Cara Menambal Wastafel yang Bocor

Rumah yang modern selalu dilengkapi dengan berbagai macam peranti yang dapat mendukung kemudahan hidup di dalamnya. Satu per satu peranti dipasang untuk mempermudah penghuni rumah dalam menjalankan aktivitas kesehariannya sekaligus menjaga kondisi dan kebersihan rumah. Salah satu dari sekian banyaknya peranti yang biasa dipasang yaitu wastafel. Wastafel adalah peranti semacam bak yang umumnya dipakai untuk mencuci tangan dan muka.

Anda juga mungkin telah memiliki wastafel di rumah? Sebaiknya Anda waspada sebab wastafel tersebut bisa mengalami masalah. Bukan tak mungkin wastafel ini akan mengalami kebocoran suatu saat nanti. Dari mulai bocor berupa rembesan air sampai bocor yang membuat aliran air keluar dari sistem yang sudah dibuat bisa menimpa semua wastafel. Jika masalah ini terjadi, tugas Anda adalah segera menambalnya agar kebocoran ini tidak semakin membesar.

menambal-wastafel-yang-bocor.jpg

Tidak sulit untuk menambal kebocoran pada wastafel. Bahkan Anda pun dapat melakukannya sendiri.

Kebocoran Pada Bak

Kasus kebocoran pada bak wastafel umumnya terjadi akibat permukaan bak tertimpa benda-benda yang berujung tajam secara keras. Meskipun permukaan bak ini kokoh, kondisinya bisa mengalami luka dan bocor akibat tumbukan benda tadi. Untuk menambalnya, pakailah bahan pelapis khusus dari semen yang mengandung bahan kedap air. Oleskan bahan ini sebanyak dua kali pelapisan agar air tidak bisa meresap dan rembes melalui pori-porinya.

Kebocoran Pada Sambungan

Kebanyakan orang membuat wastafel dengan cara memasang bak di atas dudukan yang telah dibuat. Kadang-kadang bak tidak terpasang sempurna pada dudukannya. Masih ada celah di antara bak dan dudukan yang rawan mengalami kebocoran. Kondisi ini diperparah oleh sambungan yang tidak kuat atau dudukan yang mengalami retak dan pecah. Silakan tambal kembali bagian ini menggunakan bahan sealant supaya ikatannya semakin erat.

Jika sealant tidak mampu mengatasi kebocoran yang terjadi, Anda bisa menggunakan semen untuk menambal bagian tersebut. Pilihlah semen yang berkualitas tinggi, lalu campur dengan air sedikit saja. Barulah kemudian semen ini siap untuk digunakan. Oleskan bahan ini sebanyak dua kali pelapisan supaya ikatan yang terbentuk menjadi sangat kuat. Lakukan penambalan baik di bagian wastafel maupun dudukannya.

Kebocoran Pada Pipa

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan pipa pembuangan air pada wastafel mengalami kebocoran. Dari mulai wastafel yang mampet, kondisi pipa yang memang sudah berlubang akibat karat, sampai adanya celah-celah di antara sambungan pipanya. Tugas Anda pertama kali yaitu menemukan sumber penyebab kebocoran. Setelah ketemu, tambal kebocoran ini menggunakan selotip khusus dan lem PVC. Namun untuk pipa yang sudah berlubang, mau tak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.