Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Bocor

Kita biasanya membuat saluran air menggunakan pipa paralon atau pipa PVC. Kekuatan pipa ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pipa paralon bisa bertahan sampai berpuluh-puluh tahun lamanya asalkan proses instalasinya dilakukan dengan baik dan benar. Namun jika tidak, pipa tersebut akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah bocornya pipa paralon sehingga mengakibatkan air di dalamnya keluar.

Penyebab utama kebocoran pipa paralon biasanya disebabkan oleh adanya bagian yang retak. Masalah ini paling sering terjadi pada bagian sambungan-sambungan, walaupun tak menutup kemungkinan pipa itu sendiri yang retak. Atau bisa juga karena cacat bawaan yaitu ukuran ketebalan pipa paralon yang tidak sama sehingga ada bagian yang lebih tipis. Inilah penyebab mengapa kebocoran bisa terjadi.

mengatasi-pipa-paralon-bocor.jpg

Kebocoran pipa paralon juga bisa terjadi lantaran kesalahan di dalam proses pemasangannya. Anda mungkin salah dalam menyambung pipa, keliru dalam memasang sambungannya, atau malah menempatkan pipa tersebut pada posisi yang kurang tepat. Akibatnya pipa pun menjadi bocor dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kebocoran ini tentunya menyebabkan air akan merembes atau keluar serta zat-zat lain memasuki saluran pipa tersebut.

Kebocoran yang menimpa pipa paralon sering kali memicu terjadinya perubahan tekanan air di dalamnya. Perubahan tekanan ini dapat disebabkan oleh sumbatan karena endapan atau benda-benda lainnya. Lambat laun penyumbatan tersebut juga dapat merusak pipa paralon. Penyumbatan yang fatal serta proses penanganan yang tidak benar akan memperparah kondisi pipa paralon menjadi tambah rusak.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan pipa paralon menjadi bocor adalah bebannya yang melebihi kapasitas yang dimiliki. Mungkin saja air yang mengalir di dalam pipa tadi memiliki tekanan yang cukup kuat sehingga menyebabkan pipa menjadi pecah karena tidak kuat dalam menahan beban tersebut. Anda harus memperhatikan kekuatan pipa tersebut. Pastikan pula konstruksi senantiasa aman dari benturan, hantaman, maupun pukulan.

Jadi, Apa Solusinya?

Pipa paralon yang sudah bocor wajib diperbaiki sesegera mungkin. Anda harus mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Barulah kalau tidak bisa, Anda bisa menggantinya dengan pipa yang baru. Tetapi sebelumnya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu bagian mana dari pipa tersebut yang bocor. Apakah kebocoran terjadi pada pipa atau hanya di sambungannya? Sumber masalah ini harus diketahui secara jelas.

Solusi 1. Menambal Pipa Paralon yang Bocor

Pipa paralon yang bocor sebenarnya merupakan masalah yang sepele. Tetapi masalah ini akan berubah menjadi rumit apabila Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Langkah awal yang bisa diambil adalah menambal pipa paralon yang bocor memakai lem. Di sini Anda bisa menggunakan lem yang berbasis silikon. Lem ini juga banyak dipakai untuk membuat akuarium yaitu menempelkan kaca-kacanya. Sifatnya yang elastis dapat dimanfaatkan untuk menambal pipa paralon dari bahan PVC.

Cara menggunakan lem silikon untuk menambal pipa paralon yang bocor adalah Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan pipa terlebih dahulu. Gunakan kain untuk mengelap permukaan pipa tadi sampai bersih dan kering. Kemudian Anda tinggal mengoleskan lem ini ke bagian pipa yang bocor secara merata. Tunggu sekitar 1-2 jam supaya lem ini mengering dengan sempurna. Barulah pipa bisa digunakan kembali.

Solusi 2. Mengganti dengan Pipa yang Baru

Pipa yang sudah rusak parah mau tidak mau harus diganti dengan pipa baru. Pipa tersebut bisa dihilangkan dengan cara memotong bagian yang paling dekat dari titik kebocoran. Caranya yaitu potonglah ujung pipa yang satu dan ujung pipa lainnya yang ada di atas sambungan. Lalu sambung lagi dengan pipa baru yang mempunyai ukuran sama. Setelah itu, Anda tinggal menyesuaikan panjang pipa yang diganti sesuai kebutuhan.

Setelah Anda berhasil mendapatkan pipa baru yang ukurannya sesuai kebutuhan, selanjutnya Anda bisa menyiapkan sambungan pipa yang berbentuk I dengan ukuran sesuai diameter pipa sebanyak dua buah. Berilah lem khusus PVC di permukaan bagian dalam sambungan pipa tersebut. Pasanglah kedua sambungan pipa ini di ujung pipa yang telah dipotong. Kemudian pasang juga potongan pipa yang baru. Biarkan beberapa saat agar lem mengering. Lalu Anda bisa menguji coba keberhasilannya.