Membuat Wallpaper Dinding dengan Motif Suka-suka

Wallpaper merupakan kertas penghias yang bisa dipasang di dinding. Wallpaper akan melapisi permukaan dinding dan membuat penampilannya semakin menarik. Pemasangannya sangat mudah karena Anda hanya perlu menempelkan saja menggunakan lem. Adanya wallpaper akan membuat desain ruangan menjadi lebih menarik ketimbang cat dinding. Hal ini tidak terlepas dari motif dan corak yang dimiliki oleh wallpaper.

Rumah-rumah di Indonesia biasanya menggunakan cat untuk menghiasi permukaan dinding. Cat dianggap sebagai pilihan yang tepat untuk membuat dinding menjadi lebih berwarna. Anda cukup menguaskan cat ke permukaan dinding secara merata. Maka hasilnya adalah ruangan tersebut akan menjadi lebih hidup dengan suasana seperti apa yang kita inginkan. Sayangnya sulit bagi kita untuk membuat suatu gambar memakai cat.

cara-membuat-wallpaper-dinding.jpg

Solusi yang paling mudah untuk menghadirkan gambar berupa motif/corak tertentu di dinding yaitu menggunakan wallpaper. Wallpaper akan menciptakan desain rumah yang lebih menarik daripada cat berkat gambar yang dimilikinya. Kesan monoton pada ruangan seketika hilang dengan penerapan wallpaper pada permukaan dinding. Anda bisa membuat dinding ruangan menjadi lebih hidup sesuai keinginan dan kreativitas Anda.

Tidak sulit untuk menemukan produk wallpaper saat ini. Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan atau toko perlengkapan rumah terdekat. Jika Anda masih belum menemukannya, silakan beli saja secara online. Ada banyak pilihan motif dan corak wallpaper yang tersedia. Anda bisa memilih wallpaper mana yang paling sesuai dengan konsep ruangan yang hendak dibangun. Dijamin Anda tidak bakal mengalami kesulitan.

Jika Anda masih merasa kurang puas terhadap pilihan motif dan corak wallpaper yang tersedia di pasaran, silakan Anda buat sendiri saja wallpaper yang mempunyai gambar sesuai dengan keinginan Anda. Cara pembuatannya gampang banget. Di sini kita akan menggunakan teknik digital printing untuk membuat wallpaper dinding yang mempunyai gambar suka-suka sesuai keinginan pribadi. Berikut ini panduannya untuk Anda!

  1. Tentukan terlebih dahulu desain seperti apa yang ingin Anda ciptakan pada ruangan. Anda harus yakin betul bahwa desain tersebut memang bagus, tepat, dan cocok jika diaplikasikan pada ruangan yang ingin didekorasi. Gunakan desain ini sebagai konsep awal pembuatan wallpaper. Dengan begini, maka Anda bakal lebih mudah dalam menentukan tema wallpaper yang akan dibuat.
  2. Cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran bidang dinding yang hendak dipasangi menggunakan wallpaper. Anda bisa menggunakan meteran untuk mengukur bidang dinding tersebut. Pastikan Anda mengukurnya dengan ukuran yang setepat mungkin. Kalau bisa, gunakan satuan mm (milimeter) supaya hasil pengukurannya lebih akurat. Hal ini akan mempermudah pembuatan desain wallpaper nantinya.
  3. Jika Anda percaya diri dengan kemampuan sendiri dalam membuat desain grafis, silakan Anda bisa mendesain wallpaper tersebut menggunakan software pengolah grafis yang tepat seperti Adobe Photoshop atau Corell Draw. Namun bila Anda kurang percaya diri, silakan cari saja desainnya lewat internet. Di sini Anda juga bisa memakai foto hasil jepretan kamera dengan memberi beberapa editting sebelumnya.
  4. Carilah perusahaan digital printing yang bisa mencetak wallpaper dinding. Anda bisa mencari terlebih dulu di sekitar tempat tinggal Anda. Biasanya perusahaan percetakan juga menyediakan layanan ini. Pilihlah perusahaan yang mempunyai kredibilitas tinggi serta terkenal dengan kualitas kerjanya yang bagus. Kalau Anda tidak menemukannya, silakan gunakan penyedia jasa percetakan online.
  5. Mintalah kepada perusahaan digital printing tersebut untuk menggunakan bahan wallpaper yang mempunyai kualitas terbaik. Meskipun harganya lebih mahal daripada bahan yang berkualitas standar, tetapi usia pakainya yang lebih lama membuat harga wallpaper tersebut justru lebih hemat. Kami sarankan juga pilih bahan yang berwarna putih polos serta tinta yang kualitasnya terbaik agar hasil cetakan menjadi maksimal.
  6. Diskusikan harga yang dibutuhkan untuk mencetak wallpaper menggunakan digital printing sesuai dengan desain Anda. Silakan Anda bertanya baik-baik tentang harga yang ditawarkan oleh penjual. Lantas penjual akan menghitung harganya dengan mempertimbangkan bahan-bahan baku yang dipakai. Jangan sungkan untuk melakukan nego terhadap harga yang disebutkan oleh penjual.