Cara Memasang Wallpaper Sticker yang Benar

Anda bisa berkreasi untuk memperindah tampilan desain rumah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah pemakaian wallpaper. Wallpaper merupakan aksen penghias dinding berupa kertas yang mempunyai motif tertentu pada permukaannya. Motif inilah yang menjadi unsur utama bagi wallpaper sehingga bisa memberikan kesan tertentu pada dinding. Ruangan akan terlihat jauh lebih menarik saat dihiasi dinding.

Tahukah Anda, setidaknya terdapat dua macam wallpaper yang dijual di pasaran antara lain wallpaper sticker dan wallpaper yang menggunakan lem. Wallpaper sticker tentu lebih praktis daripada wallpaper yang membutuhkan lem tambahan dalam pemasangannya. Anda tak perlu repot dalam memasang wallpaper jenis ini. Layaknya memasang sticker, Anda cukup melepas kertas pelapis lem di bagian belakangnya, kemudian pasang.

cara-memasang-wallpaper-sticker.jpg

Yap, memasang wallpaper sticker itu memang sangat mudah. Bahkan Anda pun bisa meminta bantuan anak-anak untuk ikut memasangnya. Proses pemasangan wallpaper sticker ini sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus. Di sini Anda jauh memerlukan ketelitian dan sabar agar hasil pemasangan wallpapernya rapi. Silakan kerjakan tahap-tahap pemasangannya sesuai dengan panduan kami. Kesalahan akan membuat hasilnya berantakan.

Berikut ini panduan dalam memasang wallpaper yang berjenis sticker.

Langkah 1. Pastikan Dinding sudah Siap

Wallpaper sejatinya harus dipasang di dinding yang memiliki permukaan rata. Jadi tugas utama Anda ialah menyiapkan dinding tersebut. Dinding yang sebelumnya mempunyai tekstur tidak  rata bisa diperbaiki dahulu untuk meratakan permukaannya. Anda perlu memakai compound untuk menambal dinding yang berlubang. Sedangkan untuk dinding yang bergelombang dapat diratakan menggunakan kape dan ampelas.

Langkah 2. Buat Kondisi Dinding Kering

Bidang yang menjadi tempat pemasangan wallpaper juga wajib dipastikan bahwa kondisinya benar-benar kering. Hal ini penting untuk membuat daya lekat wallpaper sticker menjadi maksimal sehingga bisa menempel dengan kuat. Bila dinding tersebut baru saja dicat, Anda mungkin membutuhkan waktu sampai 20-30 hari untuk menunggu lapisan catnya mengering. Permukaan dinding yang belum kering akan mempengaruhi kekuatan dan daya lekatnya.

Langkah 3. Bersihkan Permukaan Dinding

Permukaan dinding acap kali kotor akibat debu, noda, dan minyak. Apabila kotoran ini tidak dihilangkan terlebih dahulu sebelum Anda memasang wallpaper, maka dampaknya adalah sticker wallpaper tersebut tidak bisa terpasang dengan baik. Daya lekatnya menjadi tak terlalu kuat sehingga sticker mudah terlepas dari dinding. Mau tidak mau Anda harus membersihkan permukaan dinding dengan mengepelnya memakai kain lap yang basah.

Langkah 4. Rencanakan Konsep Pemasangan

Ingat, pemasangan wallpaper tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada baiknya Anda membuat rencana tentang pemasangan wallpaper terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan langsung. Khususnya jika wallpaper yang akan dipasang berukuran cukup lebar. Perencanaan ini harus dilakukan dengan matang guna memudahkan proses selanjutnya. Tentukan bidang dinding mana saja yang akan dipasangi wallpaper. Wallpaper yang ukurannya besar mungkin perlu dipotong-potong menjadi beberapa bagian agar mudah ditempelkan.

Langkah 5. Pasang Wallpaper pada Posisinya

Lepaskan bagian belakang kertas penempel dengan hati-hati. Pastikan dulu posisi  pemasangan wallpaper sudah benar. Jangan langsung ditekan. Bila dirasakan posisinya sudah benar, Anda bisa menekannya secara perlahan-lahan. Lakukan dari ujung satu ke ujung yang lainnya agar tidak terjadi penggelembungan. Gunakan tangan atau kain lap supaya wallpaper dapat menempel rapi dan rata di permukaan dinding.