Jurus Ampuh : Cara Menambal Atap Spandek yang Bocor

Perlu Anda ketahui, atap spandek adalah atap yang terbuat dari campuran aluminium, zincalume, dan silicone. Atap ini mempunyai karakteristik yaitu strukturnya sangat kuat dan kokoh, bersifat anti-karat, dan memiliki tingkat fleksibilitas yang baik. Dengan sifat-sifatnya tersebut, atap spandek banyak dipakai pada berbagai bangunan seperti ruko, gudang, mall, pabrik, pertokoan, dan lain-lain. Anda juga mungkin termasuk yang menggunakan atap spandek ini?

Sebenarnya sih atap logam yang berbentuk lembaran seperti halnya atap spandek ini paling tidak mudah mengalami kebocoran. Ketika menggunakan atap spandek, Anda bakal lebih aman dan nyaman karena atap ini tidak gampang bocor. Tapi bukan berarti atap spandek ini 100% bebas bocor serta tak mungkin mengalami kebocoran ya. Sebab pada kenyataannya, atap ini pun dapat mengalami kebocoran sehingga Anda sekeluarga pun merasa terganggu dengan kebocoran ini.

cara-menambal-atap-spandek.jpg

Faktor-faktor yang menyebabkan atap spandek menjadi bocor antara lain :

  1. Tata cara pemasangan yang salah
  2. Pengaturan kemiringan yang keliru
  3. Struktur atap spandek berlubang
  4. Pengaturan arah atap yang salah
  5. Terdapat bagian atap yang penyok
  6. Pertemuan antar-atap tidak tepat
  7. Celah di pertemuan atap dan dinding
  8. Kotoran yang menghambat aliran air

Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi atap spandek yang bocor. Contohnya pada kasus kesalahan dalam pemasangannya, Anda perlu membongkar atap tersebut secara menyeluruh lalu memasangnya kembali dengan benar. Begitu pula kalau aliran air di atas permukaan atap spandek tidak lancar, Anda harus membersihkannya. Saat membersihkan atap ini, Anda juga mesti memeriksa kondisi atap apakah ada lubang yang terbentuk atau tidak.

Atap spandek yang berlubang, robek, atau bolong masih bisa diperbaiki dengan menambalnya memakai bahan penambal khusus. Anda bisa menggunakan lakban khusus yang bisa digunakan untuk menambal lubang pada atap logam seperti atap spandek ini. Jika tertarik, Anda dapat memperoleh lakbang untuk atap spandek ini di www.alatperabotan.com dengan harga yang sangat terjangkau. Cara menggunakan lakban penambal ini mudah sekali kok. Silakan ikuti panduan di bawah ini ya!

menambal-atap-spandek-yang-bocor.jpg

Alat dan Bahan :

  • Lakban seng
  • Gunting
  • Kuas
  • Kain lap
  • Tangga
  • Spidol
  • Busa

Langkah Kerja :

  1. Sebaiknya Anda meminta tolong seseorang untuk membantu menyelesaikan pekerjaan ini agar prosesnya dapat berjalan lebih mudah.
  2. Silakan Anda bisa naik ke atas atap spandek, sementara rekan Anda tetap berada di bawah. Atau boleh sebaliknya.
  3. Kita cari terlebih dahulu titik-titik kebocorannya. Sebab titik ini menandakan jika bagian tersebut memang berlubang.
  4. Cara mencari titik kebocoran pada atap spandek yaitu mengamati ada tidaknya pancaran sinar matahari yang bisa menembusnya.
  5. Setelah ditemukan adanya titik kebocoran ini, segera tandai lokasi tersebut, baik di bagian atas maupun bawah atap spandek.
  6. Sebelum melakukan penambalan, Anda perlu membersihkan permukaannya terlebih dahulu sampai tidak ada kotoran.
  7. Jikalau perlu, Anda bisa mengelap permukaan atap spandek tersebut menggunakan kain yang bersih sampai kering.
  8. Kini waktunya untuk memasang lakban. Potonglah lakban seng ini sesuai dengan ukuran lubang dengan melebihkan sedikit.
  9. Lantas pasanglah potongan lakban seng tadi tepat di atas area atap spandek yang berlubang. Kerjakan dengan teliti.
  10. Anda perlu menekan potongan lakban ini memakai busa agar menempel dengan kuat. Lanjutkan dengan memasang lakban di sisi baliknya.

Selamat mengerjakan!