Cara Memperbaiki Dak Beton Bagian Atas dan Bawah yang Bocor

Rumah modern biasa dilengkapi dengan dak beton. Dak ini tidak hanya berfungsi untuk memperkokoh struktur bangunan saja, tetapi juga mampu memperindah tampilan rumah tersebut. Walaupun memiliki struktur yang kuat sekali, namun dak beton bisa rusak akibat cuaca yang ekstrem. Kerusakan pada dak beton lambat laun akan berdampak pada konstruksi, kerusakan pada permukaan, cat yang mengelupas, atau dak beton yang ditumbuhi jamur. Anda harus segera memperbaikinya.

Di bawah ini faktor-faktor yang menimbulkan masalah kebocoran pada dak beton, antara lain :

  1. Dak beton yang mengalami keretakan
  2. Absorbsi beton yang tinggi sehingga tak kedap air
  3. Adukan cor beton yang tidak sempurna
  4. Adanya ruang/rongga di bagian dalam coran
  5. Tebal lapisan coran yang kurang mencukupi

cara-menambal-dak-beton.jpg

Salah satu tanda kerusakan pada dak beton yaitu bocornya struktur bangunan tersebut. Sebenarnya tak sulit kok untuk memperbaiki dak beton yang bocor ini. Perbaikannya cukup dengan melapisi dak beton ini menggunakan waterproofing, khususnya di sekitar area kebocoran. Itu kalau Anda bisa menemukan titik kebocorannya. Apabila sumber kebocoran ini tak terdeteksi, solusi yang paling amannya yakni Anda bisa melapisi ulang seluruh permukaan dak tersebut memakai waterproofing. Selanjutnya lakukan finishing akhir dengan mengecat ulang permukaan dak tadi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Waterproofing
  • Semen
  • Pasir
  • Cat dasar (wall sealer)
  • Cat finishing

Alat-alat yang digunakan :

  • Sarung tangan
  • Kain kasa/serat fiber
  • Kuas nomor 4
  • Roll kecil
  • Bak cat
  • Kape scrape
  • Ember adukan

Langkah-langkah kerja :

menambal-kebocoran-pada-dak-beton.jpg

Perbaikan Bagian Atas Dak Beton

Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaiki bagian atas dak beton secara lengkap! Silakan Anda bisa mengikutinya sesuai dengan panduan dari kami.

  1. Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan dak beton dari debu dan kotoran terlebih dahulu. Anda bisa meggunakan sikat untuk menghilangkan kotoran yang melekat di permukaannya. Sedangkan untuk menghapus kerak dan noda membandel diperlukan kape scrape untuk mengikisnya. Kerjakan dengan sungguh-sungguh sampai kondisi dak beton menjadi bersih.
  2. Kini waktunya untuk mengaplikasikan waterproofing. Mulailah menerapkan bahan waterproofing tersebut dari area sudut pertemuan antara permukaan dak beton dan dinding. Pada dasarnya, cara menerapkan waterproofing ini sama seperti cat biasa. Anda bisa memakai kuas atau roller untuk pekerjaan tersebut. Terapkanlah waterproofing ini secara merata pada bidang kerja.
  3. Pada saat kondisi waterproofing masih dalam keadaan basah, Anda bisa menempelkan serat fiber. Tempelkanlah serat fiber ini sambil menekannya supaya dapat merekat dengan kuat. Bila perlu, Anda bisa menekannya sekali lagi menggunakan roller yang telah dicelupkan ke bahan waterproofing. Adapun pemakaian serat fiber pada dinding dan permukaan (lantai) dak beton setinggi/selebar kisaran 15-20 cm.
  4. Aplikasikan lagi bahan waterproofing ke seluruh permukaan dak beton bersamaan dengan proses penutupan celah pada sudut-sudut pertemuan antara da beton dan dinding. Lakukan penerapan waterproofing ini secara merata dan rapi. Kemudian tunggulah sampai lapisan ini benar-benar mengering. Lantas pelapisan waterproofing dapat diulangi sekali lagi. Namun kali ini dengan arah pola yang menyilang dari sebelumnya.
  5. Disarankan untuk melapisi dak beton menggunakan plestran semen yang dicampur cairan waterproofing. Buat apa? Tujuannya untuk mencegah lapisan waterproofing yang sudah diaplikasikan tersebut tidak rusak akibat terinjak atau terkena benda-benda yang keras. Lakukan penerapan lapisan plesteran semen ini dengan ketebalan sekitar 3-5 cm. Pastikan lapisan tersebut rapi dan rata.

menambal-dak-beton-yang-bocor.jpg

Perbaikan Bagian Bawah Dak Beton

Untuk dak beton bagian bawah, langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut!

  1. Kita mulai dengan membersihkan permukaan dak beton atau plafon dari partikel-partikel kotoran terlebih dahulu menggunakan kape scrape ataupun sikat. Gosok terus sampai seluruh noda dan kerat yang terdapat di permukaan dak beton tersebut hilang. Disarankan untuk menambahkan cairan fungisida untuk mengatasi jamur yang tumbuh.
  2. Silakan untuk mengaplikasikan alkali sealar untuk mengeblok area flek supaya hasil pengecatan nantinya tidak nampak belang-belang. Terapkan sealer ini cukup dengan lapisan yang tipis saja, tapi membentuk 2-3 lapisan agar lebih rapi dan kuat. Lantas Anda bisa membiarkannya selama 1-2 jam sehingga lapisan alkali sealer tadi mengering dengan sempurna.
  3. Kini waktunya untuk melakukan pengecatan di permukaan bagian bawah dak beton tersebut. Lakukan proses pengecatan ini sebanyak 2-3 lapisan agar memberikan hasil yang lebih optimal. Gunakan kombinasi antara roller dan kuas pada saat mengaplikasikan cat tersebut. Biarkan cat tersebut mengering. Sekarang plafon dak beton Anda pun sudah bersih kembali.