Cara Mengecat Triplek agar Mengkilap

Kita bisa menggunakan berbagai material untuk membuat perabotan rumah tangga. Kalau budget yang dimiliki terbatas, Anda bisa memilih triplek. Di pasaran harga triplek jauh lebih murah daripada kayu utuh. Bahkan selisih harganya bisa mencapai lebih dari 50 persen. Hal ini bukan berarti triplek merupakan bahan yang murahan. Sebab jika dibuat dengan baik, kualitas produk dari triplek bisa memiliki kualitas yang setara dengan kayu.

Guna mengangkat nilai perabotan dari triplek, Anda bisa mengecat permukaannya. Buatlah lapisan permukaan furniture triplek tersebut mengkilap sehingga terlihat mewah dan mahal. Dibutuhkan trik khusus untuk mengecat triplek supaya hasilnya rapi, halus, dan mengkilap. Permukaan triplek yang tidak rata menjadi kendala utamanya. Sehingga Anda harus meratakan kontur triplek terlebih dahulu menggunakan dempul, lalu mengecatnya.

cara-mengecat-triplek.jpg

Kali ini kita akan belajar mengecat triplek agar menghasilkan permukaan yang mengkilap. Kurang lebih proses yang perlu dikerjakan sebenarnya sama dengan saat Anda mengecat kayu. Anda di sini membutuhkan dempul, skrap, ampelas, cat kayu, kuas, prada emas, dan vernis. Pastikan Anda mengikuti petunjuk langkah-langkah yang kami berikan di bawah ini supaya hasilnya memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Berikut ini tata cara mengecat triplek supaya permukaannya mengkilap!

  1. Mulailah dengan melakukan proses pengampelasan awal menggunakan kertas ampelas yang kasar. Tujuan proses ini yaitu menghilangkan guratan-guratan kasar bekas gergajian, sambungan lem, atau paku pada permukaan triplek.
  2. Lakukan pendempulan tahap awal. Sebelumnya dempul perlu dicampur dengan bahan kalsium atau lem kayu. Kalau mau yang lebih praktis, Anda bisa memakai dempul khusus triplek yang sudah siap pakai.
  3. Setelah Anda berhasil mengaplikasikan pada semua permukaan triplek yang kasar, selanjutnya mengampelas sekali lagi menggunakan ampelas kasar sehingga bagian yang konturnya masih kasar akan terlihat cekung.
  4. Pendempulan dilakukan lagi setelah proses pengampelasan tahap kedua. Namun kali ini dempul hanya diaplikasikan di bagian-bagian triplek yang konturnya belum halus. Carilah bagian yang masih perlu diratakan lagi memakai dempul.
  5. Proses terus berlanjut dengan melakukan pengampelasan tahap ketiga. Anda bisa menggunakan ampelas yang teksturnya tidak terlalu kasar sehingga menghasilkan permukaan triplek yang lebih halus.
  6. Pengampelasan tahap akhir dapat dilaksanakan setelah Anda yakin seluruh permukaan triplek sudah cukup rata. Pengampelasan pada tahap ini ditujukan untuk membuat permukaan yang rata dan halus. Anda bisa menggunakan ampelas halus untuk digosokkan ke seluruh bagian.
  7. Siapkan cat dasar. Campur dengan thinner secukupnya. Lalu kuaskan cat ini ke semua bagian triplek secara merata. Sebaiknya Anda mengecat dengan lapisan yang tipis saja. Buatlah 2-3 lapisan cat sehingga warna asli cat bakal keluar.
  8. Pengampelasan dilakukan sekali lagi memakai ampelas yang sangat halus. Gosokkan kertas ampelas ini ke permukaan triplek secara merata. Hal ini dikerjakan untuk membuat kontur lapisan cat di atas triplek benar-benar rata.
  9. Lapisi permukaan triplek menggunakan bahan adhesive berupa lem perekat. Lem ini kita gunakan untuk keperluan menempelkan prada emas. Proses penempelan adhesive paling baik dikerjakan pada malam hari di ruangan yang teduh.
  10. Tarilah gulungan prada emas. Lalu potong dan tempelkan ke bagian-bagian yang Anda inginkan. Kemudian gosok dan tekan permukaan prada emas memakai kain supaya menempel kuat. Lanjutkan dengan menggosok dan menekannya lagi menggunakan kayu yang dibungkus kain.
  11. Anda mungkin perlu meratakan hasil tempelan prada emas. Caranya yaitu carilah bagian yang belum terkena prada emas. Setelah ketemu, oleskan bahan adhesive di area tersebut. Tunggu sebentar agar lapisan lem ini mengering, kemudian Anda bisa menempelkan prada emasnya lagi.
  12. Bersihkan seluruh permukaan triplek menggunakan kain lap yang halus. Anda juga bisa memakai kain lap yang agak basah untuk menghilangkan partikel-partikel debu di permukaan triplek.
  13. Finishing dilakukan dengan menyemprotkan vernis ke permukaan triplek yang telah dicat. Lapisan vernis akan membuat triplek nampak mengkilap. Proses penyemprotan vernis sebaiknya dilakukan pada siang hari ketika matahari sedang bersinar terik. Lakukan penyemprotan vernis yang tipis dan berulang-ulang.