Agar Wall Sticker Awet dan Tahan Lama, Ini Rahasianya!

Apakah Anda merasa bosan dengan desain interior rumah yang biasa-biasa saja? Cobalah wall sticker untuk menghiasinya. Wall sticker pada dasarnya adalah stiker khusus untuk dinding. Bedanya dengan wallpaper, pemasangan wall sticker ini lebih mudah dilakukan. Praktis sekali karena Anda hanya perlu menempelkannya di sudut yang diinginkan. Selain itu, harga wall sticker juga umumnya lebih murah. Jadi Anda bisa menghemat banyak uang.

Tapi di balik kelebihan-kelebihannya tersebut, wall sticker juga memiliki banyak kekurangan. Terutama dari segi ketahanannya, di mana wall sticker ini tidak terlalu awet dan mudah rusak. Wall sticker yang tidak dipasang dengan benar akan cepat terkelupas sendiri. Biasanya masalah ini dimuali dari salah satu bagian wall sticker yang mengelupas, lalu berangsur-angsur bagian di sebelahnya. Wall sticker yang sudah terkelupas akan mengalami kerusakan.

agar-wall-sticker-awet.jpg

Sebenarnya Anda bisa mencegah wall sticker mengelupas sendiri. Kuncinya terletak di proses pemasangan wall sticker yang harus dikerjakan sebaik-baiknya. Anda perlu memasang wall sticker tersebut dengan kesalahan seminimal mungkin. Hindari langsung memasangnya di permukaan dinding. Anda harus merencanakan posisi pemasangan wall sticker terlebih dahulu. Kemudian tempelkan wall sticker tadi sesuai dengan langkah-langkah yang ada di kemasannya.

Wall sticker yang sudah berhasil Anda pasang di permukaan dinding harus mendapatkan perawatan secara berkala. Berikut ini kiat-kiat selengkapnya!

  1. Anda harus memasang wall sticker di permukaan dinding yang kondisinya bersih. Pastikan permukaannya bebas dari kotoran dan partikel-partikel debu. Sebelum Anda menempelkan wall sticker, sebaiknya cucilah dinding memakai kain basah, lalu tunggu sampai kondisinya benar-benar mengering. Wall sticker yang dipasang di tempat kotor menyebabkan daya rekat lemnya menjadi lemah. Hal ini menyebabkan wall sticker mudah sekali mengelupas.
  2. Carilah dinding yang memiliki permukaan halus dan rata untuk dipasangi wall sticker. Semakin halus dan rata kontur permukaan dinding tersebut akan semakin ideal untuk dipasangi wall sticker. Lapisan lem wall sticker akan merekat kuat di dinding yang halus dan rata. Beberapa jenis wall sticker juga bisa dipasang di dinding yang berprofil. Anda sebaiknya mencoba memasangnya sebentar dan lihat apa yang terjadi. Jika wall sticker menempel dengan baik, Anda bisa memperkuat tempelannya.
  3. Selalu buat perencanaan yang matang sebelum Anda melakukan suatu pekerjaan. Termasuk salah satunya ketika hendak menempelkan wall sticker ke dinding. Anda harus menentukan terlebih di mana lokasi wall sticker akan dipasang. Beberapa jenis wall sticker memang bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Tetapi setiap kali Anda melepaskan wall sticker dan memasangnya kembali, maka kekuatan lem perekatnya akan menurun.
  4. Pilihlah tempat yang kondisinya kering untuk dipasangi wall sticker. Tidak berbeda dari wallpaper, wall sticker pun hanya bisa ditempelkan di dinding yang kondisinya kering, tidak lembab, tidak berair, dan tidak rembes. Anda harus memastikan kondisi dinding benar-benar kering sebelum menempelkan wall sticker di titik tersebut. Usahakan hindari memasang wall sticker di dinding yang terkena sinar matahari secara langsung. Karena sinar ini akan memudarkan warna wallpaper dengan cepat serta melemahkan lapisan lem perekatnya.
  5. Letakkan semua bagian wall sticker pada posisinya terlebih dulu, tapi jangan langsung ditekan kuat. Pastikan posisi pemasangannya sudah tepat. Jika masih belum sempurna, silakan ubah selagi belum terlanjur. Barulah setelah posisi wall sticker sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa menekan permukaan wall sticker untuk memperkuat tempelannya ke permukaan dinding. Tunggu beberapa saat hingga wall sticker tadi menempel dengan kuat, lalu Anda bisa melepaskan tekanannya.
  6. Khusus untuk dinding yang baru saja dibangun, Anda tidak boleh langsung memasang wall sticker atau wallpaper ke permukaan dinding tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi permukaan dinding ini masih cukup lembab. Wall sticker akan cepat mengelupas sendiri apabila dipaksakan langsung dipasang di dinding ini. Minimal Anda harus menunggu waktu selama 3-4 minggu agar kondisi dinding benar-benar kering. Barulah kemudian Anda bisa menempelkan wall sticker.
  7. Salah satu penyebab timbulnya kerusakan pada wall sticker adalah ulah nakal anak-anak. Anak-anak biasanya suka iseng melepaskan bagian tepi wall sticker dari dinding. Tak sedikit pula yang bahkan senang mencorat-coret permukaan wall sticker. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya menasihati anak-anak supaya tidak melakukan tindakan yang nakal seperti ini. Untuk mencegah kondisi ini agar tidak terjadi, disarankan memasang wall sticker pada posisi yang cukup tinggi sehingga sulit dijangkau anak-anak.