Begini Caranya Pilih Wallpaper untuk Ruangan Sempit

Pada dasarnya, wallpaper bisa diaplikasikan di berbagai ruangan asalkan mempunyai dinding yang kering. Bahkan ruangan yang ukurannya sempit pun dapat dihiasi memakai wallpaper. Wallpaper merupakan aksen penghias yang satu tingkat lebih tinggi daripada cat dinding. Kami berani mengatakan seperti ini karena memang penerapan wallpaper akan membuat desain suatu ruangan tidak hanya indah, tetapi juga mewah.

Kini semakin banyak pilihan wallpaper yang tersedia di pasaran. Jenis-jenis wallpaper menurut bahan bakunya pun sudah banyak. Ada wallpaper yang bergaya modern, klasik, natural, dan lain-lain. Semuanya terlihat menarik dengan pesonanya masing-masing. Tinggal terserah Anda sendiri mau memilih wallpaper yang bagaimana dan seperti apa. Namun tentu saja pemilihan wallpaper tersebut juga harus memperhatikan faktor ruangan.

wallpaper-untuk-ruangan-sempit.jpg

Wallpaper memang sering diaplikasikan di ruangan-ruangan publik seperti mall, hotel, toko, dan sebagainya. Persamaan dari tempat-tempat ini adalah mempunyai ukuran yang luas. Wallpaper mampu membuat suasana di ruangan yang luas menjadi semakin mendalam dan intens. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh memasang wallpaper di ruang yang sempit. Ruang sempit akan tampak menarik dengan penggunaan wallpaper yang tepat.

Kami akan berbagai tips-tips pemilihan wallpaper untuk ruangan sempit berikut ini!

Tips 1. Wajib Pilih Warna yang Cerah

Sebenarnya ini hampir sama seperti pemilihan cat dinding untuk ruangan yang sempit. Anda pun diwajibkan memakai warna-warna yang cerah untuk memberikan kesan yang tampak luas. Ruangan sempit memang harus memakai wallpaper yang warnanya cerah. Pilihlah wallpaper yang berwarna cerah dan lembut supaya tidak menyilaukan pandangan mata. Anda juga bisa memilih warna-warni yang berjenis pastel untuk memberikan efek menenangkan.

Tips 2. Jangan Pilih Warna yang Gelap

Kebalikan dari tips pertama di atas, Anda sama sekali tak boleh menggunakan wallpaper yang berwarna gelap untuk ruangan sempit. Dilarang memilih warna-warni gelap di sini. Mengapa? Hal ini dikarenakan warna gelap justru akan membuat ruangan sempit menjadi tambah sempit. Meskipun warna gelap bisa memberikan efek dramatis dan menakjubkan, tetap saja Anda harus menjauhinya saat menata ruangan yang berukuran kecil.

Tips 3. Batasi Penggunaan Warnanya

Kesan yang paling tepat diciptakan di ruangan yang sempit adalah menenangkan. Ruangan ini harus membuat penghuninya merasa tenang, rileks, dan tidak tertekan. Orang yang berada di dalam ruangan tersebut harus mampu menikmati suasananya. Di sinilah pentingnya Anda harus memilih wallpaper dengan warna yang terbatas. Maksimal hanya boleh ada tiga warna pada wallpaper tersebut. Jika lebih dari itu, penampilan ruangan menjadi terlalu ramai.

Tips 4. Pilih Motif Garis Horizontal

Bagaimana caranya membuat ruangan yang sempit tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya? Anda bisa memanfaatkan ilusi pandangan untuk menciptakan efek tersebut. Pilihlah wallpaper dengan motif garis-garis horizontal untuk menciptakan kesan luas pada ruangan sempit. Pilih model garis-garis yang sederhana dan jangan terlalu ramai. Satukan sisi-sisi dinding ruangan dengan memakai garis-garis yang tanpa terputus.

Tips 5. Wallpaper dengan Bahan Emboss

Trik lain untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas yaitu memaksimalkan cahaya di dalam ruangan tersebut. Ruangan yang terang akan terlihat lebih luas daripada ruangan yang gelap. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih wallpaper yang memiliki kemampuan memantulkan cahaya. Gunakan wallpaper yang terbuat dari bahan emboss sehingga tampak mengkilap saat terkena cahaya. Silakan pasang wallpaper ini di sudut yang paling membutuhkan cahaya.