Cukup 3 Cara untuk Melepaskan Wallpaper Dinding

Sebagian orang memilih untuk menghiasi interior rumahnya menggunakan wallpaper. Kertas dinding terbukti mampu membuat penampilan dinding menjadi lebih menarik dibandingkan penggunaan cat tembok. Adanya corak/motif yang dimiliki oleh wallpaper tersebut secara efektif dapat memperindah tampilan interior. Hasilnya adalah desain interior di dalam rumah Anda menjadi lebih mengesankan jika dihiasi menggunakan wallpaper.

Namanya juga manusia. Kadang-kadang kita akan merasa bosan dengan sesuatu yang dilihat setiap hari. Segala sesuatu yang awalnya tampak menarik, lama-kelamaan akan berkurang pesonanya. Begitu pula dengan wallpaper. Semula Anda memang sudah merasa sangat puas dengan pesona yang dipancarkan oleh wallpaper tersebut. Akan tetapi mengapa di hari-hari selanjutnya wallpaper tadi terlihat sangat membosankan?

cara-melepaskan-wallpaper-dinding.jpg

Lantas, Anda pun berupaya untuk mengganti wallpaper tersebut dengan wallpaper lainnya atau malah Anda akan beralih memakai cat tembok. Tentu Anda tak bisa langsung memasang wallpaper baru begitu saja di atas wallpaper lama. Anda juga tidak boleh mengecat wallpaper menggunakan cat tembok begitu saja. Hasilnya pasti tidak akan bagus. Anda harus melepaskan lapisan wallpaper yang lama terlebih dahulu.

Kali ini kami akan berbagai caranya melepaskan wallpaper dari permukaan dinding. Asalkan dilakukan dengan benar sesuai petunjuk di bawah ini, kami yakin Anda bisa mengerjakannya sendiri.

Langkah 1. Membasahi Wallpaper dengan Air

Musuh utama wallpaper adalah air. Lapisan lem perekatnya akan dengan mudah melemah saat basah terkena air. Oleh sebab itu, Anda harus membasahi wallpaper terlebih dulu dengan air. Semprotkan air di beberapa bagian wallpaper. Kemudian tunggu sejenak agar lapisan lem di baliknya melemah. Anda juga bisa mengusapkan busa yang basah ke permukaan wallpaper untuk mempercepat pengelupasannya. Jika Anda mempunyai mesin uap, silakan gunakan juga untuk mempermudah proses ini.

Langkah 2. Mengikis Menggunakan Kape

Setelah air meresap masuk, seharusnya wallpaper sudah bisa dilepaskan dengan mudah. Di sini Anda bisa menggunakan kape untuk membantu mengikis wallpaper. Kupas lapisan wallpaper ini secara perlahan-lahan dari  atas ke bawah atau kanan ke kiri. Carilah sudut yang menurut Anda paling mudah dikikis pertama kali. Selama proses ini berlangsung, Anda bisa tetap menyemprotkan air ke wallpaper untuk mempermudah pengikisannya. Lakukan secara bertahap dari satu bagian ke bagian lainnya.

Langkah 3. Mencuci dengan Spons

Dinding yang akan dipasangi wallpaper kembali tidak perlu dikikis hingga ke lapisan lemnya. Tapi jika Anda ingin mewarnainya menggunakan cat tembok, permukaan dinding tadi harus benar-benar bersih. Langkah terpenting yang tidak boleh dilupakan yaitu mencuci dinding yang baru saja dibersihkan. Anda wajib mencuci permukaan dinding memakai spons yang basah, lalu membilasnya beberapa kali. Tujuannya untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran yang ada. Hasilnya permukaan dinding menjadi bersih seperti baru.