Cukup Ikuti 7 Tips Ini agar Rumah Anda Anti-Maling

Anda sudah bekerja keras dari pagi, siang, hingga malam hari demi mewujudkan impian untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia. Jadi sah-sah saja bila kemudian Anda membangun sebuah rumah yang mewah dari tabungan yang sudah susah payah Anda kumpulkan. Tidak berhenti sampai di situ, Anda pun kemudian membeli beberapa furniture, aksesori, ornamen, perangkat elektronik, serta kendaraan bermotor untuk mendukung kenyamanan tinggal di rumah tersebut.

Namun Anda tetap harus berhati-hati terhadap kondisi lingkungan di sekitar rumah. Ingat, tidak semua orang itu mempunyai sifat yang baik. Di luar sana komplotan maling terus mengintai kapan Anda sekeluarga dalam kondisi yang lengah sehingga mereka bisa melakukan aksi jahatnya dengan mulus. Sebelum kejadian buruk tersebut menimpa rumah Anda, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan secara dini dengan meningkatkan sistem keamanan di rumah.

agar-rumah-anti-maling.jpg

Bangunlah Pagar Mengelilingi Rumah

Kalau Anda ingin rumah bebas dari maling, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membangun pagar yang mengelilingi rumah. Pagar ini tak ubahnya sebagai benteng yang melindungi rumah Anda dari gangguan-gangguan luar. Pagar harus dibangun dengan beton agar kokoh. Untuk mengurangi kesan kakunya, Anda bisa memadukan beton dengan tanaman, kayu, bambu, baja, atau batu alam. Dirikanlah pagar dengan tinggi 1,5-2 m. Anda bisa menaruh pecahan kaca atau kawat berduri di bagian paling atas pagar.

Pasanglah Kamera CCTV dengan Jelas

Untungnya sekarang zaman sudah sangat canggih. Meskipun berada di luar, Anda bisa tetap memantau kondisi rumah melalui kamera CCTV yang telah dipasang. CCTV terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan keamanan rumah. Maling juga biasanya enggan menyasar rumah yang dilengkapi dengan CCTV karena pasti aksinya akan terekam. Oleh sebab itu, Anda harus memasang kamera ini bukan secara tersembunyi, tetapi keberadaannya harus jelas. Pasanglah kamera ini di beberapa titik sekaligus. Pastikan keberadaannya aman dan sulit dijangkau. Pilihlah kamera yang mampu merekam video dengan hasil yang jernih.

Lengkapi Semua Jendela dengan Teralis

Jalur masuk yang paling banyak dipakai oleh maling untuk memasuki rumah yaitu jendela. Biasanya maling akan mencongkel kunci jendela tersebut, memecah kaca jendela, atau bahkan melepaskan engsel supaya jendela bisa dicopot. Ini merupakan pekerjaan yang sangat mudah bagi maling karena mereka sudah berlatih terlebih dahulu. Namun Anda tetap bisa melindungi rumah meskipun daun jendelanya berhasil dilepaskan oleh maling dengan memasang teralis. Ya, teralis ini berupa jeruji besi yang dipasang secara permanen di jendela. Maling pasti akan kesulitan untuk merusaknya.

Buatlah Kondisi Halaman Senantiasa Terang

Maling pertama kali akan mengincar rumah yang sepi sebagai sasaran utamanya. Apalagi jika halaman rumah tersebut tampak gelap, maling akan semakin tertarik untuk melaksanakan aksi jahatnya. Anda bisa mencegah supaya para maling ini tidak suka dengan rumah Anda dengan membuat kondisi halamannya senantiasa terang. Baik halaman depan, samping, maupun belakang bisa dipasangi lampu yang memadai untuk membuat keadaan di sekitarnya selalu terang. Sebagai trik agar tagihan listrik Anda tetap hemat meskipun semua lampu outdoor terus menyala sepanjang malam, gunakan lampu yang bertenaga sinar matahari.

Pasanglah Alarm di Lokasi yang Strategis

Jangan ragu memanfaatkan alat-alat berteknologi canggih untuk meningkatkan keamanan rumah Anda. Kini sudah banyak tersedia alarm dengan model yang beraneka ragam. Tingkat sensitivitas alarm masa kini juga sudah sangat baik. Anda bisa memasang beberapa alarm di lokasi yang strategis, di mana biasanya dilalui atau dirusak oleh maling ketika menjalankan aksinya. Di antaranya yaitu kunci pintu, kunci jendela, gembok pagar, kunci garasi, pagar bagian belakang, dan kaca jendela. Sediakan pula alarm khusus di kamar tidur yang bisa Anda nyalakan saat berada di dalam kondisi yang berbahaya, di mana suara alarm tersebut hanya terdengar dari luar.

Tetap Bersikap Rendah Hati dan Jangan Pamer

Jangan pernah berusaha menarik perhatian komplotan maling untuk beraksi di rumah Anda. Tanpa disadari, tidak sedikit orang yang senang memarkirkan harta kekayaannya kepada orang lain. Sebisa mungkin hindarilah sikap buruk seperti ini. Anda tidak pernah tahu perangai asli dari orang lain. Jika kabar mengenai harta kekayaan Anda sampai ke telinga para pencuri, maka Anda pasti akan menjadi target operasi mereka berikutnya. Sebaiknya jangan pernah gemamairkan kekayaan diri Anda. Tetaplah bersikap rendah hati dan dermawan dengan rajin bersedekah kepada sesama supaya Allah juga melindungi rumah Anda.

Jangan Teledor dalam Meletakkan Barang-barang Berharga

Masih ingat nasihat Bang Napi? Kejahatan terjadi bukan hanya berasal dari niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. Jadi Anda harus tetap bersikap waspada. Simpanlah barang-barang berharga milik Anda di tempat yang aman. Pastikan Anda segera menutup pintu gerbang setelah memasuki halaman rumah. Mobil dan sepeda motor sebaiknya diparkirkan di garasi, bukan halaman. Percaya atau tidak, seorang maling profesional mampu mencongkel kunci kendaraan dalam kurun waktu kurang dari 1 menit lalu segera membawanya kabur. Jadi memang Anda lah yang harus lebih waspada.