Cara Mengecat Plafon Kalsiboard dengan Baik

Anda bisa membangun plafon untuk menyempurnakan desain interior rumah Anda. Plafon merupakan bagian dari rumah yang berada di antara lantai dan atap. Fungsinya yaitu untuk menyatukan dinding-dinding dan menutupi atap sehingga tampilan interior menjadi rapi. Kini terdapat beragam material yang bisa digunakan untuk membuat plafon. Salah satunya adalah kalsiboard. Ini merupakan papan ramah lingkungan yang bebas asbes.

Tidak susah kok untuk memasang kalsiboard sebagai plafon. Jika mau, Anda bisa mengerjakan sendiri. Kalsiboard sebenarnya sudah memiliki tampilan yang indah. Permukaannya sudah rata dan rapi dengan warna putih yang memesona. Namun tak ada salahnya kalau Anda mengecat permukaannya lagi untuk membuat desain plafon kalsiboard tersebut semakin indah. Kali ini kita akan belajar tentang proses mengecat plafon kalsiboard supaya hasilnya bagus.

cara-mengecat-plafon-kalsiboard.jpg

Di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan!

Langkah 1. Menyiapkan Ruangan

Ada perlu memindahkan semua perabotan dari ruangan yang akan dipasangi plafon supaya Anda lebih leluasa dalam bekerja serta perabotan tersebut tidak menjadi kotor atau rusak. Anda bisa memindahkan furnitur-furnitur tersebut ke ruangan lain untuk sementara waktu. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain apabila Anda kerepotan saat mengerjakan sendiri. Kalau mau lebih praktis, Anda juga bisa menutupi perabotan tersebut menggunakan plastik, kain, atau kertas agar tidak terkena tumpahan cat.

Langkah 2. Menutupi Dinding

Plafon seolah-olah menjadi jembatan yang menghubungkan semua dinding di dalam ruangan. Seluruh permukaan dinding bagian atas nantinya berbatasan langsung dengan plafon. Apabila Anda berniat mengecat plafon dengan warna yang berbeda dari warna cat dinding, Anda perlu trik khusus supaya tampilan pertemuan cat tetap terlihat rapi. Caranya yaitu menutupi bagian atas dinding yang berbatasan langsung dengan plafon tersebut memakai isolasi kertas. Jadi warna pertemuannya nanti bakal tampak rapi.

Langkah 3. Menyiapkan Cat

Kenali dengan baik karakteristik cat plafon yang Anda pilih. Berdasarkan bahan pencampurnya, ada dua jenis cat yaitu cat yang berbasis air dan cat yang berbasis minyak. Sebelum Anda mulai menggunakan cat tersebut, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengencerkannya terlebih dulu agar hasil pengecatannya terlihat rapi, rata, dan tidak belang-belang. Gunakan air atau minyak sesuai jenis cat plafon pilihan Anda. Tuangkan bahan pengencer ini dengan dosis yang sesuai saran pada kemasannya. Kemudian aduklah sampai tercampur secara merata.

Langkah 4. Menyiapkan Peralatan

Anda membutuhkan kuas dan roll untuk mengaplikasikan cat ke permukaan plafon. Sebaiknya memang gunakan kedua alat ini sekaligus supaya proses pengecatan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kuas dipakai untuk mengaplikasikan cat pada area tepi. Sedangkan roll bisa digunakan untuk menyebarkan cat pada area tengah. Kemudian Anda juga membutuhkan tangga portabel sehingga dapat menjangkau plafon bagian tengah dengan mudah. Kalau tidak ada tangga, Anda bisa memasang pegangan yang panjang pada roller.

Langkah 5. Mengaplikasikan Cat

Mulailah dengan mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu. Tujuannya untuk menutup pori-pori permukaan kalsiboard sehingga lebih kuat dan tahan air. Pemberian lapisan cat dasar juga akan membuat warna cat utama tampak tegas. Jikalau ukuran panjang dan lebar ruangan tidak sama, Anda bisa mengikuti bagian yang lebih pendek supaya hasilnya rapi. Setelah pengecatan memakai cat dasar selesai, Anda perlu menunggu waktu 24 jam agar mengering. Setelah itu, terapkan cat utama sebanyak dua kali pelapisan.