Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Kami yakin rumah Anda pasti dilengkapi dengan saluran air, kan? Ada saluran untuk air bersih serta saluran untuk air kotor. Biasanya kita memakai pipa paralon sebagai media perantara air tersebut. Pipa paralon atau pipa PVC sengaja dipilih karena dinilai mempunyai karakteristik yang paling cocok untuk digunakan sebagai saluran air. Pipa ini sangat kuat, kokoh, tidak mudah rusak, dan tidak berisiko mengotori atau mencemari air.

Kadang-kadang pipa paralon yang sudah terpasang dengan benar mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap terjadi yaitu ada bagian dari pipa tersebut yang tersumbat. Masalah tersebut biasanya menimpa saluran pembuangan air kotor. Anda tentu harus melakukan perbaikan sesegera mungkin terhadap pipa paralon yang tersumbat. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut sehingga mengakibatkan Anda kesulitan dalam membuang air kotor.

mengatasi-saluran-air-tersumbat.jpg

Tersumbatnya pipa paralon umumnya disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :

  1. Sampah rumah tangga
  2. Endapan sabun
  3. Endapan lumpur dan kotoran
  4. Benda yang tidak sengaja masuk
  5. Kerusakan pada pipa paralon

Anda bisa mengatasi pipa paralon yang tersumbat dengan cara yang mudah menggunakan kiat-kiat di bawah ini!

Kiat 1. Manfaatkan Soda Api

Soda api merupakan bahan kimia yang mempunyai sifat korosif. Bahan ini bisa menghancurkan benda-benda yang dikenainya, terutama benda yang mudah terurai. Anda hanya perlu memasukkan beberapa butir soda api ke dalam saluran pipa paralon yang tersumbat. Lalu siramkan air panas untuk memicu terjadinya reaksi kimia. Tunggu minimal semalaman untuk melihat hasilnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda mungkin perlu melakukannya beberapa kali sesuai kondisi kotoran yang menyumbat pipa tersebut.

Kiat 2. Gunakan Paint Remover

Paint remover sebenarnya dibuat untuk menghilangkan lapisan cat yang menempel pada dinding. Anda bisa menggunakannya ketika ingin melakukan pengecatan ulang pada tembok. Namun karena mempunyai sifat korosif, Anda pun dapat memanfaatkannya untuk mengatasi saluran air kotor yang tersumbat. Caranya sama seperti di atas. Tuangkan paint remover ke dalam pipa yang tersumbat, lalu tunggu selama beberapa saat. Niscaya kotoran yang menyumbat pipa pun akan hancur sedikit demi sedikit.

Kiat 3. Semprot dengan Angin

Jika Anda mempunyai mesin kompresor di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki pipa paralon yang macet. Mesin kompresor mampu menghasilkan angin dengan tekanan yang sangat kuat. Diharapkan dengan memakai angin bertekanan tinggi tadi, maka kita bisa mendorong kotoran yang menyumbat hingga ke bagian saluran yang paling akhir. Silakan masukkan selang mesin kompresor ke dalam pipa paralon, kemudian nyalakan mesin kompresornya untuk menghasilkan angin yang kuat.

Kiat 4. Bersihkan Memakai Tali

Sayangnya saat ini belum ada alat yang dibuat secara khusus untuk membersihkan bagian dalam pipa paralon. Oleh sebab itu, kita harus sedikit berinovasi agar tetap bisa membersihkan interior pipa paralon menggunakan barang-barang yang ada di sekeliling. Di sini Anda bisa menggunakan tali tambang yang ukurannya paling kecil. Caranya adalah masukkan tali tadi dari lubang masuk pipa sampai menembus ke lubang keluarnya. Anda bisa memakai tongkat dan air untuk mengarahkan tali tersebut. Setelah berhasil, gerakkan tali ini ke segala arah supaya menggesek bagian dalam pipa dan membersihkannya.

Kiat 5. Pakailah Asam Klorida

Bahan lain yang juga dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pipa paralon adalah asam klorida (HCl). Bahan kimia ini mempunyai sifat korosif yang sangat tinggi. Jadi Anda harus berhati-hati pada saat menggunakannya. Apabila tangan Anda terkena asam klorida segera basuh dengan air yang mengalir. Anda bisa menuangkan asam klorida dalam jumlah yang cukup banyak ke dalam pipa paralon. Lantas biarkan cairan ini bekerja dengan menghancurkan partikel-partikel kotoran di dalamnya.