Membuat Rumah Bebas Cicak dengan 7 Trik Ampuh Ini

Acap kali kita merasa terganggu dengan cicak yang ikut tinggal di rumah. Cicak-cicak tersebut sepertinya juga merasa nyaman berada di dalam rumah Anda. Bagaimana mereka tidak betah tinggal di rumah Anda yang memang memiliki desain yang menarik, suasananya menenangkan, dan terlindung dari berbagai marabahaya? Terlebih di dalam rumah Anda juga tersedia begitu banyak bahan makanan yang lezat bagi cicak.

Di satu sisi keberadaan cicak-cicak ini juga berguna untuk menekan populasi nyamuk di dalam rumah. Tanpa diperintahkan, para cicak tersebut dengan suka rela menangkapi nyamuk. Sebab memang nyamuk merupakan makanan yang enak bagi cicak. Namun sayangnya cicak-cicak ini juga turut mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga tinggal di rumah. Anda merasa begitu risih, jijik, dan terganggu dengan cicak-cicak tersebut.

Bagaimana cicak-cicak tersebut tidak mengganggu Anda? Binatang merayap ini senang sekali berada di dapur. Tidak berbeda jauh dengan tikus, cicak juga suka mencuri makanan. Berbagai makanan yang Anda letakkan di meja dapur digondol oleh binatang ini. Ukuran tubuhnya yang kecil dan langsing memungkinkannya dapat melalui tudung saji. Akhirnya makanan Anda pun berhasil dimakannya dan sebagian lagi dibawa ke sarangnya.

agar-rumah-bebas-cicak.jpg

Tentu saja kondisi makanan yang telah dijangkau cicak tersebut menjadi tercemar. Sebaiknya Anda tidak memakannya sebab ada begitu banyak kuman dan bakteri yang sudah mencemari makanan tersebut. Faktanya adalah terdapat begitu banyak bakteri Escherichia Colli di tubuh cicak. Bakteri ini diketahui dapat menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan. Segera lakukan tindakan pengendalian untuk mengusir cicak dari rumah tinggal Anda!

Manfaatkan Bawang Putih

Tanpa Anda ketahui, ternyata cicak sangat membenci aroma bawang putih. Aroma dari bumbu penyedap ini justru membuat cicak tidak mau mendekati tempat tersebut. Entah memang tak suka atau karena faktor yang lainnya, tapi cicak selalu menjauhi tempat penyimpanan bawang putih di dapur. Nah, Anda bisa memanfaatkan kebencian cicak tersebut untuk mengusirnya. Anda cukup menebarkan umbi bawang putih yang telah dikupas di beberapa sudut ruangan.

Tebarkan Cangkang Telur

Percaya atau tidak Anda bisa menggunakan cangkang telur untuk mengusir cicak dari rumah. Bagaimana bisa? Ternyata cicak kerap mengira kalau cangkang telur merupakan kepala ular yang sedang bersembunyi dan mengintainya. Apalagi jika posisi cangkang ini menelungkup ke bawah, dijamin deh cicak bakal langsung lari terbirit-birit. Oleh sebab itulah, cicak sama sekali tidak mau mendekati tempat yang ada cangkang telurnya. Sepertinya dia takut kena makan!

Gunakan Kapur Barus

Biasanya kapur barus digunakan untuk mengusir serangga dari dalam lemari pakaian. Kalau Anda membiarkan serangga seperti kecoa, ngengat, atau semut membuat sarangnya di dalam lemari pakaian, bisa-bisa pakaian Anda akan rusak dan habis dimakan serangga tersebut. Selain digunakan untuk membasmi serangga perusak pakaian, kapur barus juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Tinggal letakkan saja kapur barus ini di tempat-tempat yang sering kali dilalui oleh cicak. Namun jangan meletakkannya di dekat makanan atau minuman ya!

Buatlah Ramuan Alami

Kalau Anda mempunyai waktu luang yang cukup banyak, manfaatkanlah waktu luang tersebut untuk berburu cicak. Yap, Anda bisa memburu cicak untuk mengurangi populasinya di rumah. Alat yang digunakan untuk membunuh cicak yaitu semprotan yang berisi air campuran merica, tembakau, dan cabai rawit. Ketika Anda melihat ada cicak yang merayap di dinding, segeralah semprotkan cairan ini tepat ke arah tubuh cicak. Niscaya cicak pun akan mati.

Pakailah Racun Nyamuk

Apabila Anda tidak mau ribet membuat ramuan alami untuk mematikan cicak terlebih dahulu, Anda bisa menyemprotkan obat anti-nyamuk. Walaupun namanya racun untuk membunuh nyamuk, tetapi produk ini juga efektif untuk mematikan cicak loh. Jika Anda tak percaya, coba buktikan langsung saja. Gunakan racun nyamuk untuk menyemprot cicak di dinding. Tak butuh waktu lama, cicak-cicak tadi pun bakal mati seketika.

Pasang Jebakan Lem

Jikalau Anda merasa tidak tega membunuh cicak-cicak di dinding, Anda dapat memakai solusi alternatif untuk mengurangi populasi binatang ini. Kini sudah tersedia jebakan khusus untuk cicak berbahan dasar lem. Dengan lem ini, Anda bisa menjebak cicak supaya tetap melekat di atas permukaan dinding dan tidak bergerak ke mana-mana. Jebakan ini juga bisa menangkap kecoa yang merayap di atasnya. Cicak yang sudah berhasil dijebak lantas bisa Anda buang ke tempat yang jauh dari rumah.

Kurangi Populasi Nyamuk

Rumah yang banyak nyamuknya dapat dipastikan kalau di dalamnya juga banyak terdapat cicak. Antara cicak dan nyamuk memang tak bisa dipisahkan sebab nyamuk merupakan pakan alami cicak. Tanpa mencuri makanan di dapur pun sebenarnya cicak tetap mampu bertahan hidup dengan mengonsumsi nyamuk-nyamuk ini. Jadi agar rumah Anda bebas dari nyamuk, maka mau tidak mau Anda pun harus melakukan perlawanan terhadap nyamuk. Pastikan rumah Anda tidak ada nyamuknya.