Cukup 3 Langkah untuk Mengecat Pagar Bambu

Bambu kerap dipakai sebagai material bangunan maupun bahan baku untuk membuat kerajinan tangan. Kelebihan bambu yang paling utama yaitu memiliki tingkat elastisitas yang sangat baik. Bambu bersifat lentur sehingga membuatnya tidak mudah patah. Direnggangkan dengan rentang yang cukup jauh saja, bambu tetap mampu bertahan dengan baik. Jika Anda ingin membuat desain rumah yang bergaya alami, Anda bisa menggunakan bambu untuk membuat pagarnya.

Ketika menggunakan pagar bambu, Anda harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat menimpa pagar tersebut. Di antaranya yaitu :

  1. Material bambu mudah menjadi lapuk, terutama kalau tidak dirawat dengan benar. Salah satu tandanya yaitu warna bambu berubah menjadi keabu-abuan.
  2. Serangg-serangga seperti rayap, kumbang bubuk, dan teter juga dapat merusak bambu tersebut dengan menggeroti untuk mendapakan sari pati di dalamnya.
  3. Bambu mempunyai kualitas yang tidak seragam. Daya tahannya berbeda-beda. Sehingga butuh teknik pemilihan yang jitu untuk mendapatkan bambu bermutu tinggi.

tips-mengecat-bambu.jpg

Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan bambu di atas yaitu mengecat permukaannya. Bambu perlu dicat menggunakan produk cat khusus yang dapat melindungi dan memperkuat strukturnya. Pengecatan bambu tidak hanya untuk memperindah penampilannya saja, tetapi juga meningkatkan kekuatan dan daya tahan bambu tersebut. Pemakaian cat yang tepat terbukti dapat meningkatkan usia pakai bambu, termasuk saat digunakan sebagai pagar.

Bagi Anda yang ingin mengecat pagar bambu, berikut ini panduan yang bisa Anda gunakan.

Langkah 1. Membersihkan Pagar Bambu

Biasakan untuk membersihkan terlebih dulu semua bidang yang ingin Anda cat. Anda perlu membuang semua kotoran yang menempel di permukaannya. Sehingga lapisan cat pun dapat menempel sempurna pada permukaan bidang tersebut tanpa terhalangi oleh partikel-partikel kotoran. Caranya yaitu Anda bisa mengelap permukaan pagar bambu tersebut sampai ke celah-celahnya. Apabila ada permukaan yang terasa kasar, Anda perlu mengampelasnya sampai halus. Dengan demikian, lapisan cat tadi pun dapat menempel dengan kuat dan tak mudah mengelupas.

cara-mengecat-bambu.jpg

Langkah 2. Mengaplikasikan Cat Dasar

Sama halnya seperti Anda sedang mengecat pagar stainless steel, sebelum Anda mengaplikasikan cat utama, terlebih dahulu Anda perlu menerapkan cat dasar. Cat dasar ini mempunyai peranan yang sangat penting. Cat dasar akan membantu cat utama melekat dengan kuat serta memunculkan warna asli cat utama sehingga nampak lebih cerah. Gunakan cat dasar khusus untuk material bambu, atau kalau tidak ada juga bisa memakai cat dasar kayu. Terapkan cat dasar ini ke seluruh permukaan pagar bambu secara merata, lalu biarkan minimal selama 24 jam agar mengering sempurna.

Langkah 3. Mulai Melakukan Pengecatan

Kini pekerjaan utama Anda pun dapat dimulai. Anda bisa mengecat pagar bambu memakai cat utama. Tapi sebelumnya, Anda perlu mengencerkan cat tersebut menggunakan bahan pengencer yang sesuai. Untuk cat yang berbasis air, Anda bisa mengencerkannya memakai air bersih. Sedangkan untuk cat yang berbasis minyak, gunakan thinner untuk mengencerkan cat tersebut. Tambahkan bahan pegencer sesuai dengan petunjuk penggunaan cat tersebut. Aduklah sampai tercampur rata.

Tidak ada salahnya mengelap sekali permukaan pagar yang hendak dicat supaya benar-benar bebas dari kotoran. Selanjutnya celupkan ujung kuas ke dalam kaleng cat. Lantas usapkan ke bibir kaleng tersebut untuk meniriskannya. Lakukan proses pengecatan ini dengan membentuk lapisan yang tipis saja. Jangan menerapkannya terlalu tebal karena akan menyebabkan permukaannya bergelombang. Kuaskan cat ini dari mulai bagian pagar yang paling atas ke bawah. Lalu dilanjutkan ke sampingnya.

Jika seluruh permukaan pagar bambu sudah berhasil tertutup lapisan cat tahap pertama secara merata, Anda bisa membiarkannya selama 30-45 menit agar lapisan cat ini mengering dengan sempurna. Setelah itu, Anda dapat mulai melakukan pengecatan kembali untuk tahap kedua. Prosesnya sama saja seperti langkah-langkah di atas. Lakukan pengecatan secara merata dan tipis untuk mendapatkan hasil yang bagus. Dianjurkan melakukan pengecatan sebanyak 3 kali lapisan agar hasilnya maksimal, warna pagar bambu nampak cerah merata serta cat mampu melindunginya dengan optimal.