Cara Mudah Membengkokkan Pipa Besi

Ada banyak sekali kegunaan pipa besi. Biasanya kita menggunakannya untuk membuat tiang, saluran, atau penyangga bangunan. Strukturnya yang kuat dan kokoh memungkinkan pipa besi dapat menjalankan fungsi ini dengan baik. bahkan dengan kreativitas yang tinggi, pipa-pipa besi pun dapat diolah menjadi furniture yang sangat menarik. Anda bisa menciptakan kursi, meja, lemari, atau rak dinding menggunakan pipa besi.

Umumnya pipa besi dijual dalam wujud yaitu batang pipa yang lurus. Anda bisa memotong pipa tersebut menjadi beberapa potongan dengan ukuran yang diinginkan. Di sini Anda dapat memakai gergaji besi atau mesin gerinda. Sedangkan untuk menyambung pipa besi, Anda bisa menggunakan sambungan khusus. Sambungan pipa besi ini tersedia di toko bangunan. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan apakah mau sambungan yang berbentuk I, L, T, atau U.

cara-membengkokkan-pipa-besi.jpg

Tetapi bagaimana kalau kita membutuhkan pipa besi yang bentuknya tidak lurus? Yap, kadang-kadang kita memerlukan pipa besi yang berbentuk melengkung atau bengkok. Pipa besi dengan bentuk seperti ini biasanya kita butuhkan untuk keadaan yang khusus atau membuat kesan tertentu pada objek yang ingin dibuat. Padahal pipa besi yang bengkok atau melengkung tidak diproduksi oleh pabrik. Mau tidak mau kita pun harus membuatnya sendiri.

Sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada 3 faktor yang dapat menghambat proses pembengkokan pada pipa besi, antara lain :

  1. Pipa besi mempunyai sifat yang getas sehingga mudah patah.
  2. Tingkat ketebalan pipa besi biasanya tidak merata di semua bagiannya.
  3. Adanya karat di bagian dalam pipa besi yang tidak terdeteksi.

Berikut ini panduan dari Arafuru tentang proses pembengkokan pipa besi yang bisa Anda kerjakan sendiri. Silakan Anda bisa mencobanya.

Alat dan Bahan :

  • Pipa besi
  • Velg motor
  • Ragum tangan
  • Spidol
  • Meteran

Langkah kerja :

  1. Gunakan meteran untuk mengukur panjang pipa besi. Buat tanda pada pipa besi tersebut memakai spidol tepat di titik yang akan dibengkokkan.
  2. Usahakan pipa besi yang ingin dibengkokkan tetap dibiarkan utuh alias jangan dipotong terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menekuknya.
  3. Jepitlah kedua ujung pipa besi pada velg motor menggunakan ragum tangan. Anda bisa memakai ragum tangan ukuran kecil yang memiliki kapasitas 250 kg.
  4. Tarik kedua ujung pipa besi sedikit demi sedikit untuk mengubah bentuknya. Aturan utamanya yaitu Anda harus membengkokkannya secara perlahan-lahan.
  5. Hati-hati pada saat membengkokkan pipa besi. Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan. angan pernah menekuknya langsung dengan tenaga yang kuat.
  6. Pipa besi yang dipaksa dibengkokkan secara cepat akibatnya pipa tersebut akan memanas dan kandungan udara di dalamnya bakal keluar. Inilah faktor yang menyebabkan pipa besi menjadi kempot atau timbul benjolan.
  7. Pipa besi yang telah berhasil dibengkokkan jangan langsung dipotong. Anda harus memastikan kalau bentuk lengkungannya sudah sesuai terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa memotongnya sesuai ukuran yang dikehendaki.