Cara Melubangi Tripleks dengan Mudah

Tripleks bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Kelebihan tripleks adalah harganya murah, bobotnya ringan, dan mudah diolah. Tapi sayangnya tripleks memiliki kekurangan yaitu bersifat keras sehingga mengakibatkan strukturnya getas dan rentan patah. Untungnya kini sudah ada berbagai peralatan khusus untuk membantu Anda mengolah tripleks menjadi bentuk yang dikehendaki.

Ukuran tripleks yang lebih tipis daripada papan kayu memudahkan kita dalam mengolahnya seperti memotong, melubangi, atau kreasi lainnya. Namun di sisi lain, ukuran yang tipis ini juga mengakibatkannya rawan patah dan rusak. Terutama untuk melubangi tripleks dibutuhkan alat khusus yang bernama hole cutter. Alat ini sudah dirancang secara khusus untuk membuat lubang pada tripleks dan papan kayu lainnya.

cara-melubangi-tripleks.jpg

Anda bisa membeli hole cutter di www.alatperabotan.com di dalam kategori pertukangan. Harganya sebanding dengan fungsionalitas yang dimiliki. Karena sudah dirancang sedemikian rupa, lubang yang dihasilkan oleh hole cutter ini begitu sempurna tanpa adanya keretakan di sisi tepinya. Ukuran pemotongnya pun bisa diatur sesuai dengan ukuran diameter lubang yang ingin dibuat, dari mulai 10 mm sampai 120 mm.

Jadi apabila Anda ingin melubangi tripleks, kami sarankan pakailah alat bernama hole cutter ini. Jangan pernah memaksakan diri dengan membuat lubang pada tripleks secara manual karena sangat merepotkan dan hasilnya pun tidak rapi. Apalagi harga alat pelubang tripleks ini juga sangat terjangkau. Anda tidak perlu bingung mau membelinya di mana sebab alat hole cutter ini bisa dibeli secara online di AlatPerabotan.com.

Berikut ini langkah-langkah melubangi tripleks menggunakan alat bantu hole cutter.

  1. Siapkan papan tripleks yang akan dilubangi. Letakkan di atas meja kerja yang memiliki permukaan yang datar.
  2. Siapkan hole cutter. Masukkan pemotongnya ke bagian kepala bor. Lalu setel ukuran cutter yang diinginkan.
  3. Kini Anda bisa langsung menggunakan alat tersebut untuk melubangi tripleks. Pastikan Anda bersikap tenang agar hasilnya rapi.
  4. Buatlah lubang kecil terlebih dahulu. Setelah itu lanjutkan dengan membuat lubang dengan ukuran yang sesuai dikehendaki.
  5. Setelah lubang pada tripleks berhasil dibuat, berikutnya Anda tinggal merapikannya dengan menggosok memakai ampelas.

Silakan mencoba tips dari kami!