Kiat-kiat Pasang Wallpaper Dinding di Dapur

Dapur Anda menjadi tempat untuk memasak makanan dan minuman yang bakal dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga di rumah. Maka dari itu, dapur menjadi salah satu ruangan yang paling mudah kotor setelah kamar mandi. Berbagai bahan makanan mentah diolah sedemikian rupa di sini. Ada sayur-mayur, daging, buah-buahan, ikan, bumbu-bumbu, dan sebagainya. Di dapur inilah awal kehidupan di rumah tercipta.

Anda tentu menginginkan sebuah tempat memasak yang nyaman, kan? Aktivitas memasak pasti akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan di tempat yang tidak hanya bersih, tetapi juga indah. Anda bisa membuat dapur yang menarik dengan menata desain dan dekorasinya. Berbagai cara dapat dikerjakan untuk menciptakan dapur yang menarik. Salah satunya yaitu memasang wallpaper di dinding-dindingnya.

kiat-pasang-wallpaper-dapur.jpg

Sebenarnya kami tidak merekomendasikan pemasangan wallpaper di dapur. Mengapa? Hal ini dikarenakan dapur itu mudah sekali kotor. Tingkat kelembaban udara di sini juga cenderung tinggi. Akibatnya wallpaper yang telah Anda pasang bisa cepat mengalami kerusakan. Sayang banget kan kalau wallpaper yang sudah susah payah Anda pasang malah cepat rusak? Namun selama Anda bisa merawatnya, tidak masalah memasang wallpaper di dapur.

Ada beberapa kiat untuk membuat wallpaper di dapur kelihatan semakin menarik, antara lain :

Kiat 1. Pilih Wallpaper dengan Pelapis Anti-Minyak

Mulailah dari awal dengan memilih wallpaper yang memang diperuntukkan bagi ruang dapur. Anda sebaiknya menggunakan wallpaper yang memiliki lapisan anti-minyak di bagian terluar permukaannya. Lapisan ini akan melindungi warna dan corak wallpaper sehingga tidak mudah rusak. Lapisan warna tersebut menjadi terlindungi. Walaupun ada minyak atau noda lain yang mengotori permukaan wallpaper, Anda dengan mudah dapat menghapusnya.

Kiat 2. Ciptakan Tema Tersendiri di Dapur

Anda sebaiknya menentukan tema yang ingin diciptakan di dalam dapur. Maksudnya adalah Anda ingin ruang memasak yang seperti apa dan bagaimana. Tentukan konsep tersebut secara matang. Perkuat kesannya dengan menggunakan warna-warni yang tegas pada wallpaper, sedangkan untuk peralatan memasak bisa memakai warna-warni yang lebih lembut. Hal ini akan membuat wallpaper tampil lebih menonjol dan memancarkan kesan yang kuat.

Kiat 3. Buat Sebuah Titik Fokus yang Menarik

Dapur harus mempunyai titik fokus. Anda bisa memanfaatkan wallpaper sebagai titik fokus yang menarik. Caranya dengan memasang wallpaper di salah satu sisi dinding ruangan dan membiarkan ketiga sisi dinding lainnya tetap diwarnai memakai cat. Hal ini akan menonjolkan keberadaan wallpaper sehingga tampak jauh lebih menarik. Aturannya adalah pilih wallpaper yang memiliki warna yang harmonis dengan cat, tetapi tidak harus sama.

Kiat 4. Dapur dengan Motif yang Seragam

Sekali lagi kami ingatkan bahwa seragam itu tidak harus sama. Soal motif, Anda sebaiknya memilih wallpaper dengan motif/corak yang sesuai dengan motif-motif yang muncul di dapur. Misalnya saja jika Anda sering menggunakan piring antik, aplikasikan wallpaper bergaya klasik ke dalam ruangan. Keberadaan wallpaper tersebut akan semakin memperkuat kesan yang sudah ditampilkan sehingga konsep dapur secara keseluruhan akan terasa.

Kiat 5. Pasang di Belakang Rak Piring

Kalau Anda bingung mau menempatkan wallpaper di sisi dinding bagian mana, kami sarankan pasang saja di dinding belakang rak piring. Rak piring merupakan perabotan yang amat penting keberadaannya di dalam dapur. Dengan kata lain, rak piring juga otomatis menjadi focal point ruangan. Anda dapat memaksimalkannya dengan memasang wallpaper tepat di belakangnya. Kini tampilan rak dinding pun langsung berubah menjadi lebih menarik.