Solusi
Apr7

Cara Mudah Membuat Jebakan Rayap yang Ampuh

Bagaimana cara membuat jebakan rayap yang ampuh? Rayap selalu menjadi serangga paling mengesalkan di dunia. Bagaimana tidak? Walaupun ukurannya kecil, tetapi rayap merupakan serangga yang sangat rakus, terutama pada kayu. Rayap akan langsung melancarkan serangan manakala melihat kayu di dekatnya. Serangannya terjadi secara masif dan terus-menerus. Hal ini mengakibatkan kayu yang tadinya utuh, kuat, dan kokoh seketika menjadi keropos, rusak parah, dan rapuh setelah diserang oleh gerombolan rayap.

Anda harus waspada terhadap keberadaan rayap di rumah tinggal. Kenali ada tidaknya rayap melalui tanda-tanda yang biasa diperlihatkannya. Contohnya seperti gundukan tanah di kayu, jalur terowongan di dalam kayu, serta laron yang merupakan wujud dewasa dari rayap. Segera lakukan pengendalian ketika Anda melihat rayap, walaupun hanya seekor pun. Mengatasi rayap saat jumlahnya masih sedikit jauh lebih gampang daripada Anda harus membasmi rayap yang telah membentuk koloni yang besar.

cara-membuat-jebakan-rayap.jpg

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan rayap. Jika mau, Anda bisa memanfaatkan organisme berupa jamur yang berjenis entomopatogen seperti Aspergillus sp, Fusarium sp, Myrothesium sp, Beauveria bassiana, dan Metarhizium anisopliae. Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami untuk membasmi rayap. Contohnya antara lain lemon, jeruk nipis, daun sirih, daun pepaya, daun mimba, dan garam. Solusi ampuh lainnya yakni memakai insektisida yang mengandung bahan aktif imidakloprid.

Selain cara-cara di atas, rayap juga dapat diatasi menggunakan jebakan. Benar sekali, kita bisa membuat perangkap yang khusus untuk rayap. Hasilnya terbukti sangat ampuh dalam mengurangi populasi rayap di rumah kita.

Jebakan Kertas Kardus

Mengapa rayap sangat senang menggerogoti kayu sampai tak tersisa? Tujuannya adalah untuk mendapatkan makanannya yang berupa selulosa. Rayap akan selalu memakan kayu-kayu mati termasuk furniture dan perabotan rumah tangga. Serangga ini tidak henti-hentinya menggigit kayu, mengolahnya sedemikian rupa, lalu mencerna selulosa yang terkandung di dalam kayu tersebut. Ternyata bukan hanya kayu utuh saja yang disukai oleh rayap, bahkan hasil olahan kayu seperti kertas, kardus, dan tripleks pun tidak luput dari incarannya.

Ketertarikan rayap terhadap hasil olahan kayu inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk menjebaknya. Kita bisa memanfaatkan kertas dan kardus bekas untuk memindahkan koloni rayap yang semula bersarang di perabotan agar berpindah tempat. Caranya ialah kumpulkan beberapa kertas dan kardus secukupnya, lalu tumpuk menjadi satu. Siramkan air ke tumpukan kertas kardus ini. Setelah itu, letakkan tumpukan kertas kardus basah tersebut di samping perabotan yang diserang rayap. Selang 3-5 hari kemudian semua rayap sudah pindah ke tumpukan kertas kardus. Kini Anda tinggal membuang atau membakarnya saja.

Perangkap Larutan Hexalflumoran

Rayap juga bisa mengalami sakit seperti halnya serangga-serangga lainnya. Kalau kondisinya sudah sakit, rayap akan sulit sembuh dan cenderung akan mati sebab daya tahan tubuhnya sangat lemah. Tugas kita di sini adalah melakukan upaya sedemikian rupa untuk membuat supaya rayap menjadi sakit kemudian menularkan penyakit yang dideritanya ke rayap-rayap yang lain. Pada dasarnya, rayap mempunyai sifat trofalaksis yang membuatnya mudah menyebarkan penyakit ke teman-temannya. Sampai akhirnya semua rayap di koloni tersebut mati tak tersisa.

Di sini kita menggunakan larutan hexalflumoran. Anda bisa membelinya di toko kimia terdekat. Larutan ini akan kita pakai sebagai racun bagi rayap. Teknik yang dipakai ialah pengumpanan menggunakan kertas tisu sebagai umpannya. Ingat, rayap sangat doyan dengan semua kayu dan hasil olahannya. Anda bisa mencelupkan kertas ke dalam larutan hexalflumoran. Lantas taruh kertas tisu ini titik-titik jalur lalu lalang rayap, dekat sarang rayap, atau menanamkannya ke dalam tanah. Rayap yang sudah terkontaminasi larutan hexalflumoran tidak akan langsung mati, melainkan masih bisa hidup beberapa saat dan menyebarkannya ke rayap yang lain.