Cara Memperbaiki Wallpaper Kertas yang Rusak

Ruangan akan terlihat semakin indah ketika dihiasi menggunakan wallpaper. Tidak seperti cat dinding, wallpaper mampu membuat ruangan lebih hidup berkat motif yang dimilikinya. Ruang tersebut akan kian memesona. Anda pasti tak akan menyesal telah memasang wallpaper di dinding. Desain yang ingin Anda buat di ruangan tersebut benar-benar tercipta dengan bagus dan sempurna. Ruangan tidak hanya nyaman, tetapi juga indah.

Namun di sisi lain, wallpaper merupakan bahan pelapis dinding yang rentan rusak. Wallpaper bukan lah material yang tahan lama. Dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun, wallpaper akan mengalami kerusakan pada beberapa bagiannya. Hal ini terutama disebabkan oleh bahan baku pembuat wallpaper yang notabene adalah kertas yang rawan tergores, rusak, dan robek. Kalau sudah begini, kerusakannya bakal semakin meluas.

cara-memperbaiki-wallpaper.jpg

Sedikit robekan di wallpaper lama-kelamaan pasti ukurannya akan meluas jika tidak diperbaiki sesegera mungkin. Tekanan atau senggolan yang tidak disengaja bakal memperluas ukuran kerusakan tersebut. Jadi Anda harus memberikan perhatian serius terhadap semua kerusakan yang menimpa wallpaper. Jangan pernah menganggapnya enteng karena Anda tidak tahu seberapa parah dampak yang timbul bila ukuran kerusakannya meluas.

Proses perbaikan terhadap wallpaper yang rusak dapat dilakukan melalui penambalan. Jadi wallpaper baru yang memiliki motif sama persis dipasang di atas bagian wallpaper lama yang telah rusak. Hal ini akan menutupi kerusakan tersebut. Namun tak semudah yang dikira, Anda harus memasang wallpaper baru ini pada posisi yang tepat agar tambalannya tidak terlihat. Jika wallpaper di rumah Anda ada yang robek, Anda bisa menambalnya dengan trik berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Wallpaper
  • Lem
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil

Langkah-langkah :

  1. Siapkan kertas wallpaper baru yang mempunyai motif/corak dan warna sama persis dengan wallpaper yang akan ditambal. Hal ini penting sekali supaya hasilnya rapi dan bekas tambalannya tak kelihatan. Tapi biasanya tetap ada perbedaan kecerahan warna antara wallpaper lama dan wallpaper baru. Anda bisa menyiasatinya nanti.
  2. Perhatikan dengan baik bagian wallpaper lama yang mengalami kerusakan. Jika bagian tersebut hanya robek saja, Anda bisa langsung menutupinya. Namun bila ada bagian yang rusak dan berlipat-lipat, Anda harus merapikan kerusakan tersebut terlebih dulu agar tidak menggelembung. Rapikan menggunakan gunting.
  3. Buatlah pola berbentuk persegi dengan ukuran 30 x 30 cm di bagian wallpaper yang ingin ditambal. Posisikan bagian wallpaper yang rusak tepat di tengah-tengah pola ini. Perhatikan dengan baik garis-garis yang membentang pola tersebut. Usahakan garis-garis ini membentang di motif yang jelas supaya Anda mencocokkannya nanti.
  4. Kita beralih ke wallpaper baru. Buatlah pola berbentuk persegi yang memiliki ukuran 30 x 30 cm. Pola ini nantinya akan dipotong lalu ditempelkan ke atas wallpaper lama sebagai tambalannya. Jadi Anda harus membuat pola tersebut sebaik-baiknya. Anda harus membuat motif yang ada di pola sama persis dengan bagian yang akan ditambal.
  5. Pola di wallpaper baru yang akan dipakai sebagai tambalan yang sudah terbentuk lantas dipotong menggunakan gunting. Kemudian oleskan lem perekat secukupnya di bagian belakang wallpaper tersebut. Khusus untuk wallpaper yang berjenis sticker, Anda tidak perlu lagi memberikan lem.
  6. Kini waktunya proses yang paling rumit dan membutuhkan ketelitian super tinggi. Anda harus menempelkan wallpaper penambal di atas bidang wallpaper lama yang mengalami kerusakan dengan sangat hati-hati. Pastikan wallpaper tersebut menempel persis di area yang sudah ditentukan sebelumnya. Motif wallpaper yang tertutupi harus sama persis.
  7. Sebelum merekatkan tempelan wallpaper penambal, Anda harus mengecek sekali lagi bahwa wallpaper tersebut sudah menempel dengan sempurna di atas bidang yang rusak. Jika posisinya masih belum tepat, Anda bisa melepaskannya lagi kemudian pasang kembali. Setelah posisi wallpaper penambal benar-benar tepat, Anda bisa langsung menguatkan tempelannya.