Cara Mengatasi Wallpaper Dinding yang Mengelupas

Ruangan akan terlihat indah manakala dihiasi menggunakan wallpaper. Terutama pada bagian dinding ruangan tersebut yang tampak jauh lebih menarik daripada sebelumnya. Wallpaper mampu menghidupkan suasana di dalam ruangan. Ruangan tersebut menjadi semakin atraktif dan mengesankan berkat adanya wallpaper yang menghiasi dinding. Hal ini tidak terlepas dari gambar motif/corak yang dimiliki oleh wallpaper.

Wallpaper harus dipasang dengan cara yang tepat. Begitu pula dengan permukaan media yang akan dipasangi wallpaper pun harus tepat supaya bisa terpasang kuat. Wallpaper tidak boleh ditempelkan di sembarang tempat. Khususnya di ruangan tanpa perputaran sirkulasi udara yang baik sehingga mengakibatkan tingkat kelembaban di dalamnya cukup tinggi. Wallpaper yang dipasang di ruangan yang lembab akan mudah bermasalah.

cara-mengatasi-wallpaper-mengelupas.jpg

Salah satu masalah yang kerap menimpa wallpaper adalah kertas wallpaper tersebut tiba-tiba mengelupas sendiri dari dinding. Padahal Anda yakin tidak ada angin atau hujan yang datang melanda, tetapi wallpaper terkelupas sendiri. Guna mengatasi masalah ini, Anda tentu harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab utamanya. Kemudian lakukan perbaikan dengan segera untuk mengatasi masalah ini sekaligus penyebabnya.

Berikut ini langkah-langkah memperbaiki wallpaper dinding yang mengelupas agar terpasang normal kembali seperti sedia kala.

Langkah I. Memeriksa Kondisi Dinding

Dinding yang tidak memenuhi syarat dipasangi wallpaper akan menyebabkan wallpaper yang telah dipasang mudah mengelupas. Dinding yang lembab, berair, basah, rembes, berjamur, atau terkena kutu bisa menjadi penyebabnya. Coba periksalah kondisi dinding tersebut dengan baik untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya. Masalah pada dinding harus segera diatasi. Ingat, solusinya sudah kami bahas secara lengkap di artikel-artikel sebelumnya. Silakan Anda bisa mencarinya di www.arafuru.com ini.

Langkah 2. Membersihkan Permukaan Dinding

Setelah Anda berhasil memperbaiki dinding, Anda bisa mulai melakukan perbaikan. Mulailah dengan membersihkan permukaan dinding tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kain lap atau spons yang basah untuk membasuhnya. Tapi pastikan kain lap ini tidak mengenai wallpaper. Bersihkan permukaan dinding untuk menghilangkan partikel-partikel debu serta kotoran yang menempel. Kemudian tunggu sampai kondisinya mengering. Permukaan yang bersih akan membuat lem menempel lebih kuat.

Langkah 3. Mengoleskan Lem secara Merata

Kita memerlukan lem untuk menempelkan kembali wallpaper yang sudah mengelupas. Anda harus menggunakan lem sesuai dengan jenis wallpaper yang dipakai. Lem untuk wallpaper kain tentunya berbeda dari lem untuk wallpaper kertas. Oleskan lem di bagian belakan wallpaper. Lalu tempelkan wallpaper tersebut ke dinding dengan hati-hati. Pakailah spons untuk menekan wallpaper akan menempel kuat di permukaan dinding, dimulai dari bagian tengah ke ujung agar tidak menggelembung. Tekan berulang-ulang supaya wallpaper terpasang rata dan tidak keriting di bagian ujungnya.

Langkah 4. Mengeringkan Wallpaper

Setelah berhasil ditambal kembali, Anda harus menjaga wallpaper tadi agar bisa mengering dengan sempurna. Caranya bagaimana? Anda bisa mengatur sirkulasi udara di ruang menjadi lebih lancar. Bukalah semua pintu dan jendela di ruangan tersebut. Bila perlu, Anda juga bisa mengarahkan kipas angin langsung ke bagian wallpaper yang telah ditambal ini. Semakin cepat lem perekat mengering, maka akan semakin baik. Hindarkan wallpaper dari kondisi yang lembab karena akan membuat daya rekat lemnya melemah.

Langkah 5. Menyiasati Wallpaper Menggelembung

Seharusnya wallpaper yang dipasang sesuai petunjuk kami tidak akan menggelembung. Tetapi masalah bisa saja terjadi. Mungkin karena Anda kurang tepat saat meratakan lemnya, maka bagian-bagian tengah wallpaper menggelembung akibat ada udara yang terjebak. Tenang, Anda masih bisa menyiasati masalah ini. Caranya potong menyilang bagian wallpaper yang menggelembung memakai cutter. Lalu tekan bagian tersebut dengan kain yang digosokkan secara memutar supaya menempel rata.