Cara Membuat Wallpaper Dinding dari Kertas Kado

Wallpaper adalah salah satu aksesori yang dapat digunakan untuk menghiasi dinding. Dinding yang dihiasi menggunakan wallpaper akan tampil lebih menarik dibandingkan dinding yang hanya memakai cat. Wallpaper mempunyai gambar yang membuatnya begitu istimewa. Dari gambar inilah suatu desain ruangan bisa kita ciptakan. Berbagai konsep interior dapat Anda kembangkan memakai wallpaper dengan pilihan gambar yang tepat.

Gaya rumah yang dihiasi wallpaper sebenarnya bukan merupakan kebudayaan dari Indonesia. Gaya ini berasal dari luar negeri, terutama rumah-rumah di Benua Eropa. Awalnya wallpaper digunakan sebagai alternatif pengganti cat dinding yang harganya lebih mahal pada masa itu. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, produk wallpaper terus mengalami perkembangan. Inovasi serta tingkat permintaan pasar yang tinggi lantas membuat harga wallpaper menjadi mahal.

wallpaper-dari-kertas-kado.jpg

Untungnya kita sekarang bisa mendapatkan wallpaper dengan sangat mudah. Sudah banyak toko bangunan yang menjual produk yang satu ini. Jika Anda masih kesulitan mendapatkannya, beli saja wallpaper secara online di www.alatperabotan.com. Harga wallpaper di toko online ini sangat terjangkau dengan pilihan motif/corak yang beraneka ragam. Anda pasti akan menemukan wallpaper yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Produk wallpaper pertama kali terbuat dari bahan kertas biasa. Biasanya dipilih kertas yang mempunyai gambar akan mampu memperindah suasana ruangan. Kertas-kertas ini kemudian diberi lem di bagian belakangnya. Setelah itu, kertas tadi ditempelkan di permukaan dinding. Satu-satunya kekurangan wallpaper yang terbuat dari kertas adalah gampang rusak. Kertas dinding ini tidak memiliki ketahanan yang baik dari air, minyak, noda, dan kotoran.

Jika tertarik, Anda pun dapat memanfaatkan kertas sebagai wallpaper penghias dinding rumah. Jenis kertas yang digunakan berupa kertas kado yang biasanya dipakai untuk membungkus bingkisan hadiah. Kertas tersebut memiliki corak/motif yang menarik sehingga dapat dipakai sebagai alternatif pengganti produk wallpaper dinding. Silakan pasang wallpaper dari kertas kado tersebut di permukaan dinding yang bersih, kering, dan permukaannya rata.

Alat dan Bahan :

  • Kertas kado
  • Penggaris
  • Pensil
  • Lem putih
  • Gunting

Cara Membuat :

  1. Tentukan desain ruangan seperti apa yang ingin Anda ciptakan. Di sini Anda bebas memilih apakah mau tampilan dinding yang bergaya modern, retro, industrialis, atau natural. Silakan pilih konsep utamanya sesuka hati Anda. Konsep inilah yang menjadi pegangan dasar pada langkah berikutnya.
  2. Pilihlah kertas kado yang mempunyai corak dan motif sesuai dengan desain yang ingin Anda ciptakan. Misalnya untuk tampilan natural, Anda bisa memilih kertas kado yang bergambar pemandangan alam. Atau tampilan retro bisa didapatkan dari kertas kado dengan motif abstrak yang berbeda-beda. Gaya modern juga bisa diciptakan memakai kertas kado dengan gambar pemandangan perkotaan.
  3. Hamparkan kertas kado di atas meja kerja. Buat garis pembatas di area yang terdapat tulisan mereknya. Anda harus membuang bagian yang ada tulisan merek kertas kado supaya tidak merusak penampilan nantinya. Ulangi proses pemotongan ini sampai semua kertas kado yang digunakan sudah tidak ada mereknya.
  4. Siapkan permukaan dinding yang akan dipasangi kertas kado. Dinding tersebut wajib dalam keadaan yang kering, bersih, dan rata. Anda juga harus memastikan permukaan dinding bebas dari rembes, terhindar dari noda, dan tidak berlubang. Bagaimana pun wallpaper dari kertas kado ini rawan rusak jika posisi penempatannya tidak benar-benar diperhatikan.
  5. Letakkan kertas kado di atas meja kerja dengan posisi yang terbalik. Oleskan lem putih di bagian belakang kertas kado tersebut secara merata. Setelah itu, tempelkan kertas ini ke permukaan dinding dimulai dari bagian sudut paling bawah. Lakukan proses pemasangan per baris agar hasilnya rapi.
  6. Hati-hati saat Anda akan memasang kertas kado di permukaan dinding. Peganglah kertas ini menggunakan kedua tangan Anda, lalu segera tempelkan ke dinding. Tempel sebentar kertas kado ini, berikutnya atur posisinya sampai benar. Barulah kemudian Anda bisa menekan permukaan kertas kado untuk memperkuat tempelannya. Ulangi langkah ini sampai seluruh bidang dinding yang diinginkan tertutupi kertas kado.

Selamat mencoba!