Bahan-bahan Ini Efektif untuk Peredam Suara Kamar Tidur

Kamar tidur pada hakikatnya berfungsi sebagai ruangan untuk beristirahat. Kita membutuhkan ketenangan di sini. Suasana yang tenang akan mendukung fungsi ruangan ini. Momen istirahat pun menjadi lebih maksimal dengan suasana yang begitu menenangkan. Walaupun kita dapat menciptakan ruangan yang nyaman dan tenang, sayangnya tidak demikian dengan lingkungan di sekitarnya. Suasana di sekitar kamar tidur sudah berada di luar kuasa kita. Apalagi untuk lingkungan yang berada di luar rumah kita.

Bagi Anda yang tinggal di permukiman padat penduduk atau di sekitar tempat-tempat yang memiliki kebisingan tinggi seperti tepi jalan protokol, samping sekolah, dekat bengkel kendaraan, dan lain-lain, Anda pasti akan merasakan kebisingan yang luar biasa. Bahkan saking ramainya suasana tersebut, Anda masih bisa mendengarnya dari dalam kamar tidur. Ruangan pun menjadi berisik dan terasa tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu Anda saat mencoba beristirahat di dalam kamar tidur.

Anda tentu tidak mungkin mengubah kondisi di luar rumah yang sangat berisik tersebut, satu-satunya jalan keluar untuk menghalau suara yang bising ini dapat memasuki kamar tidur yaitu memasang peredam suara. Anda bisa menggunakan produk yang memang dirancang khusus sebagai peredam suara atau memanfaatkan benda-benda di sekitar untuk meredamkan suara. Produk peredam suara umumnya terbuat dari bahan spons atau busa yang memiliki desain tertentu sehingga efektif dalam menghalau suara.

peredam-suara-kamar-tidur.jpg

Busa peredam suara akustik bisa Anda dapatkan di AlatPerabotan.com dengan harga yang terjangkau. Ukuran produk yang tersedia yaitu 25 x 25 cm sampai 50 x 50 cm. Harganya mulai dari Rp 15.000 per lembar. Tentu secara otomatis Anda akan mendapatkan potongan harga jika membelinya dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya busa peredam suara ini dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding kamar tidur. Nantinya kamar Anda pun akan bersifat kedap suara dengan adanya peredam ini.

Selain memasang peredam suara, Anda juga bisa membuat kamar tidur yang bersifat anti-berisik dengan membuat panel dinding khusus yang berfungsi untuk meredam suara. Anda bisa menggunakan gypsum untuk membuat dinding tambahan ini. Sebelumnya buatlah kerangka dari kayu atau besi hollow terlebih dahulu. Kerangka ini dibuat di depan dinding utama dengan jarak tertentu. Kemudian di celah-celah antara dinding dan kerangka bisa diisi dengan bahan peredam suara dari glasswool atau rockwool untuk memaksimalkan fungsi peredaman. Barulah papan gypsum bisa dipasang di kerangka tersebut.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa memanfaatkan barang-barang di dalam rumah untuk menghalau suara bising dari luar. Beberapa benda yang bisa digunakan yaitu :

Karpet

Seperti kita tahu, karpet terbuat dari bahan kain yang tebal. Apalagi untuk karpet wol yang ukurannya bisa sangat tebal. Dengan ketebalannya ini, karpet mampu meredamkan suara yang ada di dalam kamar tidur. Tidak hanya suara derap langkah kaki, tetapi gelombang suara yang beterbangan di udara pun mampu diredam oleh karpet. Jadi Anda bisa memasang karpet di lantai kamar tidur. Pilihlah karpet yang ukurannya cukup besar dan tebal.

Pintu

Siapa sangka kalau pintu juga mempengaruhi tingkat kebisingan di dalam kamar tidur? Pintu yang tipis sangat tidak direkomendasikan dipasang di ruangan ini. Karena pintu tersebut tidak mampu meredamkan suara yang berasal dari luar. Begitu pula dengan pintu yang mempunyai bentuk berlekuk-lekuk atau pintu dengan motif lekukan sebaiknya dihindari. Untuk kamar tidur, Anda bisa memasang pintu dengan desain yang solid.

Jendela

Keberadaan jendela di kamar tidur sangat mempengaruhi tingkat kebisingannya. Oleh karena itu, pembuatan jendela harus dilakukan dengan tepat. Kesalahan dalam membuat jendela akan membuat suasana di dalamnya menjadi semakin berisik. Kami sarankan Anda membuat jendela dengan kaca tiga panel atau kaca jendela ganda untuk kamar yang rawan bising. Selanjutnya pasanglah kisi-kisi atau teralis pada kusennya. Jangan lupa juga untuk memasang tirai di balik jendela tersebut. Tirai sangat membantu dalam meredamkan suara dari luar.

Rak Buku

Beruntunglah bagi Anda yang mempunyai hobi membaca buku. Sebab tumpukan buku di rak juga memiliki fungsi lain sebagai peredam suara. Tumpukan buku-buku di dalam rak ini mampu meredamkan suara. Syaratnya yaitu tumpukan buku tersebut harus cukup rapat supaya dapat mengurangi gelombang suara. Sedangkan kalau susunannya masih renggang, gelombang suara masih dapat melewatinya dengan lancar. Anda bisa meletakkan rak buku ini di sisi dinding yang bersebelahan dengan sumber kebisingan.