Cara Memasang Dinding Triplek

Dinding untuk rumah tinggal bisa dibuat menggunakan berbagai macam material. Jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, Anda bisa mengakalinya dengan memakai material yang harganya murah. Contohnya yaitu triplek. Triplek adalah jenis kayu yang terbuat dari partikel-partikel kayu. Partikel kayu tersebut telah melalui proses sedemikian rupa yang panjang sehingga berubah menjadi lembaran-lembaran kayu yang siap pakai.

Anda bisa memanfaatkan triplek sebagai bahan baku untuk membuat dinding. Bentuknya yang berupa lembaran mempermudah kita saat memasang material yang satu ini. Ukurannya yang cukup lebar juga memungkinkan proses pembuatan dinding dapat berjalan dalam waktu yang lebih cepat. Selain itu, triplek sudah mempunyai permukaan yang rata, halus, dan rapi. Jadi Anda tidak perlu memberikan banyak finishing lagi nantinya.

cara-memasang-dinding-triplek.jpg

Sebenarnya proses pemasangan triplek untuk digunakan sebagai dinding itu sangat mudah. Bahkan kami yakin Anda pun dapat mengerjakannya sendiri tanpa bantuan tukang bangunan. Kuncinya adalah percaya dan yakin kalau Anda bisa melakukannya. Jangan lupa untuk menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pekerjaan kali ini. Selain itu, Anda juga memerlukan panduan agar bisa memasang dinding triplek dengan benar.

Alat dan Bahan :

  • Tripleks
  • Kayu usuk
  • Paku 2 cm
  • Paku 7 cm
  • Gergaji
  • Martil
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Tang

Langkah-langkah :

  1. Menyiapkan Kayu dan Triplek

Di sini kita membutuhkan kayu usuk sebagai kerangka dinding. Sebaiknya Anda beli kayu usuk yang berkualitas tinggi. Hindari membeli kayu yang masih muda atau kondisinya basah. Kayu yang kualitasnya buruk biasanya akan melengkung setelah kondisinya mengering. Akibatnya yaitu permukaan dinding triplek menjadi bergelombang dan tidak rapi. Sedangkan untuk pemilihan ukuran triplek bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Semakin tebal triplek yang dipilih, maka dinding akan semakin kuat.

  1. Memasang Kerangka Dinding

Anda bisa memulainya dengan memotong kayu usuk menjadi beberapa potongan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Untuk kerangka dinding, Anda membutuhkan kayu yang dipasang secara tegak/vertikal dan tidur/horizontal. Tiang kayu yang berdiri tegak dipasang setiap jarak 1,5 m. Sementara untuk kayu yang horizontal dipasang dengan jarak 50 cm. Kombinasi antara kedua barisan kayu ini nantinya akan menciptakan kerangka yang sangat kokoh.

  1. Memasang Dinding Triplek

Proses pemasangan triplek untuk dinding paling baik dilaksanakan di waktu siang hari saat kondisi cuaca sedang terik. Tujuannya supaya permukaan dinding yang dihasilkan tidak melengkung nantinya. Triplek bisa dipasang di kedua sisi kerangka, baik depan maupun belakang. Namun untuk menghemat biaya, kebanyakan orang hanya memasang triplek ini di sisi kerangka bagian depan saja. Mintalah bantuan orang lain untuk memegangi triplek tersebut selagi Anda memasang paku. Hendaknya pasanglah paku untuk triplek dengan jarak 8-10 cm.

  1. Mengecat Dinding Triplek

Tentunya Anda menginginkan dinding yang telah selesai dibangun mempunyai tampilan yang indah dan mengesankan? Salah satu caranya yakni mewarnai dinding menggunakan cat. Di sini Anda bisa memakai cat kayu untuk mengecat triplek. Sebelum digunakan, cat ini wajib dicampur dengan thinner terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa menguaskan cat ke permukaan triplek. Usahkan buatlah lapisan yang tipis. Setelah lapisan cat pertama selesai dan mengering, lanjutkan memberi cat lagi hingga sebanyak 2-3 kali lapisan.