Cara Membuang Udara yang Terjebak di Dalam Pipa Air

Pipa paralon biasa dipakai untuk mengalirkan air dari titik yang satu ke titik lainnya. Pipa ini banyak dipilih sebab kehandalannya dalam menghantarkan air sudah tak perlu diragukan lagi. Air akan mengalir dengan lancar di dalam pipa. Air tersebut tetap aman dan sama sekali tidak terkontaminasi dengan bahan kotoran apapun. Selain itu, pipa paralon juga mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga awet sampai bertahun-tahun lamanya.

Namun kadang-kadang pipa ini pun bisa mengalami masalah. Misalnya udara yang terjebak di dalam rongga pipa akan menghambat air sehingga alirannya menjadi tidak lancar. Udara dapat menahan aliran air sebab mempunyai sifat yang berbeda. Akibatnya air akan mengalir dengan pelan sampai tidak mengalir sama sekali. Anda pun mengalami masalah saat hendak membuka keran, di mana airnya tidak keluar dari keran tersebut. Pipa menjadi tersumbat oleh udara.

mengatasi-udara-di-pipa.jpg

Lantas, apa faktor-faktor yang menyebabkan udara terjebak di dalam pipa air?

  • Udara yang terkandung di dalam air lambat laun akan keluar sedikit demi sedikit dan akhirnya berkumpul di rongga pipa.
  • Pipa yang mengalami kebocoran sangat kecil. Meskipun begitu, udara tetap bisa masuk melalui celah yang terbentuk.
  • Sambungan pipa yang tidak terpasang dengan kuat, belum dilem atau dilapisi selotip. Hal ini mengakibatkan udara tetap bisa masuk.

Anda harus mengatasi masalah ini agar air di dalam pipa dapat mengalir kembali. Caranya bagaimana? Berikut ini 3 solusi yang bisa diambil :

  1. Membobol Pipa untuk Mengeluarkan Udara

Udara yang terjebak di dalam pipa paralon tetap harus Anda keluarkan. Cara yang paling mudah ialah membobol pipa tersebut sehingga udara bisa mengalir keluar. Udara tidak terjebak lagi di tengah-tengah air. Biasanya udara yang terperangkap ini berada di pipa yang posisinya terletak di bagian paling atas atau bagian sambungan pipa. Anda bisa melepaskan pipa tersebut, lalu memasang sambungan yang baru lagi.

  1. Menggunakan Alat Pendorong Udara

Kalau ingin mudah mengeluarkan udara yang terjebak di dalam pipa air, Anda bisa menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk mendorong udara tersebut. Ada alat yang masih manual, namun ada pula alat yang sudah dibuat dengan bantuan listrik. Silakan Anda bisa membeli alat tersebut di www.alatperabotan.com. Penggunaannya yaitu masukkan alat ini di lubang pangkal pipa, lalu pompa beberapa kali untuk mendorong air dan udara sampai ke keran.

  1. Mendorong Udara dengan Air

Air mempunyai sifat dapat menekan ke segala arah. Maka sebenarnya kita bisa memanfaatkan sifat air tersebut untuk mengeluarkan udara yang terjebak di dalam pipa. Caranya yakni Anda bisa menutup bagian tutup tandon air sampai rapat, lalu bukalah semua keran air. Kemudian nyalakan pompa air. Maka tandon pun akan terisi oleh air. Setelah penuh, air di dalam tandon pun akan memaksa terus mengalir melalui pipa meskipun terhalangi oleh udara.