Jurus Jitu, Cara Memperbaiki Sambungan Wallpaper

Ada kalanya wallpaper yang sudah dipasang dengan bersusah payah pada permukaan dinding menjadi rusak dengan mudahnya. Tentu Anda merasa kesal bukan main. Padahal Anda merasa yakin sudah melakukannya dengan benar sesuai petunjuk dari kami. Tapi mengapa wallpaper tersebut bisa cepat rusak? Anda pun bertanya-tanya sendiri apakah kiranya penyebab dari masalah ini. Apakah wallpaper, dinding, atau caranya yang masih keliru? Lantas, bagaimana pula cara memperbaikinya?

Tenang saja. Anda tak perlu terlalu risau sebab faktanya ada banyak orang yang menghadapi masalah seperti Anda, di mana wallpaper yang baru dipasang tiba-tiba terkelupas sendiri. Hal ini biasanya terjadi di bagian sambungan wallpaper tersebut. Penampilan wallpaper menjadi kurang menarik karena sambungannya terkelupas dan mengeriting. Salah satu penyebabnya yaitu pemakaian lem yang terlalu banyak sehingga meluber di bagian sambungan saat kertas pelapis dipasang.

cara-memperbaiki-wallpaper.jpg

Jika dibandingkan antara wallpaper dan wallsticker, maka wallsticker lebih rentan mengalami masalah ini. Hal ini biasanya dipicu oleh kurang bagusnya kualitas bahan lem yang digunakan sebagai lapisan perekat. Boleh jadi bahan lem tadi mempunyai kekuatan perekatan yang cukup lemah. Sehingga dengan pemasangan sebagus apapun, hasilnya pasti bagian sambungan wallpaper ini akan mudah robek dan terkelupas sendiri. Anda harus memperbaikinya supaya penampilan wallpaper kembali memesona.

Di bawah ini langkah-langkah memperbaiki sambungan wallpaper yang benar!

  1. Bersihkan permukaan dinding di balik bagian sambungan wallpaper yang terkelupas. Anda perlu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Silakan pakai busa atau kuas bulu yang kering untuk menyapunya.
  2. Oleskan lem perekat menggunakan kuas berukuran kecil. Banyaknya lem yang perlu diaplikasikan dapat disesuaikan dengan bagian wallpaper yang terkelupas. Jika hanya di sambungannya saja, oleskan lem ini setebal 1 cm.
  3. Kini waktunya untuk menempelkan kembali wallpaper yang sebelumnya terkelupas. Anda bisa melakukannya dengan hati-hati. Tekan secara perlahan-lahan, lalu tekan dan gosok wallpaper tersebut agar rapi.
  4. Anda bisa menggunakan bantuan spons untuk menekan wallpaper yang akan ditempel supaya hasilnya lebih rapi. Spons ini akan meratakan semua bagian wallpaper serta menyerap sisa lem perekat yang mungkin meluber.
  5. Anda perlu membersihkan ulang sisa lem yang mungkin masih ada memakai kain lap. Setelah itu tempelkan selotip di bagian ujung wallpaper dan biarkan selama 2 x 24 jam. Ini akan membantu memegangi wallpaper sampai lem mengering.

Yap, memang mudah sekali kan? Jadi silakan mencoba sendiri!