Cara Menjernihkan Air di Kolam Renang dengan Cepat

Memiliki kolam renang dengan air yang jernih merupakan impian semua orang. Kenyataannya membangun kolam renang tidak terlalu susah. Asalkan Anda mempunyai lahan yang kosong, maka Anda bisa membuat sebuah kolam renang di sana. Namun yang tersulit adalah merawat air di kolam renang supaya tetap jernih. Ini merupakan pekerjaan yang rumit dan memerlukan keseriusan. Anda tidak dapat menyelesaikannya dalam waktu yang seketika saja.

Diperlukan upaya-upaya tertentu untuk membuat air di kolam renang menjadi jernih. Tetapi bagaimana cara melakukannya? Prinsipnya adalah air pasti akan jernih manakala kondisi kolam renangnya bersih. Tidak adanya kotoran di dalamnya menjamin kemurnian air tersebut serta bebas dari kuman dan bakteri. Selain Anda harus membersihkannya secara rutin, kolam renang juga membutuhkan bahan-bahan kimia yang dapat membuat airnya terlihat lebih baik.

cara-menjernihkan-air.jpg

Langkah-langkah di bawah ini dapat dilakukan untuk menjernihkan air di kolam renang dalam waktu yang lebih cepat.

  1. Anda perlu membersihkan kolam renang terlebih dahulu. Sikatlah seluruh permukaan kolam secara merata. Gunakan sabun pembersih lantai untuk membersihkannya dengan total. Jangan lupa untuk menyikat setiap sudutnya ya. Kemudian dilanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih. Pastikan seluruh kotoran di kolam renang tersebut sirna.
  2. Isilah kolam renang memakai air sampai penuh. Anda bisa membeli air isi ulang sesuai kapasitas kolam. Meskipun biayanya cukup mahal, cara ini jauh lebih aman. Jika ingin berhemat, Anda bisa memanfaatkan air tanah yang terdapat di bawah tanah. Pakailah beberapa mesin pompa air sekaligus agar proses pengisian air ke kolam renang dapat berlangsung lebih cepat dan kinerja mesin pun lebih ringan.
  3. Kami tebak warna air yang baru saja diisikan ke kolam renang tadi tidak jernih, kan? Warnanya terlihat keruh akibat adanya partikel-partikel kotoran yang terkandung di dalamnya. Untuk menjernihkannya, Anda bisa memakai kaporit. Taburkan kaporit ke seluruh bagian kolam renang secara acak, lalu nyalakan sistem filter selama minimal 8 jam. Hasilnya air berubah warna menjadi kuning kehijau-hijauan. Hal ini menandakan banyaknya kuman, bakteri, dan lumut yang terbunuh oleh kaporit.
  4. Anda harus membuat kotoran-kotoran yang sudah terpisah dari air mengendap di dasar kolam renang agar mudah disedot memakai vacuum cleaner. Itu sebabnya, Anda membutuhkan soda ash dan tawas. Taburkan soda ke seluruh sudut kolam renang secara acak untuk mengangkat kotoran yang menempel di permukaannya. Sedangkan tawas dipakai untuk mengikat kotoran agar mengendap di dasar kolam.
  5. Partikel-partikel kotoran yang telah mengendap di bagian dasar kolam renang memiliki wujud yang sangat halus. Anda tidak mungkin mengeluarkannya menggunakan jaring. Satu-satunya cara menghilangkan kotoran ini yaitu menyedotnya memakai vacuum cleaner khusus. Lakukan proses pembersihan menggunakan vacuum cleaner ini sampai seluruh partikel kotoran berhasil disedot. Setelah itu, nyalakan lagi sistem filter untuk membantu Anda memastikan tidak ada lagi kotoran di air.
  6. Kini kondisi air di kolam renang pun menjadi bersih. Sebenarnya Anda sudah bisa berenang di dalamnya. Tetapi jika Anda ingin menciptakan kesan kolam renang yang mempunyai air yang jernih, Anda perlu membuatnya warna airnya tampak kebiru-biruan. Di sini Anda membutuhkan terusi untuk mewarnai air supaya kebiru-biruan sehingga tercipta kesan air yang jernih. Taburkan terusi secukupnya, lalu lihat hasilnya dalam waktu 3-4 hari ke depan.
  7. Air di kolam renang Anda sekarang sudah terlihat jernih. Warnanya kebiru-biruan dan tidak ada kotoran di dalamnya. Bahkan alga dan lumut pun sama sekali tidak ada. Jadi sekarang apalagi? Tindakan terakhir yang perlu dilakukan yaitu membuat suhu airnya cenderung dingin sehingga terasa menyegarkan di badan. Anda bisa menyalakan sistem sirkulasi untuk menggerakkan air di kolam renang. Air yang bergerak ke kolam sirkulasi akan membuat suhunya menjadi lebih dingin dan terasa segar.