Agar Wallpaper Dinding Awet, Ini 7 Cara Merawatnya!

Semua pemilik rumah tentu menginginkan wallpaper dindingnya awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan harga produk wallpaper yang memang terbilang mahal serta proses pemasangan ke dinding pun lumayan sulit. Anda tentu akan merasa kesal bukan main kalau melihat kertas wallpaper yang baru dipasang 1-2 tahun yang lalu, kini sudah mengalami kerusakan. Jangan tunggu musibah ini terjadi. Anda harus merawatnya dengan baik supaya wallpaper tersebut tetap indah dalam waktu yang lama.

Di bawah ini tata cara merawat wallpaper dinding yang benar supaya awet!

  1. Perhatikan Cara Memasangnya

Proses pemasangan wallpaper dinding harus dilakukan dengan benar agar awet dan tidak mudah terlepas. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi proses ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Anda harus memasang wallpaper tersebut sesuai panduan dari kami supaya hasilnya bagus. Tetapi jika Anda tidak cukup percaya diri, cobalah minta bantuan jasa profesional. Tidak apa-apa mengeluarkan biaya berlebih asalkan hasilnya bagus.

cara-merawat-wallpaper-dinding.jpg

  1. Pastikan Dinding Memenuhi

Wallpaper tidak boleh dipasang di sembarang dinding. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh dinding sebelum dihiasi menggunakan wallpaper. Faktor yang paling penting adalah kelembabannya. Pastikan kondisi dinding tersebut tidak lembab. Kelembaban tidak hanya mengakibatkan wallpaper terlepas sendiri dari dinding, tetapi juga menimbulkan masalah baru seperti warna yang memudar serta tumbuhnya jamur dan lumut.

  1. Tempelkan di Dinding yang Rata

Dinding yang bagus untuk dipasangi wallpaper yaitu dinding yang memiliki permukaan rata dengan tekstur yang halus. Tidak ada bagian yang bergelombang dari dinding tersebut. Anda juga harus memastikan kalau dinding tidak memiliki lubang. Dinding yang kondisinya rata dan halus membuat wallpaper menjadi awet dan tahan lama. Sebaliknya dinding yang bergelombang atau dipenuhi lubang mengakibatkan kertas wallpaper mudah robek.

  1. Gunakan Lem Secara Merata

Apakah rahasianya agar wallpaper bisa menempel kuat di permukaan dinding? Salah satunya adalah penggunaan lem yang tepat. Pastikan Anda menggunakan lem yang memang diperuntukkan bagi wallpaper. Kemudian oleskan lem tersebut secara merata di bagian belakang kertas wallpaper. Agar lebih kuat, Anda juga bisa mengaplikasikan lem tersebut di permukaan wallpaper. Tunggu beberapa saat. Barulah wallpaper bisa Anda tempelkan.

  1. Bersihkan Wallpaper Setiap Hari

Tanpa Anda sadari udara di sekitar kita mengandung polusi seperti debu dan partikel-partikel kecil lainnya. Kotoran-kotoran ini akan hinggap di sembarang tempat, tidak terkecuali pula di permukaan dinding. Sedikit demi sedikit jumlah partikel-partikel kotoran ini akan semakin banyak. Anda harus rutin membersihkannya agar wallpaper tidak kotor dan kusam. Cobalah bersihkan memakai kain lap atau kemonceng.

  1. Hilangkan Noda dengan Segera

Anda bisa membersihkan debu yang mengotori wallpaper hanya menggunakan kain lap atau kemonceng. Tetapi untuk menghilangkan noda membandel, Anda butuh lebih dari itu. Sayangnya pembersih noda seperti sabun dan deterjen tak direkomendasikan untuk digunakan pada wallpaper sebab dapat merusaknya. Anda bisa memakai air sari jeruk nipis untuk menghilangkan noda membandel ini.

  1. Pastikan Tidak Terkena Air

Air merupakan biang kerok rusaknya wallpaper yang paling berbahaya. Wallpaper dinding yang terkena air dalam waktu lama pasti akan terlepas sendiri dari tembok. Hal ini karena lem yang digunakan untuk merekatkan wallpaper ke tembok memang bersifat tidak tahan air. Beberapa jenis wallpaper bahkan warnanya akan memudar setelah terkena air yang cukup banyak. Sedangkan khusus untuk wallpaper dari kertas, Anda harus menjauhkannya dari air sebab wallpaper ini bakal langsung rusak setelah terkena air.