Atasi Rayap Tanah secara Alami dengan 7 Bahan Ini!

Bagaimana cara mengatasi rayap tanah secara alami? Rayap merupakan salah satu serangga pembawa masalah yang mengancam rumah tinggal Anda. Rayap begitu menjengkelkan karena suka menggerogoti seluruh struktur bangunan dan perabotan yang dibuat dari kayu. Kayu yang tadinya kuat dan kokoh seketika menjadi keropos setelah dimakan oleh rayap. Akibatnya kayu tersebut mudah rusak dan rubuh sehingga membahayakan orang-orang di sekitarnya.

Anda wajib mengibarkan bendera perang terhadap rayap sedari awal. Rayap-rayap tersebut harus dicegah sejak awal supaya tidak merusak barang-barang dari kayu yang Anda miliki. Ada banyak obat-obatan kimia yang bisa diandalkan untuk mengatasi serangan rayap di rumah. Racun rayap ini terbukti sangat ampuh dalam membunuh rayap dan membinasakan hingga ke telurnya. Sayangnya pemakaian racun rayap dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita.

cara-membasmi-rayap-tanah.jpg

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi serangan rayap ini. Beberapa bahan alami memang mengandung zat racun yang dapat dimanfaatkan sebagai obat antirayap. Khasiatnya pun sudah teruji mampu menanggulangi serangan rayap secara signifikan. Mengatasi rayap dengan bahan alami tentu lebih aman bagi kesehatan Anda sekeluarga. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya.

Berikut ini bahan-bahan yang bisa Anda gunakan :

  1. Garam

Pertama, Anda bisa mengandalkan garam untuk membasmi rayap tanah. Garam telah terbukti dapat dipakai untuk membinasakan serangga yang satu ini. Tubuh rayap yang lemah tidak akan tahan apabila terkena larutan garam. Anda bisa menyemprotkannya ke arah sarang rayap, sembari dibongkar. Semprotkan larutan garam ini ke seluruh rayap yang Anda lihat supaya mati.

  1. Daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang sangat bagus jika dipakai sebagai bahan pembersih dan desinfektan. Kandungan minyak atsiri tersebut ternyata ampuh juga loh digunakan untuk membasmi rayap sampai ke sarangnya. Tinggal tumbuk saja daun sirih, lalu tambahkan air secukupnya. Aduk sampai kedua bahan ini tercampur rata. Kemudian saring untuk diambil air perasannya saja.

  1. Jeruk Nipis

Sudah tidak diragukan lagi kalau air sari buah jeruk nipis atau lemon bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya ialah mengatasi gangguan serangga-serangga kecil seperti rayap. Siapkan beberapa buah jeruk nipis/lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Peraslah potongan buah tersebut untuk dikeluarkan air sarinya. Nah, air sari jeruk nipis dan lemon inilah yang bisa Anda pakai.

  1. Kapur Gamping

Kapur gamping adalah kapur yang biasa digunakan untuk keperluan menginang. Kapur ini dilarutkan dengan air terlebih dahulu untuk membuat teksturnya lebih lemas. Anda juga bisa kok memanfaatkan kapur gamping sebagai racun antiserangga, khususnya rayap. Cobalah campurkan kapur gamping ini dengan air secukupnya sampai kental. Lalu siramkan larutan kapur gamping tersebut ke sarang rayap.

  1. Deterjen

Seperti kita tahu, deterjen memiliki sifat yang sangat keras. Bahkan kulit di tangan dan kaki Anda pun bisa mengelupas apabila tidak segera dibilas memakai air bersih setelah terkena deterjen. Dari sini kita dapat menyimpulkan kalau deterjen juga bisa dipakai untuk meracuni rayap. Anda cukup membuat cairan deterjen menggunakan deterjen yang cukup banyak. Lantas cairan ini dimasukkan ke sarang rayap.

  1. Pemutih Pakaian

Selain deterjen pakaian, Anda pun dapat memakai cairan pemutih sebagai alternatif racun pembunuh rayap yang efektif. Cairan pemutih pakaian ini juga mempunyai sifat yang sangat keras sehingga rayap yang terkena olehnya pasti akan langsung mati. Selain itu, aroma cairan pemutih pakaian juga sangat menyengat. Rayap-rayap pasti akan langsung meninggalkan sarangnya setelah Anda menyemprotkan cairan ini.

  1. Kardus

Kardus dapat menggoda rayap untuk segera mendekatinya. Setelah rayap-rayap ini telah memindahkan sarangnya ke kardus, Anda tinggal membuang saja kardus tadi jauh-jauh dari rumah. Kardus memiliki kandungan selulosa dalam jumlah yang banyak sehingga sangat disukai oleh rayap. Rayap yang melihat tumpukan kardus yang kondisinya lembab pasti akan langsung tertarik untuk bersarang di sana.