desain yang sesuai keinginannya. Salah satunya yaitu dengan mengaplikasikan wallpaper pada dinding kamar tidur. Wallpaper bisa menjadi alternatif aksen penghias ruangan untuk membuatnya tampak lebih menarik lagi.

Apa sih kelebihannya wallpaper dibandingkan dengan cat tembok? Wallpaper mempunyai keunggulan pada gambar yang dimilikinya. Meskipun kita juga bisa melukis gambar memakai cat, tetapi prosesnya sangat rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Hal ini berbeda dengan wallpaper yang sudah mempunyai gambar sedari awal. Kita tinggal menempelkannya saja ke dinding, maka ruangan pun seketika menjadi indah berkat gambar tersebut.

memilih-wallpaper-kamar-tidur.jpg

Sebenarnya wallpaper bisa diaplikasikan di semua ruang asalkan dindingnya telah memenuhi syarat-syarat untuk dipasangi wallpaper. Begitu pula pada kamar tidur, Anda bisa menerapkan wallpaper di ruangan ini. Wallpaper akan membuat desain kamar tidur Anda satu level lebih menarik daripada pemakaian cat tembok. Tampilan ruangan tersebut akan kian mengesankan. Anda pun berhasil membuat kamar tidur yang diimpi-impikan selama ini.

Biar tidak salah pilih, ikuti panduan memilih wallpaper kamar tidur ala Arafuru di bawah ini.

  1. Tentukan Konsep Terlebih Dahulu

Segala sesuatu itu harus diawali dengan penentuan konsep terlebih dahulu. Buatlah perencanaan konsep yang matang bahwa Anda menginginkan kamar tidur yang seperti apa. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apa sih yang paling Anda sukai di dunia ini? Lalu coba tariklah benang merah desain apa yang menggambarkan kesukaan Anda tersebut. Contohnya Anda yang senang mendaki gunung pasti suka desain natural.

  1. Pertahankan Ketenangan Ruangan

Kamar tidur harus mempunyai suasana yang tenang dan menenangkan. Tidak masalah jika Anda menggunakan kamar tidur untuk kegunaan lainnya. Tapi ingat bahwa fungsi utama ruangan ini adalah tempat untuk tidur. Jadi Anda wajib menonjolkan suasana yang tenang dari kamar tidur. Caranya lewat pemilihan wallpaper yang elegan, warna-warni yang kalem, serta memiliki motif yang tidak terlalu ramai.

  1. Sadari Ukuran Ruangan

Berkreasi dengan bebas itu bagus. Namun kadang-kadang kita harus tetap memakai aturan-aturan yang telah berlaku agar desain yang dibuat tetap nyaman dihuni. Anda perlu mengetahui ukuran kamar tidur milik Anda termasuk luas atau sempit. Ruangan yang luas suasananya bisa dibuat lebih mendalam dengan pemilihan warna-warni gelap. Sebaliknya untuk kamar yang sempit, Anda harus memakai warna yang cerah.

  1. Pilih Penempatan Wallpaper

Sekali lagi Anda bebas memasang wallpaper di dinding kamar tidur sebelah mana. Mau keempat dinding sekaligus atau salah satu dinding pun boleh. Semuanya bekerja bagus untuk kamar tidur. Khusus untuk kamar tidur anak remaja, kami sarankan pasanglah wallpaper di dinding belakang headboard tempat tidur, lalu ketiga dinding lainnya bisa diwarnai dengan cat tembok. Trik ini akan menonjolkan kesan kreativitas Anda.

  1. Tunjukkan Warna Anda

Setiap individu mempunyai warna kesukaan masing-masing. Percaya atau tidak, warna favorit tersebut ternyata dapat mencerminkan sifat dan karakteristik dirinya. Warna biru menunjukkan kebebasan, hijau semangat mencoba hal-hal baru, jingga selalu ceria, dan cokelat menggambarkan ketenangan. Sebisa mungkin pilihlah wallpaper dengan dominasi warna favorit Anda. Sehingga Anda merasa nyaman dan orang lain pun bisa lebih mengetahui siapa Anda sebenarnya.