Memilih Wallpaper Dinding itu Gampang Banget kok!

Tak sedikit para pembaca setia Arafuru yang mengaku masih bingung dalam memilih wallpaper dinding. Terutama jika interior yang akan dipasangi wallpaper memiliki kondisi yang berbeda dari biasanya. Kenyataannya memang kita lebih sering bertemu dengan dinding yang kurang ideal dipasangi wallpaper daripada dinding yang memenuhi syarat. Di sinilah tugas kita harus memainkan imajinasi lebih mendalam untuk memilih wallpaper yang paling tepat.

Kenyataannya memilih wallpaper tidak hanya memilih warna dan motif belaka. Ada banyak sekali faktor lain yang harus dipehatikan supaya pilihan kita bisa pas. Misalnya seperti kondisi ruangan, ukuran, ketinggian, pencahayaan, dan sebagainya. Faktor-faktor ini harus Anda pertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai wallpaper yang semula terlihat bagus di toko, tapi tidak tampak menarik setelah Anda memasangnya di dalam rumah.

tips-memilih-wallpaper.jpg

Pemilihan wallpaper memang membutuhkan trik tersendiri. Di satu sisi fungsi utama wallpaper memang untuk memperindah tampilan desain rumah. Tapi di sisi lain, wallpaper dinding akan menyebabkan ruangan terlihat tidak karuan jika kita salah memilihnya. Misalnya bila Anda memasang wallpaper yang terlalu ramai di ruangan sempit, maka suasana di dalamnya pun menjadi tidak nyaman. Inilah tugas utama kita dalam memilih wallpaper yang tepat.

Ruang yang Ukurannya Tidak Terlalu Besar

Jika Anda mempunyai ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar, fokuslah untuk mencari wallpaper yang mampu menciptakan kesan luas pada ruangan tersebut. Wallpaper dengan warna cerah menjadi pilihan utamanya. Pilih wallpaper yang memiliki corak dengan warna yang terang sehingga ruangan berkesan lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Hindari warna-warni yang gelap sebab bisa membuat suasana ruangan semakin terasa sempit.

Ruang yang Memiliki Ukuran Cukup Luas

Jangan salah sangka. Memilih wallpaper untuk ruang yang luas pun membutuhkan trik khusus. Anda tidak bisa asal memilih wallpaper. Sebab ruangan luas yang dihiasi wallpaper tidak sesuai maka suasanya menjadi hampa. Lebih baik kita menciptakan suasana yang hangat di ruangan ini agar semua elemen di dalamnya bisa menyatu secara harmonis. Di sini kami justru lebih menyarankan penggunaan warna-warni yang gelap seperti cokelat dan biru tua.

Dinding yang Berukuran Cukup Lebar

Kadang-kadang kita dihadapkan dengan ruangan yang memiliki bentuk persegi panjang dengan perbandingan antara panjang dan lebarnya cukup besar. Ruangan ini berbentuk memanjang. Ada dua sisi dinding yang sangat panjang, sedangkan dua sisi dinding lainnya pendek. Di sini kita harus mempunyai trik khusus untuk menyatukan keempat sisi dinding tersebut. Caranya gunakan wallpaper berwarna gelap di sisi dinding yang panjang dan wallpaper berwarna cerah di sisi dinding yang pendek.

Ruangan Sempit dengan Plafon Tinggi

Ruangan yang berukuran kecil memang sebaiknya dibangun dengan plafon yang berukuran cukup tinggi. Hal ini berguna untuk menghadirkan kesan luas di dalam ruangan tersebut. Anda bisa bermain dengan wallpaper yang memiliki motif garis-garis horizontal untuk ruangan ini. Pilihlah garis-garis yang warnanya terang, namun tetap nyaman dipandang mata. Adanya garis-garis ini dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih panjang dari ukuran sebenarnya.

Ruangan yang Memiliki Plafon Rendah

Plafon dikatakan rendah apabila ketinggiannya kurang dari 3 meter dari permukaan lantai. Ini akan membuat kondisi di dalam ruangan menjadi lebih hangat, tetapi di sisi lain menyebabkan kesan ruangan tersebut sesak dan sempit. Anda bisa mengatasi kesan yang buruk ini dengan memasang wallpaper di dinding. Pilihlah wallpaper dengan motif garis-garis vertikal supaya ruangan terkesan lebih tinggi. Jangan lupa gunakan warna yang cerah untuk ruangan ini.